Beda Yamaha MT-15 Indonesia dengan India, Cek Biar Tahu!

Yamaha MT-15 Indonesia – Sudah umum diketahui bahwa pabrikan sepeda motor merilis berbagai varian yang berbeda untuk negara yang berbeda pula. Meski produk yang dipasarkan memiliki nama yang sama, tetapi spesifikasinya bisa saja berbeda cukup jauh. Misalnya saja, Yamaha MT-15 Indonesia memiliki detail spesifikasi yang berbeda dibanding dengan yang dipasarkan di India.

Perbedaan spek itu bisa disebabkan oleh banyak hal. Selera pasar, daya beli, popularitas, kondisi alam, dan lain-lain membuat produsen memilih melakukan penyesuaian terhadap produk mereka. Sebelum mencari perbedaan, yang pertama adalah kita cari persamaannya dulu karena bagaimanapun, ini adalah produk yang sama tapi dengan detail yang berbeda. Dari segi desain umum, MT-15 Indonesa dan India memiliki bentuk yang sama persis. Sekilas, anda tidak akan bisa membedakan mana MT-15 versi Indonesia dan mana yang versi India.

Mesin juga masih sama, motor ini menggendong mesin 155cc SOHC berpendingin cairan. Mesin ini menggunakan transmisi 6-percepatan untuk menyalurkan daya dari mesin ke roda. Kedua varian juga dilengkapi dengan berbagai teknologi tercanggih Yamaha di sektor mesin. Mari kita bandingkan Yamaha MT-15 Indonesia dengan MT-15 versi India.

 

Desain Kokoh Layaknya Moge

keunggulan-yamaha-mt-15-indonesia-dibanding-versi-luar-negeri-india
Tampilan Yamaha MT-15 kokoh layaknya moge

Hal pertama yang membedakan Yamaha MT-15 Indonesia dengan produksi India adalah shockbreaker depan. Pasar Indonesia mendapatkan suspensi yang cukup canggih, pakai upside down berdiameter besar dengan kelir emas. Ampuh untuk redam getaran di kecepatan tinggi. Di India, MT-15 memakai suspensi teleskopik standar. 

MT-15 yang dipsarkan oleh Yamaha Indonesia pakai pelek berwarna kontras dengan bodinya. Misalnya, MT-15 warna hitam dan putih dibekali pelek oranye cerah. Ini tentu membuat motor ini lebih eye catching bagi yang melihat. Namun, kalau di India sana warna bodi dan pelek dibuat senada.

Sementar di India, pelek Yamaha MT-15 yang dipakai berwarna senada dengan motornya (kebanyakan hitam). Hanya saja, bagian pelek dapatkan decal rim, agar tidak terlalu monoton.

Indonesia kembali mendapatkan kemewahan berupa swingarm aluminium yang juga lebih ringan dan stabil. Selain itu, swingarm model ini terlihat lebih indah dibanding versi standar. India mendapatkan swingarm standar berbentuk batang logam kotak seperti kebanyakan motor lainnya. Jadi, lagi-lagi versi Indonesia lebih unggul disbanding versi India.

Yamaha MT-15 di Indonesia pakai ban dengan ukuran besar, ban depan ukuran 110/70 sementara ban belakang memakai ukuran 140/70. Ban yang dipakai adalah ban tubeless. Di sisi lain, MT-15 India menggunakan ban yang lebih kecil, ukuran 100/80 bagian belakang. 

 

Fender Tambahan Hadir di MT-15 India

keunggulan-yamaha-mt-15-indonesia-dibanding-versi-luar-negeri-india
Yamaha MT-15 India punya fender tambahan di bagian belakang

Adanya spakbor kolong atau rear inner fender memang menjadi salah satu ciri khas pasar sepeda motor di India. Hal ini tidak dimiliki oleh Yamaha MT-15 untuk pasar Indonesia. Fitur ini berguna agar kain saree tidak terjerat masuk ke roda, karena kebanyakan orang India masih pakai busana model seperti ini. 

Memang secara visual tidak rapi, tapi berguna untuk mengurangi cipratan air ke penumpang dan orang-orang dibelakangnya. Selanjutnya juga ada pegangan belakang. Yamaha MT-15 Indonesia sudah tidak memasukkan pegangan ini di rilisan terbaru, tapi di India masih ada. Pegangannya berupa logam pipa yang melingkar.

Daftar Harga Motor Naked Yamaha

Produk Kelebihan Harga
Yamaha MT 15 Desain sporti dengan panel instrumen digital modern Cek Harga Promo di Sini
Yamaha XSR 155 Dilengkapi ban dual purposes dan desain kental aura retro Cek Harga Promo di Sini

 

Yamaha MT-15 Indonesia Belum Pakai ABS

Sudah pakai ABS single channel untuk MT-15 India

Soal fitur keselamatan Yamaha MT-15 boleh lebih unggul dari Indonesia. Pasalnya motor yang punya torsi besar ini sudah disematkan fitur keselamatan ABS (Anti-Lock Bracking System) single channel. Fitur ini tidak dimiliki Yamaha MT-15 Indonesia, yang dimana masih pakai rem cakram saja.

Kalau berbicara soal keunggulan Yamaha MT-15 Indonesia, sudah disematkan big bike switch fitur yang biasanya hadir di Big Bike, mudah pengendara untuk menyalakan motor karena cukup digeser saja. Sementara kalau MT-15 India masih gunakan susunan lawas sehingga kurang praktis.

Baca juga:

 

Yamaha MT-15 Indonesia Harganya Tembus Rp 30 Jutaan

Harga Yamaha MT-15 Indonesia sudah berada di angkat Rp 30 jutaan

Alasan utama MT-15 India mengurangi banyak fitur dan sparepart adalah karena penghematan. Yamaha sepertinya berusaha untuk menjual MT-15 di harga  1.36 lakh atau kalau dikonversi ke mata uang Indonesia menjadi Rp 26 juta. Karena itu banyak sekali dilakukan penghematan di berbagai sisi motor.

Dibanding dengan Yamaha MT-15 dijual dengan harga Rp 36 jutaan. Jadi, meski Indonesia mendapatkan motor yang lebih bagus, tapi juga harus membayar 10 juta rupiah lebih mahal dibanding di India.

Apakah Anda tertarik untuk membelinya? Caranya mudah dan tidak perlu ribet. Kini melakukan pembelian dengan cara online ataupun kredit jadi lebih mudah. Caranya cukup dengan melakukan klik link ini! Dapatkan penawaran cicilan ringan dengan promo DP rendah dan harga terbaik untuk Yamaha MT-15.

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *