by

Yamaha Nmax Vs Honda PCX, Lebih Bagus Mana?

Pertarungan Yamaha Nmax Vs Honda PCX memang tidak pernah usai. Maklum keduanya berada di segmen yang sama yaitu motor matik bongsor dengan kubikasi 150 cc. Harganya pun mirip ada di kisaran Rp 30 jutaan.

Kelahiran All New Nmax sendiri dimulai pada Senin (2/12/2020). Kuda besi ini tampil dengan sejumlah pembaruan yang bikin skutik gambot andalan Yamaha terlihat makin fresh dan modern. Tentunya hal tersebut menjadi momok buat Honda PCX yang sudah lama tanpa penyegaran. Kali terakhir motor berlogo sayap tersebut mendapat revisi besar pada Desember 2017.

Lalu mana lebih unggul diantara keduanya? Simak bahasan komparasi Yamaha Nmax Vs Honda PCX, berikut ini:

Desain Sporty Vs Elegan

Honda PCX 150
Desain Honda PCX 150 lebih elegan dengan penyematan beberapa aksen chrome dan silver di sekujur tubuh.

Bicara komparasi Yamaha Nmax Vs Honda PCX, kedua motor ini ternyata punya tema desain yang berbeda. Motor pabrikan garputala lebih mengedepankan kesan sporty. Hal ini tampak lewat lekuk-lekuk tubuh tegas, lampu pipih, suspensi tabung, dan roda kecil yang dikombinasikan ban lebar. Ukuran karet bundarnya 110/70-13 di depan dan 130/70-13 di belakang.

Sementara Honda PCX tampil lebih elegan dengan kehadiran aksen chrome dan silver di beberapa bagian. Lalu penggunaan roda lebih besar juga jadi pembedanya. Di atas kertas PCX 150 pakai ban berukuran 100/80-14 untuk bagian depannya, sementara bagian belakang 120/70-14.

Lalu untuk dimensi Yamaha Nmax Vs Honda PCX, selisihnya tidak beda jauh. Motor Yamaha punya spesifikasi dimensi yang lebih panjang dan tinggi. Sementara motor Honda sedikit lebih lebar. 

Di atas kertas, dimensi Honda PCX 150 adalah panjang 1.923 mm x lebar 745 mm x tinggi 1.107 mm, dengan ground clearence 137 mm. Sementara, All New Yamaha Nmax memiliki dimensi panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.160 mm, dengan posisi ground clearence yang lebih rendah, yaitu 124 mm. 

Berdasar data tersebut dapat disimpulkan, Nmax dengan ground clearance rendah punya potensi bodi bawah bersinggungan dengan aspal lebih besar. Apalagi kalau kamu melewati jalan bergelombang atau undakan saat berboncengan.

Baca juga  9 Pilihan Motor Touring 250cc yang Nyaman

Menyoal bobot, baik Yamaha Nmax dan Honda PCX 150 tidak berbeda jauh. Kisarannya ada di 130 – 132 Kg tergantung varian.

Yamaha Nmax Lebih Kaya Fitur Ketimbang Honda PCX

komparasi-all-new-yamaha-nmax-2020-vs-honda-pcx
All New Yamaha Nmax lebih kaya fitur

Berbicara soal fiturnya, Yamaha Nmax Vs Honda PCX 150 memang hadirkan berbagai fitur yang modern. Hal ini tidak lain untuk menjawab kebutuhan konsumen masa kini.

All New Yamaha Nmax standar belum dilengkapi dengan sistem keyless, sementara untuk varian termahalnya sudah menggunakan sistem tanpa anak kunci tersebut. Berbeda halnya dengan Honda PCX yang sudah keyless mulai dari varian termurahnya. 

Keduanya juga sudah menggunakan panel instrumen digital. Selanjutnya untuk bagian pencahayaan, baik All New Nmax dengan Honda PCX sama-sama sudah menggunakan LED di bagian headlight juga tail light. Ada pula power charger untuk mengisi daya baterai smarthone.

Jika berbicara komparasi Yamaha Nmax Vs Honda PCX 150, motor pabrikan garputala hadirkan fitur yang lebih canggih. Khususnya untuk varian tertinggi atau ABS dari Nmax sudah pakai fitur keselamatan dual ABS channel. Fungsi fitur tersebut bikin roda tidak terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Sementara PCX punya ABS, tapi cuma satu channel di roda depan.

Nmax 155 varian tertinggi juga sudah memiliki traction control system (TCS) yang dirancang mengurangi risiko ban belakang selip. Kemudian hadir teknologi Communication Control Unit (CCU) yang terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis Bluetooth. Fitur tersebut memungkinkan pengendara Nmax 155 untuk menyimpan lokasi parkir motor, sampai dengan membantu pengguna mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta berikan rekomendasi untuk maintenance di layar smartphone.

Walau demikian, produk Honda juga tidak melulu kalah dari Nmax. Salah satu keunggulan Honda PCX 150 memiliki fitur alarm yang bisa memperingatkan kamu saat motor mau dibobol maling. Lalu untuk bagasi, memang keduanya sama-sama besar. Hanya saja PCX lebih ramah saat kamu ingin meletakkan helm karena posisinya berdiri. Sementara peletakkan helm di bagasi Nmax wajib dibalik sehingga ada kemungkinan punggung helm mudah tergores.

Baca juga  Honda CBR1000RR-R Fireblade Rilis, Harga Tembus Rp1 Miliar

Baca juga;

Performa Mesin Lebih Menjanjikan Yamaha Nmax 155 Ketimbang Honda PCX 150

10
Performa All New Yamaha Nmax lebih menjanjikan dengan mesin berteknologi VVA

Kalao berbicara soal performanya, Yamaha Nmax Vs Honda PCX 150 siapa lebih baik? Jika dikomparasikan, Honda harus mengakui keunggulan dari All New Yamaha baik dari segi power juga torsinya.

Honda menggunakan mesin berkubikasi 149.3 cc yang basisnya diambil dari Honda Vario, berteknologi PGM-FI, 4-katup, SOHC, berpending cairan. Sanggup semburkan tenaga maksimal 14.48 Hp/8.500 rpm dan torsi puncak 13.2Nm/6.500rpm.

Sementara untuk All New Yamaha Nmax, pakai mesin berkubikasi 155cc VVA dengan teknologi Blue Core. Bikin tenaga dan torsi yang dikeluarkan maksimal, juga irit BBM. Mesin 155 cc, SOHC 4-katup, satu silinder. Jantung mekanis ini bahkan punya tenaga maksimal lebih besar dari model sebelumnya yaitu 15.15 hp/8.000 rpm, namun torsi lebih kecil 13.9 Nm/6.000rpm.

Baik Yamaha Nmax Vs Honda PCX 150 sudah dilengkapi pula teknologi penghemat bahan bakar. Kalau di motor Yamaha namanya stop & start system (SSS), Honda menyebutnya idling stop system (ISS). Cara kerja kedua fitur itu serupa, menonaktifkan mesin saat motor berhenti beberapa saat. Lalu mesin bakal aktif kembali ketika selongsong gas dibuka.

Harga Yamaha Nmax Vs Honda PCX

yamaha nmax vs honda pcx
Harga kedua motor ini dikisaran Rp 30 jutaan

Honda PCX 150 hadir dalam dua varian, CBS dan ABS. Terkait harga, PCX CBS Rp 29,843 juta (OTR Jakarta), dan PCX ABS Rp 32,842 juta (OTR Jakarta). Soal pilihan warna ada lima: glorious matte black (hitam pekat), royal matte blue (biru pekat), magnificent matte brown (cokelat pekat), majestic matte red (merah pekat), dan wonderful white (putih mengilap).

Baca juga  19 Cara Modifikasi Mio Trail Sebagai Inspirasi

Lalu untuk Yamaha Nmax 155, harganya Rp 29,75 juta (OTR Jakarta) untuk varian standar. Soal pilihan warna ada empat: matte black (hitam pekat), matte red (merah pekat), matte blue (biru pekat), glossy white (putih mengilap). Khusus harga Nmax varian connected/ABS mencapai Rp 33,75 juta (OTR Jakarta) dengan tiga pilihan warna: matte black (hitam pekat), glossy white (putih mengilap), matte blue (biru pekat).

Jadi, apa kesimpulan komparasi Yamaha Nmax Vs Honda PCX? Bicara harga, keduanya tidak jauh beda. Intinya kalau kamu mau motor matik bongsor dengan tampilan elegan, maka pilih PCX 150. Jika yang diinginkan adalah aura sportif kental, Yamaha Nmax 155 sepertinya lebih pas.

Kalau berencana membeli Nmax, sebaiknya pilih varian tertinggi atau Connected/ABS sekalian. Kenapa? Motor tersebut memiliki fitur yang jauh berlimpah dibanding varian standar. Dari sisi keselamatan, tambahannya ada ABS dual channel, konektivitas smartphone ke panel instrumen, dan kendali traksi. Bicara soal keamanan, ada keyless untuk mencegah maling membobol motor kesayangan kamu.

Sementara buat yang tertarik punya Honda PCX, pilihan varian CBS pun tidak masalah. Pasalnya beda PCX CBS dan ABS cuma ada di sistem pengereman tersebut. Memang penting pakai ABS, tapi lebih penting lagi kalau kamu selalu berhati-hati setiap kali berkendara.

Baca juga;

Comment

Leave a Reply

Terbaru