Riding Impresion Yamaha MT-15, Nggak Cuma Sangar Tapi Bertenaga

Moladin – Yamaha MT-15 diluncurkan awal Februari 2019 lalu, dan disaksikan oleh pembalap motor dunia Valentino Rossi dan Maverick Vinales, bisa dikatakan langsung menggoda banyak pecinta motorsport di Tanah Air. Apalagi Yamaha MT-15 langsung menggebrak pasar di kelas motorsport, dengan gaya yang berbeda yaitu naked bike.

Varian terbaru keluarga MT Series atau ‘Master of Torque’ cukup menarik perhatian masyarakat, khususnya penyuka motor naked. Tentu hal itu berkat desain street fighter yang begitu agresif diterapkan pada tunggangan ini.

Selain tampilannya, ada bagian-bagian lain dari Yamaha MT-15 yang layak disukai. Oleh sebab itu, Moladin coba membeberkan melalui ulasan riding impresi Yamaha MT-15 saat jajal di area test ride ajang Yamaha Sunday Race Sentul, (23/6) kemarin. Yuk disimak!!!

 

Handling Oke Meski Kaki Jinjit Buat Pemilik Postur Tubuh Pendek

Sebagai gambaran, penulis memang jarang menunggangi motor tipe sport naked, namun lebih terbiasa naik motor tipe bebek yang notabenenya beda karakter. Tapi karena penasaran muncul begitu kuat, riding impresion tetap harus dilakukan demi memberikan perbedaan yang nyata.

“Hal yang membuat kami sangat tertarik dengan motor ini adalah desainnya. Impresi pertama terhadap tampilan MT-15 adalah desainnya yang begitu sangar. Paling kental terlihat pada dua lampu LED yang mirip seperti sepasang mata. Apalagi lampu utama dengan teknologi projector LED,” ungkap penulis.

Saat riding, posisi badan agak tegak sehingga tetap nyaman dan nggak bikin cepat lelah. Hal tersebut karena bentuk jok yang panjang mengerucut ke tengah, lalu dikombinasi stang yang lebar.

riding-impresion-yamaha-mt-15Riding Posision agak tegak. nggak bikin cepat lelah | Foto: Contributor Moladin

Belum lagi di dukung panel spidometer Full Digital dengan Shift Timing Light, sehingga system perpindahan gigi manual 6-percepatan memudahkan pengendara mendapatkan performa optimal.

Yamaha MT-15 dengan rangka deltabox dan memakai suspensi depan usd memang menjadikannya lebih ergonomis. Ukuran body tidak terlalu besar, sehingga pergerakan motor (handling) saat dikendarai menjadi lebih lincah.

Hanya saja buat pemilik postur tubuh di bawah 160cm kudu hat-hati. Karena ujung telapak kaki sudah pasti jinjit saat berada di atasnya.

 

Fitur Assist & Slipper Clutch (ASC) Bikin Tuas Kopling Empuk

Tidak hanya memuji desain motor yang dibanderol dengan harga Rp 35.335.000 OTR Jakarta. Kami juga ingin memberikan tanggapan positif terkait performa dapur pacu MT-15 yang dinilai sangat responsif.

Yamaha MT-15 dengan tiga pilihan warna yakni Metallic Black, Matte Grey dan Matte Blue, menggunakan mesin 155cc, SOHC 4-klep dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Hal tersebutlah yang meyakini kami kalau motor ini memiliki torsi cukup kuat juga rata di setiap putaran mesin.

riding-impresion-yamaha-mt-15Fitur andalan Yamaha MT15 buat kenyamanan berkendara | Foto: Contributor Moladin

Yang menarik, mesin dengan transmisi 6-percepatan manual ini di dukung fitur Assist & Slipper Clutch (ASC). Dan dengan adanya fitur ASC pada MT-15, diklaim membuat kopeling menjadi ringan alias empuk juga memperhalus proses perpindahan gigi.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *