by

Kembar Tapi Beda, Pilih Yamaha MT-15 atau Xabre?

Yamaha MT-15 vs Xabre – Berbicara masalah kecocokan antara motor dan penggunanya memang bisa sangat personal. Semua orang punya alasan sendiri memilih motor yang mereka beli. Ada yang memilih karena membutuhkan fiturnya, ada yang memilih karena menyukai modelnya, ada pula yang memilih karena harganya.

Namun jika membandingkan dua motor yang sama-sama mirip, maka butuh ketelitian untuk menentukan mana yang terbaik di antara pilihan-pilihan itu. Sama seperti ketika membandingkan Yamaha MT-15 vs Xabre, butuh ketelitian untuk menentukan mana yang lebih pas dengan kebutuhan anda. Mari kita mulai perbandingan dua motor lansiran Yamaha ini.

 

Desain Yamaha MT-15 Lebih Kokoh

Konsumsi BBM Yamaha MT 15 Irit 001
Desain Yamaha MT-15 kokoh dan besar

Sekilas, kita bisa menemukan banyak sekali kemiripan antara MT-15 dan Xabre. Keduanya sama-sama motor naked, pakai suspensi upside down, pelek palang dengan desain yang sama, memiliki ‘wajah’ yang tidak lumrah ditemui di motor pabrikan lainnya.

Kalaupun dilihat dari samping, baik MT-15 maupun Xabre sama-sama mempertontonkan sasis Deltabox. Intinya, kedua motor terlihat sangat mirip serta berbekal mesin yang sama besar. Lalu kenapa Yamaha repot-repot merilis keduanya kalau sangat mirip dan target pasarnya berisisan besar? Jawabannya ada pada detailnya. Mari kita telusuri.

Meski kelihatannya sama, tapi dimensi kedua motor ini sedikit berbeda. Dimensi panjang, lebar, dan tinggi Xabre adalah 1959mm X 795mm X 1065mm. Jarak sumbu rodanya  adalah 1350mm dengan tinggi jok 805.mm. jarak terendah ke tanaha dalah 164mm. Berat isi Xabre adalah  135kg dengan tangki yang sanggup menampung 10.2L.

Baca juga  Rossi Tak Targetkan Juara Dunia MotoGP 2020, Ini Alasannya

Lampu belakang, meski sama-sama memakai model yang kecil, namun bentuknya berbeda. Swingarm meski sama-sama memakai bahan aluminium, tapi bentuknya sudah beda. Untuk roda, pelek yang dipakai di MT-15 memiliki warna-warna cerah nan kontras sedangkan Xabre lebih monoton.

MT-15 sedikit lebih besar dengan dimensi panjang, lebar dan tinggi 1965 X 800 X 1065 mm. Jarak sumbu rodanya 1335mm dengan ketinggian tempat duduk 810mm. jarak terendah ke tanah adalah 155mm dengan berat isi 133 kg. Tangki MT-15 mampu menampung 10.4L.

 

 

Tenaga Yamaha MT-15 Lebih Besar

pjimage 1 2 768x427 1
Yamaha MT-15 punya power yang lebih besar ketimbang Xabre

Yamaha MT-15 dibekali mesin Yamaha R155 (R15 V3.0) dengan kubikasi 155 cc SOHC 4 klep. Mesin ini diklaim mampu menyemburkan tenaga sebesar 19.04Hp/10.000rpm. Torsinya bisa mencapai 14.7Nm/8.500 rpm. Untuk salurkan tenaga dari mesin ke roda, MT-15 menggunakan transmisi 6-percepatan. Mesin MT-15 dilengkapi dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuator) yang membuat torsi bisa merata di semua putaran mesin.

Di sisi lain, Xabre pakai mesin dengan kapasitas 155cc, tapi merupakan versi yang lebih awal. Mesin R15 V2.0 ini juga sudah menggunakan teknologi VVA. Meski sangat mirip, namun output power yang dihasilkan cukup berbeda. Mesin Xabre hanya mampu mengeluarkan 16.09Hp/8.500rpm dengan torsi puncak 14.3Nm/7.500 rpm. Perbedaan tenaganya hampir 3Hp unggul Yamaha MT-15.

Baca juga  Yamaha XMAX dan Aerox 155 Signature Rilis, Segini Harganya

Kedua motor sama-sama memakai gearbox 6-percepatan tetapi yang membedakan keduanya adalah penggunaan Assist & Slipper clutch. Fitur ini membantu agar tarikan kopling jadi lebih ringan dan smooth, sehingga perpindahan gigi menjadi lebih halus disbanding kopling konvensional.

Daftar Harga Motor Naked Yamaha

Produk Kelebihan Harga
Yamaha MT 15 Desain sporti dengan panel instrumen digital modern Cek Harga Promo di Sini
Yamaha XSR 155 Dilengkapi ban dual purposes dan desain kental aura retro Cek Harga Promo di Sini

 

Fitur Lebih Modern Yamaha MT-15

perbandingan-lengkap-yamaha-mt-15-vs-xabre-mana-lebih-pantas-beli
Panel instrumen digital Yamaha MT-15 lebih modern

Tentu saja ada banyak detail yang berbeda. Lampu depan, meski sama-sama terlihat seperti wajah yang marah, namun keduanya memiliki Perbedaan penting. Keduanya sama-sama menggunakan lampu LED, tapi MT-15 memiliki lampu projector untuk lampu jauh. Untuk lampu dekat, MT-15 memakai DRL.

Kedua motor sudah sama-sama menggunakan panel instrumen full digital. Bedanya, di panel MT-15, sudah ada petunjuk shifting light yang memberikan indikasi kepada pengendara untuk mengganti gigi perseneling. Fitur ini tidak ditemukan di Xabre.

Baca juga  Harga All New Vixion R Rp 30 Jutaan, Intip Spesifikasinya!

Baca juga:

 

Harga Yamaha MT-15 Tembus Rp 36 Jutaan

perbandingan-lengkap-yamaha-mt-15-vs-xabre-mana-lebih-pantas-beli

Ini yang paling penting. Yamaha membanderol Xabre dengan harga Rp 30.700.000. Sementara itu, MT-15 dipasarkan dengan harga yang jauh lebih mahal: Rp 36.265.000. Selisih harga kedua motor ini mencapai lebih dari Rp 5.5 jutaan. Untuk motor yang terlihat sangat mirip, selisih harga ini bisa berarti sangat besar.

Pada akhirnya, perbandingan Yamaha MT-15 vs Xabre menemukan kekurangan dan kelebihan masing-masing. MT-15 secara umum unggul di kekuatan mesin dan fiturnya. Sementara itu, Xabre unggul jauh di sisi harga. Jadi, kalau membandingkan Yamaha MT-15 vs Xabre dengan maksud untuk melakukan pembelian, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan bujet anda.

Apakah Anda tertarik untuk membelinya? Caranya mudah dan tidak perlu ribet. Kini melakukan pembelian dengan cara online ataupun kredit jadi lebih mudah. Caranya cukup dengan melakukan klik link ini! Dapatkan penawaran cicilan ringan dengan promo DP rendah dan harga terbaik untuk Yamaha MT-15 atau Xabre.

Comment

Leave a Reply

Terbaru