by

Adu Unggul Yamaha Xabre vs Vixion, Siapa yang Lebih Hebat?

Moladin – Motor ternyata tak cuma jadi pilihan kendaraan yang praktis, kali ini bakal dihadirkan perbandingan soal dua motor sport keluaran Yamaha yakni Yamaha Xabre dan Yamaha Vixion. Karena nyatanya jenis motor ini berhasil curi hati dan dijadikan tunggangan favorit sehari-hari.

Yamaha memang memiliki andil di kelas motor sport kegemaran kebanyakan kaum Adam. Spesifikasi motor sport produksi Yamaha pun tidak perlu diragukan lagi. Yamaha Xabre dan juga Yamaha Vixion terbaru jelas memiliki keunggulan masing-masing di sektor yang berbeda. Lalu, apa sih perbedaan yang paling menonjol dari keduanya? Intip di sini yuk!

 

Banyak Perbedaan Vixion dan Xabre

Headlamp XabreTampilan depan Xabre terlihat lebih gagah

Perbedaan pertama, dari segi desainnya. Yamaha Xabre tampilkan desain yang tak biasa seperti motor naked pada umumnya. Desain dari Yamaha Xabre ini memiliki aura street fighter, terlihat dari desain lampu atau headlamp yang dibuat lebih mungil dengan sudut yang tajam.

Tampilan dari Yamaha Xabre ini memang tampak sangat gagah dan lebih kekar. Ini karena Yamaha Xabre mengaplikasi basis keluarga Yamaha MT series. Jok dari motor ini dibuat split dengan buritan layaknya sportbike Yamaha R25. Tampilan dari Yamaha Xabre ini memang lebih modis dan cocok untuk penggemar motor dengan desain yang keren.

Yamaha Vixion terbaru ini sendiri merupakan motor sport dengan tampilan kapasitas yang besar. Yamaha Vixion sendiri lebih mengedepankan style yang sporty. Bagian tangki masih menjadi emphasis dari motor ini.

Baca juga  Honda Tiger Siap Reborn, Basis CBF190TR yang Rilis di China

 

[product product=”Yamaha Vixion All New” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Vixion_All_New_2076_73440_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-vixion-all-new-naked-liquid-cooled-4-stroke-sohc-150cc” price=”Rp. 1.100.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Berbeda dengan Yamaha Vixion sebelumnya, untuk desainnya dibuat semakin sporty dengan headlamp yang dibubuhi dengan aksen topeng. Adapula undercover yang membungkus blok mesin di bagian bawah. Di sektor buritan, terdapat spakbor baru yang lebih kecil dari sebelumnya. Tubuh dari Yamaha Vixion terbaru ini memang lebih ramping dan bobotnya pun lebih ringan.

Speedometernya sama-sama adaptasi teknologi digital. Yamaha Vixion terbaru gunakan High Tech Speedometer dilengkapi panel futuristik serta analog tachometer untuk mengendalikan mesin saat berada di kecepatan tinggi. Bagian kemudi pun dilengkapi dengan indikator suhu, posisi gigi, persneling dan juga lampu. Untuk Yamaha Xabre, speedometernya lebih sporty dan minimalis. Panelnya pun full digital.

Dimensi Xabre lebih mungil ketimbang Vixion. Yamaha Xabre memiliki panjang 1.959 mm dan lebar 795 mm. Tingginya 1.065 mm dengan beratnya mencapai 135 kg. Ground clearancenya 164 mm dan tinggi joknya 805 mm. Yamaha Vixion punya panjang 1.955 mm dan lebar 720 mm. Tingginya 102 mm dan tinggi joknya 795 mm. Ground clearancenya 165 mm.

 

Kaki-Kaki Vixion Lebih Kokoh Ketimbang Yamaha Xabre

Kaki-kaki VixionKaki-kaki Vixion terlihat lebih kokoh

Baca juga  Promo Harbolnas 12.12, Banjir Diskon DP Motor Idamanmu

Untuk kaki-kakinya Vixion ternyata lebih kokoh dibandingkan Xabre. Rangka dari motor ini pun lebih gagah. Yamaha Vixion memiliki suspensi teleskopik di bagian depan dan juga menerapkan teknologi monocros di bagian belakang.

Jok motor Vixion dibuat senyaman mungkin untuk memungkinkan perjalanan jauh tanpa rasa lelah yang berlebihan. Velgnya berukuran 17 inci dan dibalut ban depan berukuran 90/80-17M/C 46P dan ban belakang 120/70-17M/C 58P.

Xabre punya rangka yang lebih mudah dikendarai. Suspensi depannya USD dan suspensi belakangnya monoshock. Membuat Xabre terasa nyaman saat berboncengan. Velgnya sendiri, Xabre menggunakan Velg 17M/C-MT 3.50 di bagian depan dan 17M/C-MT 2.75 untuk bagian belakang. Ban depan Yamaha Xabre 110/70-17M dan bagian belakangnya 130/70-17M.

 

Kapasitas Mesin Sama, Xabre Kalah Tenaga dibanding Vixion

Mesin VixionTenaga Xabre lebih loyo ketimbang Vixion

Kapasitas mesin keduanya nyaris sama, mengusung 150cc SOHC pendingin cairan 4 valve. Kompresinya juga sama, 10,4:1. Ukuran bore x strokenya pun juga sama 57,0 x 58,7 mm, yang bikin berbeda Xabre hanya hasilkan daya 16 dk sedangkan Vixion 16,3 dk. 

Yamaha Xabre dibekali transmisi 6-speed sedangkan Vixion tetap dengan transmisi 5-speed. Torsi keduanya juga berbeda. Yamaha Vixion 14,5 Nm, sedangkan Xabre bertorsi 14,3 Nm.

 

[product product=”Yamaha Vixion R” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Vixion_R_5241_76693_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-vixion-r-naked-liquid-cooled-4-stroke-sohc-4-valve-vva-155cc” price=”Rp. 1.200.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Baca juga  Mau Usaha Lancar? Berikut 3 Rekomendasi Motor Roda Tiga

 

Yamaha Vixion memiliki fitur double key shuttler yang akan membuat pengendara merasa aman saat memarkir motor di tempat umum. Untuk pengeremannya Yamaha Vixion dilengkapi single disc brake dengan cakram hidrolik yang membuat motor ini ekstra aman saat direm mendadak.

Sementara Yamaha Xabre memiliki fitur standar karena tujuannya dihadirkan untuk biker pemula. Tangki Xabre lebih besar yakni 12 liter, sedangkan Vixion hanya 10.2 liter saja.

 

Keduanya Punya Harga yang Cukup Jauh

Yamaha XabreHarga dibanderol Rp. 29,8 juta

Kedua motor ini ternyata tidak beda terlalu jauh. Di pasar Indonesia, Yamaha Xabre dibanderol dengan harga Rp. 29,8 juta dan diplot sebagai naked bike dengan varian tertinggi.

Sementara Vixion sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp. 25 jutaan. Yamaha Vixion memang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Yamaha Xabre. Kedua motor sport ini pun juga bisa didapatkan di Moladin.com.

Nah bagi para penggemar motor sport, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi bekal pertimbangan untuk memilih motor sport impianmu ya.

Baca juga;

Comment

Leave a Reply

Terbaru