Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

MotoGP Mandalika 2023 Sukses, Tembus Ratusan Ribu Penonton!

by Firdaus Ali
Gresini Racing di MotoGP 2024

Gelaran MotoGp Mandalika 2023 sukses berjalan. Hal ini terlihat dari jumlah penonton yang melampaui target dari panitia, yaitu mencapai 103 ribu penonton dari target 80 ribu penonton.

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria mengatakan sebuah kebanggaan bagi Indonesia kembali berhasil menggelar ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika. Menurutnya, ini adalah pembuktian kepada dunia bahwa Indonesia mampu menghadirkan event sekelas MotoGP dengan sukses.

Perlu dicatat, gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika disaksikan langsung di 200 negara dengan penonton terverifikasi mencapai hampir 500 juta orang.

“Penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 berjalan dengan baik dan benar tanpa ada catatan berarti dari FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) dan Dorna. Para pembalap pun menyampaikan langsung bahwa kualitas sirkuit di Mandalika sangat baik, bahkan menjadi salah satu yang terbaik dari seluruh seri. Untuk usia sirkuit yang baru 1,5 tahun, saya sangat bangga kepada seluruh pihak yang sudah membantu mensukseskan event ini,” ujar Priandhi dalam rilis resminya (18/10/2023).

Baca juga  Team Order Pecco VS Martin di GP Mandalika, Ini Kata Ducati!

Kesuksesan MotoGP Juga Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata NTB

MotoGP Mandalika 2023

Penonton MotoGP Mandalika 2023 Membludak

Kesuksesan Indonesia GP 2023 juga tak hanya diraih dari aspek balapan saja, tetapi juga kontribusi terhadap ekonomi dan pariwisata. Dengan penyerapan ribuan tenaga kerja lokal NTB serta bergeliatnya industri pariwisata setempat menjadi katalis positif bagi perekonomian daerah yang akhirnya turut menunjang perekonomian nasional.

“Kami optimistis dampak ekonomi nasional dari perhelatan MotoGP dapat melebihi capaian tahun lalu, yakni lebih dari Rp 4,5 triliun,” ujar Direktur Utama ITDC Ari Respati.

Senada dengan Direktur ITDC, Menteri BUMN Erick Thohir menilai kesuksesan Indonesian GP 2023 akan memberikan dampak ekonomi yang baik. Ia yakin dampak ekonomi yang dihasilkan, meningkat dibandingkan pada MotoGP Mandalika 2022.

“Pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur telah dilakukan dengan sangat matang oleh BUMN yang terlibat sehingga penyelenggaraan MotoGP kali ini jauh lebih baik. Saya optimistis MotoGP Mandalika 2023 akan memberikan multiplier effect yang lebih luas” jelas Erick Thohir.

Hasil MotoGP Mandalika 2023

MotoGp Mandalika 2023 sukses berjalan dan bisa mendatangkan 103 ribu penonton selama 13 – 15 Oktober 2023 lalu. Keseruan yang dihadirkan oleh para pembalap dunia menghipnotis penonton yang hadir. Berikut daftar urutan pemenangnya:

  1. Francesco Bagnaia
  2. Maverick Vinales
  3. Fabio Quartararo
  4. Fabio Di Giannantonio
  5. Marco Bezzecchi
  6. Brad Binder
  7. Jack Miller
  8. Enea Bastianini
  9. Alex Rins
  10. Aleix Espargaro
  11. Takaaki Nakagami
  12. Miguel Oliveira
  13. Raul Fernandez
  14. Franco Morbidelli 
Baca juga  Harga Tiket MotoGP Mandalika 2023, Ada Diskon 50 Persen!

Moladiners, itulah ulasan mengenai MotoGP Mandalika 2023 sukses digelar dari 13 – 15 Oktober 2023. Selain membawa harum nama Indonesia di kancah dunia, event MotoGP Mandalika juga berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata NTB.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika