by

Mazda CX-3 Baru Bermesin 1.5 Liter Siap Meluncur!

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai sole distribution Mazda di Indonesia siap menghadirkan Mazda CX-3 baru. Model ini dikabarkan siap menggendong mesin yang lebih ringkas, dengan kapasitas jantung pacu 1.5 liter.

Kehadiran mobil ini terkuak melalui lampiran Peraturan Kemendagri No.1 Tahun 2021 yang sempat viral beberapa waktu lalu. Pada segmentasi mobil penumpang, diketahui Mazda CX-3 bakal memiliki mesin 1.5 liter. Padahal sebelumnya, mobil SUV ringkas ini cuma menggendong jantung mekanis 2.0 liter.

Informasi peluncuran mobil baru dari Mazda tersebut diperkuat oleh pernyataan Public Relation Eurokars Motor Indonesia, Fedi Dwi Parileksono, beberapa waktu lalu saat konferensi pers virtual acara IIMS Virtual 2021. Menurutnya akan ada kejutan dari Mazda di pameran otomotif tersebut.

“Di tanggal 25 Februari, Mazda akan melakukan refreshment atas salah satu produknya. Nanti akan diinfokan ke teman-teman media,” kata Fedi. 

Sebelumnya, Mazda CX-3 dengan kapasitas mesin yang lebih besar yakni 2.0 liter sudah pernah diluncurkan. Namun melihat segmentasi SUV ringkas yang ramai di Tanah Air, maka pabrikan asal Jepang itu tidak mau kalah.

Baca juga  Toyota Fortuner 2.800 cc Segera Meluncur, Berapa Harganya?

Mereka memperkuat lini produk Mazda CX-3 baru dengan mesin 1.5 liter agar bisa bertarung dengan para rival di kelasnya dengan lebih kuat. Di samping itu, kehadiran mobil ini juga akan menjawab kebutuhan konsumen di Indonesia yang menginginkan harga lebih murah.

Harga NJKB Mazda CX-3 Baru

Mazda CX-3 baru usung mesin 1.5 liter
Harga NJKB Mazda CX-3 1.5 liter

Selain menampilkan model baru, pada dokumen Permendagri No.1 Tahun 2021 pemerintah juga turut menyertakan harga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Meski harga tersebut bukan patokan resmi harga on the road, namun berdasarkan informasi yang tercantum, Mazda CX-3 baru dengan 1.5 liter dikenakan harga Rp 243 jutaan.

Namun, jika dibandingkan dengan Mazda CX-3 versi 2.0 liter, harganya memang terlampau jauh. Di mana, masih mengacu pada dokumen tersebut untuk model ini dijual dengan harga NJKB senilai Rp 353 jutaan.

Artinya ada selisih hampir Rp 100 jutaan yang membuat CX-3 baru 1.5 liter lebih murah. Menarik bukan?

Tapi ingat, harga yang dirilis ini belum ditambahkan beberapa variable lain. Sehingga, untuk penentuan harga on the road, akan diformulasikan lagi dari pihak terkait.

Baca juga  'Sayonara' Mitsubishi Outlander Sport di Indonesia

Kehadiran Mazda CX-3 1.5 liter memang sebuah hal yang ditunggu-tunggu. Semula, mobil ini hanya diluncurkan untuk pasar domestik Jepang. Peluncurannya pun juga masih terbilang baru karena dirilis pada April 2020.

Spesifikasi Mesin Mazda CX-3 1.5L

Mazda CX-3 baru usung mesin 1.5 liter
Mazda CX-3 terbaru hadir dengan mesin 1.5 liter

Kelahiran Mazda CX-3 baru bermesin 1.5 liter di Indonesia bukanlah world premiere. Pasalnya rival Honda HR-V ini telah meluncur lebih dulu di Jepang.

Jika melihat spesifikasinya di negeri sakura, Mazda CX-3 hadir dengan mesin empat silinder berteknologi SkyActiv-G berkapasitas 1.5 liter yang serupa dengan kepunyaan Mazda 2.

Mesin tersebut bisa melontarkan torsi puncak 144 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 111 PS pada 6.000 rpm. Performa itu disalurkan ke penggerak roda depan. Lalu untuk transmisi yang dipakai adalah otomatis 6-percepatan.

Sementara itu, mengenai fitur kenyamanan yang dibenamkan pada Mazda CX-3 1.5L diperkirakan mobil ini akan hadir dengan head unit layar sentuh dengan konektivitas Android Auto atau Apple CarPlay. Tidak ketinggalan hadir pula fitur keselamatan khas Mazda, yakni i-ACTIVSENSE.

Baca juga  Kenal Chery Tiggo 8, SUV Cina Canggih Rp 200 Jutaan

Pantau terus Moladin untuk mengetahui informasi terkini seputar dunia otomotif.

Terbaru