Wednesday, February 8, 2023
Banner

Toyota Land Cruiser FJ40 Tom Hanks Dijual Rp 1 Miliar

by Tigor Sihombing
Toyota Land Cruiser Fj40

Kira-kira seperti apa ya wujud Toyota Land Cruiser FJ40 Tom Hanks yang akan dijual seharga Rp 1 miliar? Informasi ini didapat lewat rumah lelang, Bonhams di London-Inggris. 

Mobil Toyota klasik milik tersebut mahal, bukan cuma karena milik Tom Hanks. Melainkan juga kondisinya tidak main-main, dijamin menggoda setiap mata yang memandangnya.

Tampilan mobil 4×4 lansiran 1980-an tersebut sudah direstorasi original dengan semua parts mendekati bawaannya. Dikutip dari laman Motor1 Selasa, (27/7/2021) dikatakan Toyota Land Cruiser FJ40 ini dibangun oleh Tom Hanks dengan mempertimbangkan aspek fungsional.

Saat proses restorasi, Tom Hanks menyelesaikan tampilan luar dengan warna cat orisinal di era tahun produksinya, yakni Rustic Green dengan atap dicat putih. Guna mendukung hobinya jalan-jalan, ia juga menyematkan roof rack untuk membawa perlengkapan ekstra.

Di kabin bagian belakang, terpasang bolt-in roll cage untuk keamanan ekstra saat off road.

Sepasang jok model face to face yang bisa dilipat masih dipertahankan di Toyota Land Cruiser FJ40 Tom Hanks. Jok ini bisa dilipat dan dikaitkan saat tidak digunakan, sehingga kabin belakang bisa menjadi area kargo.

Baca juga  Daftar Harga Isuzu MU-X Bekas, SUV yang Terjangkau

Mesin Diganti Punya GM

Toyota Land Cruiser FJ40 Tom Hanks

Mesin Toyota Land Cruiser FJ40 Tom Hanks sudah pakai punya GM berkubikasi 4.3-liter V6

Agar lebih modern dan bertenaga, mesin bawaan 6 silinder segaris milik Land Cruiser diganti. Toyota Land Cruiser FJ40 Tom Hanks mengandalkan jantung mekanis GM L35 4.3-liter Vortec V-6 yang lebih modern.

Menariknya mesin ini disertefikasi oleh Biro Perbaikan Otomotif California, serta aman dalam aspek keamanan dan telah lulus sertifikasi uji emisi, hingga membuat mobil ini legal untuk bisa melaju California.

Toyota land Cruiser FJ4 Tom Hanks telah mengalami modifikasi pada kaki-kaki yang telah diperkuat dan ditinggikan. Caranya ia menggunakan peredam kejut keluaran Old Em Mu berikut shock steernya hingga dikatakan berhasil membuat mobil ini terlihat lebih gagah dan nyaman.

Power steering dan rem dikatakan  juga telah mengalami peremajaan untuk membuat pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman.

Guna menunjang kemampuan off road, Toyota land Cruiser Tom hanks menggunakan ban Toyo Open Country kuran 31 x 10.50 R 15LT satu set dengan cadangannya.

Baca juga  Wuling 4x4 EV Mirip Jimny, Meluncur 2023!

Di bagian interior Toyota Land Cruiser FJ40 ini juga telah ditambahkan AC, serta satu set kursi bucket milik Porsche yang bisa diatur posisinya.

Untiknya, agar pengemudi bisa membawa nuansa klasik saat menaiki mobilnya, maka unit ini hanya dibekali head unit standar. Menggunakan tape keluaran Sony yang bisa memutar kaset.

Toyota Land Cruiser FJ40 Tom Hanks tetap dibekali sasis bawaan original yang terkenal kuat. Pada sasis, kamu dapat melihat jejak ratusan kilometer dari pemilik sebelumnya termasuk Tom Hanks.

Sejarah singkat Toyota Land Cruiser pertama kali lahir di Jepang pada tahun 1951. Waktu itu Amerika Serikat yang memesan langsung mobil ini pada pihak Toyota dan mengganti namanya dengan Jeep BJ.

Sebagai negara yang kalah perah, ya Jepang nurut aja kala itu. Tapi siapa sangka, mobil ini akhirnya menjadi cikal bakal Toyota dalam membuat kendaraan-kendaraan SUV tangguh hingga saat ini.

Omong-omong untuk harga Land Cruiser FJ40 di Indonesia terbilang gelap. Ada yang menjual di kisaran Rp 100-300 jutaan tergantung kondisi.

Baca juga  Honda ZR-V Diperkenalkan, SUV Paling Bertenaga!

Nah kalau untuk harga Rp 1 miliar, apa lagi dengan spesifikasi mumpuni dan bekas punya Tom Hanks mobil tersebut bakal laku dalam hitungan menit saja kalau di Indonesia. Betul tidak?

Demikian ulasan terkait Toyota land Cruiser FJ40 milik Tom Hanks. Simak terus Moladin.com untuk update berita seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika