Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mengenal Jenis-jenis Subwoofer Mobil, Pasanglah Sesuai Kebutuhan

by Tigor Sihombing
Subwoofer mobil

Memperbaiki kualitas audio di mobil tidak hanya tentang memilih perangkat stereo yang tepat, tetapi juga tentang memiliki sistem subwoofer mobil yang sesuai.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis-jenis subwoofer mobil dan memberikan tips penting sebagai panduan dalam memilih subwoofer yang sesuai.

Karena dengan menggunakan subwoofer yang sesuai akan mengahsilkan suara maksimal dan tata ruang mobil yang tetap apik. Terlihat simpel, serta tidak memakan banyak tempat.

Namun jika dilakukan dengan sembarang, maka penempatan dan penggunaan subwoofer mobil yang tidak sesuai akan menimbulkan kerumitan baru pada interior. 

Maka dari itu berikut kami sajikan jenis-jenis penggunaan subwoofer mobil, beserta cara memilih subwoofer agar berdampak positif pada suara yang dihasilkan. Ini dia ulasan lengkapnya:

5 Jenis Subwoofer

Subwoofer Mobil

Subwoofer jenis Vented ported memiliki lubang yang meningkatkan efisiensi daya dan menghasilkan suara yang lebih keras.

1. Sealed Box

Sealed box adalah jenis subwoofer yang tidak memiliki lubang. Hal ini memungkinkan subwoofer menghasilkan bass yang halus dan presisi.

Cocok bagi mereka yang menginginkan respons bass yang akurat. Namun, kelemahannya adalah efisiensi daya yang lebih besar dibutuhkan.

Baca juga  5 Head Unit Mobil Terbaik 2023, Ada Basis Android!

2. Vented Ported

Mirip dengan sealed box, vented ported memiliki lubang yang meningkatkan efisiensi daya dan menghasilkan suara yang lebih keras. Cocok untuk mereka yang menginginkan suara bass yang kuat. Pembuatan box ini memerlukan penyetelan yang cermat.

3. Infinite Baffle

Infinite baffle biasanya digunakan di mobil sedan. Ini memisahkan suara depan dan belakang, mengurangi resonansi, dan hemat tempat.

4. Acoustic Couple

Jenis box subwoofer ini menggabungkan dua subwoofer sekaligus dalam satu box, menghasilkan suara bass yang lebih kuat. Namun, perlu diperhatikan perbedaan data output dari masing-masing driver.

5. Reflex Bandpass

Reflex bandpass digunakan untuk melewatkan frekuensi suara tertentu sesuai keinginan. Ada dua jenis, yaitu single (satu lubang keluaran suara) dan double (dua lubang keluaran suara).

Letak lubang memengaruhi suara yang dihasilkan. Reflex bandpass memiliki kelemahan seperti mudah rusak, distorsi tinggi, dan ukuran besar.

Tips Memilih Subwoofer Mobil yang Tepat

subwoofer mobil

Ukuran subwoofer yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mempengaruhi kualitas suara.

Memilih subwoofer mobil yang tepat adalah langkah penting untuk meningkatkan pengalaman audio di kendaraan kamu.

Baca juga  Venom Gear Studio Edisi Natal dan Tahun Baru 2021

Dengan memahami berbagai jenis subwoofer, tips penting dalam pemilihan, dan prinsip penempatan yang optimal, kamu dapat menciptakan sistem audio mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

Jangan ragu untuk mengkonsultasikan kebutuhan kepada teknisi ahli untuk memastikan pilihan yang terbaik. Dengan langkah-langkah ini, kamu dapat menikmati kualitas audio yang superior saat bepergian dengan mobil.

1. Pilih Sesuai Kebutuhan Audio: Pertama-tama, tentukan jenis suara bass yang diinginkan dan sesuaikan dengan jenis musik yang sering kamu dengarkan. Setiap jenis subwoofer memiliki karakteristik berbeda.

2. Ukuran dan Kapasitas Ruang: Sesuaikan ukuran subwoofer dengan kapasitas ruang di dalam mobil. Ukuran subwoofer yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mempengaruhi kualitas suara.

3. Cek Spesifikasi Sistem Listrik: Pastikan sistem listrik mobil Anda cukup kuat untuk mengatasi kebutuhan daya subwoofer yang kamu pilih. Kekuatan daya yang tidak mencukupi dapat mengakibatkan kinerja subwoofer yang kurang optimal.

4. Tentukan Anggaran: Tentukan anggaran yang sesuai untuk pembelian subwoofer. Ada berbagai pilihan dengan harga yang bervariasi, jadi tentukan batas anggaran sebelum berbelanja.

Baca juga  5 Tips Pasang Audio Mobil Harian, Jangan Ngasal!

5. Pilih Antara Subwoofer Aktif dan Pasif: Pertimbangkan apakah ingin subwoofer aktif (dengan amplifier terintegrasi) atau pasif (memerlukan amplifier tambahan). Pilihan ini tergantung pada preferensi dan kebutuhan audio.

6. Konsultasikan dengan Teknisi Ahli: Jika masih bingung atau tidak yakin, konsultasikan kebutuhan kepada teknisi ahli di gerai audio terkait. Mereka dapat memberikan saran berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka.

Tips Memasang Subwoofer

subwoofer mobil

Disarankan untuk menempatkan subwoofer di bawah jok belakang kiri jika pendengar sering berada di posisi pengemudi, dan sebaliknya. Prinsip ini membantu mencapai kualitas suara yang optimal.

Penempatan subwoofer aktif harus diperhatikan dengan baik. Jarak antara subwoofer dan kuping pendengar memainkan peran penting.

Disarankan untuk menempatkan subwoofer di bawah jok belakang kiri jika pendengar sering berada di posisi pengemudi, dan sebaliknya. Prinsip ini membantu mencapai kualitas suara yang optimal.

“Karakteristik suara bass dari subwoofer aktif juga perlu dipertimbangkan.Menekankan perbedaan karakter bass yang dihasilkan oleh masing-masing subwoofer aktif, kata Richard dari gerai audio Venom Auto Garage .

Selain itu pemilihan subwoofer sebaiknya disesuaikan dengan karakter musik yang sering didengarkan.

Demikian ulasan terkait jenis-jenis subwoofer mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbarus seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika