oleh

Bocoran 5 Mobil Hybrid Terbaru Tahun 2022 di Indonesia

Mobil ramah lingkungan sedang gencar-gencarnya didorong oleh pemerintah Indonesia. Khusus mobil hybrid terbaru tahun 2022 sepertinya akan didominasi oleh pabrikan Jepang.

Bocoran yang kami terima, Toyota Innova Hybrid bakal hadir. Lalu ada Nissan Note e-Power, Suzuki Ertiga Hybrid, Mitsubishi Xpander Hybrid

Saat ini hampir semua pabrikan otomotif memproduksi mobil ramah lingkungan, baik mobil listrik atau mobil hybrid. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari pembakaran mesin kendaraan.

Sebelum membahas lebih jauh mobil hybrid terbaru tahun 2022, ada baiknya kita mengetahui perbedaan mobil listrik dan mobil hybrid. Sebab keduanya mempunyai perbedaan yang signifikan.

Mobil hybrid adalah kendaraan dengan dua sistem mesin, yaitu konvensional dan juga baterai listrik. Sementara mobil listrik murni bekerja hanya mengandalkan energi listrik yang disimpan pada baterai besar yang ada di mobil.

Mobil listrik perlu diisi daya listrik menggunakan charger, sedangkan mobil hybrid akan terisi daya baterai secara otomatis. Pengisian listriknya juga bisa dari konversi daya dari mesin konvensional atau kinetik saat deselerasi.

Kembali ke mobil hybrid terbaru tahun 2022 yang akan mengaspal di Indonesia. Berikut deretannya:

1. Innova Hybrid

Mobil Hybrid terbaru tahun 2022
Innova akan ada versi hybrid

Innova hybrid merupakan salah satu dari 10 mobil elektrifikasi yang akan diproduksi oleh Toyota Indonesia. Bukan hanya rumor saja, hal tersebut dikuatkan dari informasi yng disampaikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang beberapa waktu lalu.

Baca juga  Auto2000 ICON, Layanan Dealer Berjalan Toyota

Dalam keterangan resminya, pertemuan antara Agus Gumiwang dengan principal dari Toyota mengungkapkan bahwa Toyota Corporation setuju untuk berinvestasi sebesar Rp 28,3 triliun hingga tahun 2024.

Dari sisi spesifikasi, kabarnya Innova hybrid akan pakai penggerak roda depan seperti mobil Toyota modern. Jika Innova hybrid sukses, maka kemungkinan untuk diikuti oleh model lain sangat besar. Sebut saja Toyota Raize Hybrid yang saat ini sudah ada di Jepang. Lalu bukan tidak mungkin Avanza atau Veloz Hybrid jadi model selanjutnya.

Sementara itu, menurut salah satu sumber dari orang Toyota Astra Motor (TAM) yang tidak mau disebutkan Namanya juga mengiyakan bahwa Innova hybrid akan meluncur di tahun 2022. Ia menyebutkan ubahan yang sangat signifikan, baik dari tampilan dan mesinnya.

“Innova terbaru direncanakan akan meluncur tahun 2022 dengan ubahan major change. Desain akan berubah total,” menurut salah satu sumber TAM.

2. Mitsubishi Outlander PHEV 7-Seater

Mobil Hybrid terbaru tahun 2022
Mitsubishi Outlander PHEV 7-Seater

Mobil hybrid terbaru tahun 2022 selanjutnya adalah Mitsubishi Outlander PHEV 7-seater. Yup, mobil ini tentunya sangat dinanti-nanti pecinta otomotif di Indonesia.

Jelas saja, kapasitas 7 penumpang selalu menjadi daya tarik yang sangat kuat untuk market di Indonesia. Selain itu, kabrnya mobil hybrid dari Mitsubishi ini akan tampil dengan desain yang modern dan futuristik.

3. Nissan Note e-Power

Mobil Hybrid terbaru tahun 2022
Nissan Note Aura

Nissan telah mendaftarkan hak paten dari Nissan Note e-Power di Kementerian Hukum dan Ham pada Agustus 2021. Ada dua paten dengan nomor permohonan A00202002383 dan A00202002387.

Baca juga  Bocoran Harga Toyota Raize 1.2 Liter, Semurah Apa?

Dilihat dari tampilan, keduanya tidak beda jauh serta mengarah ke wujud Nissan Note e-Power. Diprediksi, mobil ini adalah Nissan Note e-Power dan Nissan Note Aura e-Power. Sementara untuk varian dengan nama Aura, disinyalir merupakan versi lebih mewah atau tipe tertingginya.

4. Suzuki Ertiga Hybrid

Mobil Hybrid terbaru tahun 2022
Ertiga hybrid versi bensin pernah mejeng di Jakarta, beberapa waktu lalu

Suzuki nampaknya tidak mau ketinggalan dengan merek lain dalam hal memproduksi mobil elektrifikasi. Hal tersebut dibuktikan dengan kembali berinvestasi di Indonesia sebesar Rp 1,2 triliun untuk memproduksi Suzuki Ertiga Mild Hybrid dan Suzuki XL7 Mild Hybrid. Keduanya bermesin bensin.

Untuk Ertiga Mild Hybrid dikabarkan akan mulai mengaspal di tahun 2022. Sementara untuk XL7 Mild Hybrid setahun kemudian alias 2023. Meski demikian bukan tidak mungkin untuk XL7 Mild Hybrid juga akan diperkenalkan terlebih dahulu pada tahun 2022.

5. Mitsubishi Xpander Hybrid

Mobil Hybrid terbaru tahun 2022

Dari keterangan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang mengungkapkan bahwa salah satu merek otomotif Jepang yang kembali menanamkan investasinya adalah Mitsubishi Motors Corporation. Tak tanggung-tanggung, nilai investasinya mencapai Rp 11,2 triliun untuk memproduksi Xpander Hybrid dan beberapa model baru lainnya.

Mitsubishi Xpander Hybrid memang direncakan baru dijual pada tahun 2023. Namun tidak menutup kemungkinan mobil 7-penumpang ini akan terlebih dahulu diperkenalkan pada tahun 2022. Barulah pada 2023, penjualannya dilakukan.

Baca juga  Kijang Innova EV Concept Sudah Hilang dari IIMS 2022

Strategi seperti ini sesungguhnya sudah pernah terjadi pada Xpander konvensional atau bermesin bensin. Ketika itu mobil MPV ini meluncur pada 2016 dalam bentuk konsep. Kemudian resmi dijual pada awal 2017. Hanya saja pendistribusian ke konsumen baru dilakukan pada awal 2018. Bertahap!

Nilai Investasi Pabrikan Jepang di Indonesia

Mobil Hybrid terbaru tahun 2022

Seperti diketahui bahwa Jepang sudah mendominasi industri otomotif di Indonesia. Beberapa merek seperti Honda, Toyota, Nissan, Suzuki dan Mitsubishi selalu eksis dengan meluncurkan produk-produk unggulannya untuk konsumen di Tanah Air.

Keseriusan pabrikan otomotif Jepang di Indonesia tersebut dibuktikan dengan kembali menanamkan investasi untuk memproduksi mobil elektrifikasi dan mobil konvensional.

Dalam event Investor Daily Summit 2021, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan bahwa para petinggi industri otomotif Jepang berjanji siap menggelontorkan dana untuk Tanah Air. Mereka antara lain Honda, Toyota, Mitsubishi, dan Suzuki.

Agus Gumiwang mengatakan, investasinya juga tidak main-main. Nilainnya untuk Toyota Motor Corporation sebesar Rp 28,3 triliun hingga 2024, Honda Motor Company sebesar Rp 5,2 triliun hingga 2024, Suzuki Motor Corp Rp 1,2 triliun dan Mitsubishi Motors Corporation Rp 11,2 triliun sampai 2024.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil hybrid terbaru tahun 2022. Kamu mau beli yang mana? Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru