Friday, February 3, 2023
Banner

6 Mobil Kecil di Bawah Rp 90 Juta, Nyaman untuk Harian!

by Firdaus Ali
Mobil kecil

Berikut akan kami ulas rekomendasi beberapa mobil kecil bekas dengan harga di bawah Rp 90 juta. Dari beberapa deretan mobil tersebut, termurah ada di harga Rp 70 juta.

Mobil kecil atau sering juga disebut city car, memang menjadi idola masyarakat kota besar seperti Jakarta. Ukuran yang ringkas, konsumsi bahan bakar yang irit, perawatan mudah serta durability yang teruji menjadi faktor utama populasi city car tetap eksis.

Sengaja kami merekomendasikan banderol antara Rp 70 hingga Rp 90 juta, supaya unit mobil yang didapat juga tidak terlalu tua. Dengan demikian, diharapkan kondisinya masih baik. Di sisi lain, suku cadang juga masih mudah diperoleh bila terjadi kerusakan. Alhasil mobil bekas tersebut masih nyaman untuk dipakai harian.

Nah, biar tidak penasaran marik kita simak ulasan mengenai beberapa mobil kecil bekas dengan harga di bawah Rp 90 juta berikut ini.

1. Nissan March (Rp 73 Juta – Rp 85 Juta)

Mobil kecil

Nissan March 2011

Mobil kecil bekas dengan harga di bawah Rp 90 juta yang pertama adalah Nissan March lansiran 2011 hingga 2013 yang dibanderol kisaran RP 73 juta hingga Rp 85 juta. Yup, Nissan March memiliki desain yang membulat yang sekilas mirip dengan Yaris bakpao. Perpaduan desain grill dan lampu depannya terlihat apik, namun sayangnya belum menggunakan jenis lampu LED. Adapun penggunaan lampu LED hanya terdapat pada lampu kabut, lampu belakang dan lampu High Mount Stop Lamp-nya saja.

Baca juga  Toyota Agya Facelift Siap Meluncur, Pakai Start/Stop Engine?

Nissan March memiliki 2 pilihan jantung mekanis, yaitu mesin berkapasitas 1.2 liter dan mesin berkapasitas 1.5 liter. Sedangkan transmisinya ditawarkan dengan pilhan manual 5-percepatan dan mtomatis 4-percepatan. Sementara itu untuk fiturnya, March sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, ISOFIX, Vehicle Dynamic Control, Rear Parking Sensor, Keyless Entry, dan Immobilizer.

2. Suzuki Karimun Kotak (Rp 63 Juta – Rp 75 Juta)

Mobil kecil

Suzuki Karimun kotak

Mobil kecil dengan harga di bawah Rp 90 juta berikutnya ada Suzuki Karimun kotak tahun pembuatan 1999 hingga 2007. Adapun kisaran kondisi bekasnya direntang harga Rp 63 juta hingga Rp 90 juta.

Suzuki Karimun pertama kali mendarat di Indonesia tahun 1998 yang langsung diimpor dari Jepang dengan jumlah yang tidak banyak. Kemudian tahun 1999, mobil yang terkenal dengan sebutan Suzuki Karimun kotak itu mulai dirakit di Indonesia alias Completely Knocked down (CKD) karena permintaan yang banyak. Alhasil, Suzuki karimun kota yang beredar di jalanan mayoritas buatan tahun 1999 ke atas.

Meski sudah berumur lebih dari 10 tahun, Suzuki Karimun kotak ini masih banyak diminati sampai saat ini. Desain kotak atau boxy menjadi pembeda dari mobil-mobil kecil lainnya.

Mesin yang digunakan sama dengan mesin Suzuki Carry dan Suzuki Katana. Yaitu mesin dengan kode F10A berkapasitas 970 cc 4-silinder SOHC dengan transmisi manual 5-percepatan yang terkenal tangguh dan irit. Di atas kertas, tenaganya mencapai 56 PS di 5.500 rpm. Sementara untuk torsinya puncaknya tercatat 400 Nm pada putaran mesin 1000 rpm.

Baca juga  Beli Toyota Agya atau Honda Brio Bekas, Mana LCGC Terbaik?

Berbicara harga, dibeberapa diler mobil bekas dan platform jual beli mobkas, Karimun kotak kisaran harganya Rp 63 juta hingga Rp 75 juta.

3. Daihatsu Sirion G (Rp 82 Juta – Rp 85 Juta)

Mobil kecil

Daihatsu Sirion

Selanjutnya, mobil kecil dengan harga di bawah Rp 90 juta ada Daihatsu Sirion G lansiran 2013 – 2014 yang kisaran harganya Rp 82 juta hingga Rp 85 juta. Daihatsu Sirion G ini memiliki dimensi panjang 3.690 mm, lebar 1.665 mm, serta tinggi 1.545 mm dengan ground clearance 160 mm.

Sirion dibekali mesin bensin berkapasitas 1.3 liter DOHC VVT-i dengan pilhan dua transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Mesin tersebut diklaim menghasilkan tenaga 89 hp dan torsi 116 Nm.

Untuk urusan fiturnya, Sirion G hanya dilengkapi oleh beberapa fitur saja, seperti Dual SRS Airbags, Isofix, Rear Parking Sensor, dan Immobilizer.

4. Toyota Etios Valco (Rp 85 Jutaan)

Mobil kecil

Toyota Etios Valco

Mobil kecil dengan kiaran harga di bawah Rp 90 juta berikutnya ada Toyota Etios valco lansiran 2013 hingga 2014 yang dibanderol harga kisaran Rp 85 jutaan. Mobil ini mengusung mesin 1.200 cc DOHC dengan transmisi manual 5-percepatan. Tenaganya diklaim mampu meraih 79 dk dan torsi 104 Nm.

Berbicara fitur, Etios Valco hanya dilengkapi dengan Dual SRS Airbags dan sistem pengereman ABS, EBD saja. Kemudian untuk audionya berupa head unit 2DIN dengan 4 speaker. Oh ya, untuk dimensinya mempunyai panjang 3.775 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm.

Baca juga  7 Perbedaan Daihatsu Ayla facelift 2020 Vs Lama

5. Kia Picanto (Rp 80 Juta)

Mobil kecil

Kia Picanto 2013

Kia Picanto lansiran 2013 juga merupakan salah satu mobil kecil dengan banderol di bawah Rp 90 juta. Adapun harga bekas dari city car asal Korea Selatan ini kisaran Rp 80 juta.

Kia Picanto lansiran 2013 merupakan generasi ketiga di Indonesia. Mobil kecil ini hadir dengan desain yang jauh lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini berkat tangan dingin Peter Schreyer.

Kia Picanto generasi ketiga ini menggunakan mesin 1.2L dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan. Adapun tenaganya diklaim mencapai 87 hp dengan torsi puncak 120 Newton Meter.

6. Daihatsu Ayla 1.0L (Rp 75 Juta)

Mobil kecil

Daihatsu Ayla 2015

Mobil kecil bekas dengan harga di bawah Rp 90 juta selanjutnya ada Daihatsu Ayla 1.0L tahun pembuatan 2016 yang dibanderol Rp 75 jutaan. Mobil LCGC ini mengusung mesin 1KER-DE berkubikasi 1.0L dengan pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Di atas kertas tenaganya mencapai 64 hp dan torsi puncak 86 Nm.

Menyandang sebagai mobil LCGC, Daihatsu Ayla banyak diminati semua kalangan karena efisiensi bahan bakar, durability mesin serta harga sparepart yang murah.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa mobil kecil bekas dengan harga di bawah Rp 90 juta. Sebagai catatan, namanya mobil bekas tentu tidak akan sesempurna mobil baru. Jadi teliti sebelum membeli, cek semua bagian agar tidak menyesal kemudian. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika