Rabu, Mei 1, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Moladin jalin kerja sama dengan Superbank untuk memberdayakan UMKM Otomotif dan konsumen

by Baghendra Lodra

Jakarta, 21 November 2023 – Moladin, platform fintech untuk mobilitas terkemuka dengan solusi Pembiayaan end-to-end untuk seluruh pemain di ekosistem mobil bekas dan juga kendaraan listrik (EV), menandatangani perjanjian kerja sama dengan Superbank, bank yang berfokus pada layanan digital, untuk membuka potensi UMKM otomotif dan memberikan pilihan pinjaman yang lebih baik bagi pelanggan.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam perekonomian Indonesia, menyumbang hingga 60,3 persen PDB yang terdiri dari ~65 juta pelaku industri. Salah satu prioritas utama pemerintah pada tahun 2023 adalah memberdayakan UMKM dengan akses pembiayaan dan kapasitas usaha yang lebih besar. Melalui kemitraan ini, Superbank akan memberikan fasilitas kredit kepada Moladin, yang akan digunakan Moladin untuk lebih meningkatkan skala bisnis penyaluran pinjaman kepada UMKM otomotif (melalui Moladin Dealer) dengan bisnis inventory financing, dan pencairan pinjaman kepada konsumen akhir di lini bisnis pinjaman konsumen (melalui MoFi). Kedua perusahaan juga akan memanfaatkan kepakaran teknologi dan finansial mereka untuk memberikan akses perbankan yang lebih baik kepada UMKM.

Sukiwan, Chief Business Officer Superbank menyatakan, “Bermitra dengan Moladin mencerminkan komitmen kami untuk memberdayakan masyarakat dengan menyediakan solusi yang disesuaikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan unik UMKM yang sedang berkembang. Kemitraan ini sangat selaras dengan misi besar kami untuk mendukung masyarakat underbanked dan mendorong literasi keuangan, memastikan bahwa mereka memiliki akses ke sumber daya yang mereka butuhkan untuk berkembang. Kami sangat antusias mengenai dampak positif yang akan dihasilkan dari kemitraan ini bagi masyarakat secara keseluruhan”

Andrew Khoo, Co-Founder dan Group CEO Moladin mengatakan, “Dalam industri mobil bekas, 2-3 juta mobil bekas ditransaksikan di Indonesia setiap tahunnya, dengan 80% transaksinya difasilitasi oleh >50.000 pengusaha mikro mobil bekas. Meskipun mempunyai peran penting, mereka seringkali kekurangan akses terhadap pembiayaan, network dan layanan konsumen. Bagi konsumen, pembelian mobil bekas merupakan langkah menuju kepemilikan mobil yang terjangkau dan peluang untuk memperoleh penghasilan lebih. Namun, sebagian besar konsumen memiliki akses pembiayaan yang terbatas untuk membantu mereka meraih pencapaian signifikan ini. Kami di Moladin berupaya menghilangkan hambatan modal ini bagi UMKM otomotif dan konsumen untuk meningkatkan usaha mereka. Dan kami senang dapat bekerjasama dengan Superbank untuk mempercepat tercapainya tujuan ini.”

Kemitraan ini diharapkan dapat memberdayakan dan memberikan dampak langsung terhadap kehidupan banyak UMKM otomotif dengan meningkatkan produktivitas dan pendapatan mereka, sekaligus memberikan akses pembiayaan yang lebih besar kepada konsumen.

Superbank x Moladin Sign

Tentang Moladin

Moladin adalah platform fintech untuk mobilitas terkemuka di Indonesia dengan solusi pembiayaan end-to-end untuk semua pemain di ekosistem mobil bekas dan kendaraan listrik (EV). Moladin memberdayakan lebih dari 26.000 agen dan UMKM dealer mobil bekas dalam network yang berkembang pesat, dan memberikan akses pembiayaan yang lebih baik kepada konsumen mobil bekas melalui penjaminan pinjaman yang berbasis digital. Hal ini didukung oleh keahlian Moladin dalam operasional mobil bekas yang kuat dengan cabang dan warehouse di lebih dari 100 kota; AI/IoT yang terdepan di industri, dan kemitraan dengan seluruh perusahaan pembiayaan mobil terkemuka di seluruh Indonesia. Serta dukungan dari PT Moladin Finance Indonesia yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Visi Moladin adalah menjadi katalis perubahan positif dalam mobilitas fisik dan sosial semua orang yang terlibat di dalamnya (“Mobilitas untuk semua”).

Untuk informasi lebih lanjut terkait Moladin kunjungi kami di https://moladin.com

Tentang Superbank

Superbank, sebelumnya dikenal sebagai PT Bank Fama International, telah menjalani perjalanan transformasi menjadi bank yang berfokus pada layanan digital. Berdiri di Bandung pada tahun 1993, Superbank memasuki era baru ketika menjadi bagian dari Emtek Group pada akhir 2021, diikuti oleh Grab dan Singtel pada awal 2022, dan KakaoBank pada tahun 2023 sebagai bagian dari konsorsium. Dengan komitmen terhadap inovasi dan keunggulan, Superbank telah meraih pengakuan, termasuk penghargaan “Bank Paling Efisien dalam Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) Kategori 1” pada Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2022. Sebagai pendatang baru di industri perbankan digital Indonesia, Superbank memiliki misi untuk memperluas akses kredit bagi nasabah ritel dan UMKM, memberdayakan mereka dengan solusi inovatif, serta mengembangkan kolaborasi melalui salah satu ekosistem terluas di industri.

Untuk informasi terbaru dan lebih lanjut tentang Superbank, silakan kunjungi situs web kami di https://www.superbank.id.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika