Jumat, Maret 1, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Penjualan Mobil Honda Turun, Brio Terpangkas 1.979 unit

by Tigor Sihombing
penjualan mobil Honda turun

Jumlah penjualan mobil Honda turun di pasar ritel dengan angka yang signifikan di bulan Oktober 2023. Informasi ini terlihat dari data terbaru yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Dalam periode tersebut, penjualan ritel mobil Honda mengalami penurunan sebesar 1.979 unit dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun 2022.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan ritel mobil Honda pada bulan Oktober 2023 mencapai 9.611 unit, sedangkan pada Oktober 2022, angkanya masih mencapai 11.590 unit. Bahkan, mobil Honda terlaris, yaitu Honda Brio, mengalami penurunan yang cukup mencolok.

Pada Oktober 2022, Honda Brio (termasuk Honda Brio Satya dan Honda Brio RS) berhasil terjual sebanyak 5.528 unit, sedangkan pada Oktober 2023, angkanya turun menjadi 4.494 unit. Begitu juga dengan All New HR-V dan All New Honda BR-V yang keduanya mengalami penurunan signifikan dalam penjualan ritel.

Honda All New HR-V pada Oktober 2022 terjual sebanyak 2.893 unit, sementara pada Oktober 2023 hanya mencapai 1.474 unit. Sedangkan All New Honda BR-V pada tahun lalu terjual 2.005 unit, namun pada tahun ini turun menjadi 1.361 unit.

Baca juga  Brio Virtual Drift Challenge, Tawarkan Sensasi Ngedrift Via Gawai

Penurunan ini mencerminkan tren menurunnya minat konsumen terhadap mobil Honda di Jakarta, bahkan untuk model-model yang sebelumnya populer. Faktor-faktor seperti kondisi ekonomi, persaingan pasar, dan tren preferensi konsumen mungkin menjadi penyebab penurunan ini.

Dalam konteks penjualan mobil secara keseluruhan di Jakarta, data Gaikindo juga mencatat penurunan sebesar 11,4 persen pada Oktober 2023 dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya. Total penjualan ritel seluruh merek dan tipe mobil pada bulan tersebut mencapai 79.351 unit, dibandingkan dengan 93.194 unit pada Oktober 2022.

Penurunan ini menandakan bahwa produsen mobil, termasuk Honda, perlu mengkaji kembali strategi mereka untuk memenuhi ekspektasi dan kebutuhan konsumen di tengah pasar yang berubah.

Honda Coba Dongkrak Pasar

penjualan mobil Honda turun

Honda coba tawarkan WR-V dengan paket kredit murah.

Untuk menyegarkan pasar pada akhir tahun 2023 ini, Honda mengadakan program penjualan di bulan November 2023 ini. Honda memberikan program Bebas Biaya Perawatan (Free Paket Hemat 1) didapatkan secara khusus untuk pembelian Honda Brio Satya, Honda Brio RS, Honda CR-V, Honda Mobilio, Honda City Hatchback RS dan All New Honda BR-V.

Baca juga  Honda Civic eHEV Diperkenalkan di Eropa

Dalam program ini akan mendapatkan secara langsung Paket Hemat 1 yaitu gratis biaya jasa dan suku cadang untuk perawatan berkala sampai dengan 50.000 KM atau 4 tahun.

Kemudian Honda juga menghadirkan program Fleet Sales & COP Campaign dimana Honda memberikan kemudahan kepada perusahaan yang ingin melakukan pembelian fleet dan untuk konsumen yang ingin menggunakan fasilitas Car Ownership Program.

Honda juga memberikan paket tukar tambah mobilnya dengan Honda WR-V terbaru, dengan cicilan ringan sebesar Rp 4 juta dan additional value Honda Loyalist sebesar Rp 1,5 juta

Honda juga mengadakan program PASTI (Paket Leasing Sesuka Hati) yang menawarkan berbagai kemudahan serta penawaran hitungan finansial spesial untuk meringankan konsumen yang ingin memiliki SUV Honda khusus pada bulan November 2023.

Demiikian ulasan terkait penjualan mobil Honda turun di Oktober 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika