by

Pabrik Wuling Indonesia Siap Produksi Mobil Listrik!

Rombongan beberapa menteri seperti Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melakukan kunjungan ke pabrik Wuling Motors (Wuling) yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Kehadiran Menko Marves, Menhub, dan Menkes beserta jajarannya disambut oleh Mr. Shi Guoyong selaku President Director Wuling Motors dan Arif Pramadana, Vice President Wuling Motors. Kedua Menteri dan jajarannya dipandu oleh Mr. Shi Guoyong dan Arif Pramadana untuk melihat proses produksi kendaraan di pabrik Wuling yang menerapkan Global Manufacturing System (GMS).

“Realisasi investasi Wuling di Indonesia dimulai dari pembangunan fasilitas produksi dan supplier park dengan standar kualitas global. Kemudian, Wuling hingga kini telah menghadirkan lini produk berkualitas di pasar otomotif Indonesia, bahkan menjadi komoditas ekspor. Selain itu, selama masa pandemi, Wuling turut menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam proses manufaktur sehingga kesehatan para karyawan senantiasa terjaga,” ungkap Mr. Shi Guoyong selaku President Director Wuling Motors, seperti dalam keterangan resminya (30/9/2021).

Baca juga  5 Kelebihan Nissan Kicks e-Power, Canggih Banget

Agenda utama kunjungan Menko Marves dan Menhub beserta jajarannya untuk mengajak Wuling bekerjasama di bidang kendaraan listrik, termasuk infrastrukturnya.

Pada kesempatan ini, Mr. Shi Guoyong memaparkan rencana ke depan perkembangan kendaraan listrik Wuling yang saat ini telah dipasarkan di Tiongkok dengan beserta ragam teknologi yang dimiliki oleh tiap-tiap lini, mulai dari E100, E200, E300, hingga Mini EV yang telah dipasarkan di Tiongkok dan mencetak pencapaian no.1 penjualan kendaraan listrik pada 2021 dengan angka penjualan 200.000 unit (Januari-Juli 2021).

Teknologi yang ada di platform GSEV tersebut terdiri dari kendaraan penumpang dan logistik tanpa pengemudi, konektivitasi 5G, serta komputasi awan. Dengan demikian, Wuling sudah memiliki rangkaian produk EV dan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia.

Setelah sesi pemaparan oleh Mr. Shi Guoyong, Menko Marves dan Menkes berkesempatan mencoba pengalaman berkendara dengan mobil listrik Wuling di area terbatas kantor pusat Wuling yang berada di Cikarang, Jawa Barat. Dipandu oleh Arif Pramadana, para Menteri dapat merasakan langsung kendaraan listrik Wuling dan mencoba inovasi yang terdapat pada dua kendaraan listrik Wuling, yakni E100 dan Mini EV.

Baca juga  Terungkap Sosok Wuling Almaz Facelift 2021, Banyak Ubahan!

“Kami serius untuk membawa teknologi dan juga berinvestasi dalam rangka memasuki era elektrifikasi kendaraan. Tentunya, Wuling juga membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem EV di Indonesia,” tambah Mr. Shi Guoyong.

Sekilas Mobil listrik Wuling

pabrik wuling
Sosok mobil listrik Wuling

Kunjungan beberapa menteri ke pabrik Wuling merupakan salah satu wujud nyata dukungan pemerintah perihal elektrifiasi di industri otomotif.

Sementara itu, tahun lalu Wuling meluncurkan Wuling Hong Guang Mini EV dan merupakan mobil listrik yang sangat laris di China. Bahkan penjualannya sudah melebihi mobil-mobil Tesla. Mobil listrik ini yang diprediksi akan mengaspal di Indonesia, tidak lama lagi.

Hong Guang Mini EV meluncur 24 Juli 2020 lalu sebagai mobil listrik termurah di China. Saat itu ada tiga varian yang diperkenalkan dengan harga mulai dari 28.800 yuan hingga 38.800 yuan (sekitar Rp64,1 juta sampai Rp86,4 juta).

Moladiners, itulah ulasan mengenai rombongan menteri yang berkunjung ke pabrik Wuling di Cikarang. Untuk informasi seputar otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Baca juga  Wuling Cortez CT Vs Toyota Innova, Nyaman Mana?

Terbaru