by

Wuling Hong Guang MINI EV, Mobil Listrik Termurah Indonesia?

Wuling Hong Guang MINI EV telah berada di Indonesia. Unit ini hadir ke Indonesia melalui proses pengapalan yang datang dari negara asalnya China.

Besar kemungkinan mobil ini datang untuk diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang harusnya digelar pada Agustus 2021 nanti. Hanya saja GIIAS kemudian diundur ke November 2021.

Di Cina, Wuling Hong Guang dipasarkan mulai harga 28.800 yuan hingga 38.800 yuan, atau jika dirupiahkan sekitar Rp64 -Rp86,4 jutaan.

Versi teratasnya juga ada, Wuling Hong Guang Mini EV Macaron yang baru saja diluncurkan sekitar April lalu di Cina. Unit ini dibandrol sekitar 37.600 yuan – 43.600 yuan atau dalam kurs rupiah kisaran Rp 83,7 juta – Rp97,1 jutaan. Murah banget!

Wuling Hong Guang MINI EV juga punya versi Cabriolet yang baru saja diperkenalkan. Unit ini baru akan dijual tahun 2022 mendatang.

Nah kembali lagi ke Wuling MINI Hong Guang MINI EV di Indonesia. Ternyata datang dalam tiga unit varian warna berbeda yakni kuning, hijau tosca dan pink. Menariknya ketiga warna tersebut merupakan warna yang juga dipasarkan di Cina.

Baca juga  Toyota Proace Electric Meluncur, Ada Versi Mobil Keluarga

Diketahui dari foto yang tersiar di sosial media, unit-unit tersebut merupakan type Macaron yang mana ini merupakan varian tertinggi dari Hong Guang. Selain itu Wuling Hong Guang MINI EV yang hadir merupakan type Macaron setir kiri yang baru diluncurkan di China sekitar April 2021 lalu.

Kami coba mengkonfirmasi ke Wuling soal kemunculan Hong Guang MINI EV, sayang mereka masih menutup rapat mengenai hal ini.

Dimensi Ringkas

Wuling Hong Guang MINI EV
mobil listrik Wuling

Wuling Hong Guang MINI EV sendiri memiliki desain kompak baik di eksterior mau pun di interiornya. Panjangnya 2.917 milimeter, lebar 1.493 milimeter, dan tinggi 1.621 milimeter.

Jarak sumbu rodanya 1.940 milimeter. Dimensi mungil ini memungkinkan Wuling Hong Guang melintas di jalan-jalan sempit perkotaan.

Menariknya interiornya Wuling Hong Guang cukup luas. Bisa menampung empat orang penumpang dengan dua baris bangku. Lalu memiliki total ruang bagasi hingga 741 liter, jika kursi belakang terlipat rata. Dalam posisi ini, bagasi Wuling Hong Guang mampu menampung dua koper besar berukuran 26 inci.

Baca juga  Cara Merawat Mobil Listrik, Jangan Asal!

Sebagai mobil kompak, Wuling Hong Guang dibekali dengan 12 laci penyimpanan. Jadi cukup praktis untuk diajak berkendara.

Top Speed 100 Km/jam

wuling hong guang MINI EV
Warna-warni Wuling Hong Guang Mini EV

Power train Wuling Hong Guang MINI EV mampu menghasilkan tenaga maksimum 20 kW dan torsi maksimum 85 Nm. Klaim pabrikannya, mobil ini mempu memperoleh top speed hingga 100 kilometer per jam, dengan daya jelajah hingga 170 kilometer untuk sekali dengan sekali pengisian baterai.

Sebagai gambaran, jarak tembul mobil listrik tersebut bisa dipakai di kondisi jalan Bekasi-Jakarta-Bekasi minimal selama tiga hari ya guys.

Selain itu Wuling Hong Guang MINI EV Macaron ini ini dilengkapi dengan sistem manajemen baterai yang cerdas. Memiliki teknologi pra-pemanasan suhu rendah dan isolasi baterai.

Yang membuat mobil ini lebih tahan air dan tahan debu, serta sudah dites dengan 16 tes keamanan yang ketat. Selain itu fungsi baterai mobil ini juga dapat dipantau dari jarak jauh melalui aplikasi smartphone.

Menariknya lagi, meski kecil mobil ini juga diperlangkapi keamanan maksimal. Wuling mengatakan lebih dari 57% bodi Hong Guang MINI EV terdiri dari baja berkekuatan tinggi.

Baca juga  5 Perbedaan Wuling Almaz Vs Almaz RS, Mending Mana?

Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pengereman anti-lock (ABS) dengan distribusi gaya rem elektronik (EBD), dan sistem pemantauan tekanan ban (TPMS). Kursi belakang dilengkapi dengan kursi keselamatan anak ISOFIX untuk memenuhi kebutuhan keluarga muda.

Gimana guys, kira-kira unit ini bakal lanjut dipasarkan di Indonesia gak? Kita tunggu saja ya. Karena jika mobil ini bakal rilis di Indonesia, kemungkinan siap menjadi mobil listrik produksi massal termurah di Tanah Air. 

Demikian ulasan terkait Wuling Hong Guang MINI EV. Simak terus moladin.com untuk mendapatkan update terbaru seputar konten berita otomotif.

Terbaru