by

Wuling MINI EV Meluncur Juni 2020, Mobil Listrik Murah!

Wuling MINI EV – Penetrasi Wuling di pasar mobil listrik semakin serius. Tidak lama lagi, mereka siap meluncurkan produk baru dengan nama Wuling Hongguang MINI EV pada Juni 2020.

Sebelum benar-benar dipasarkan, Wuling lebih dulu membuka pemesanan mulai 28 Mei. Hanya saja, konsumen Indonesia belum bisa membeli. Pasanya mobil listrik ini baru diproyeksikan untuk pasar China.

“Wuling Hongguang MINI EV dapat dipesan melalui Wuling Baojun Tmall,” seperti dikutip dari laman mydrivers.

Paling menarik dari mobil listrik ini, harganya sangat terjangkau. Kemungkinan tidak lebih dari 50.000 Yuan atau Rp104 jutaan.

Dengan harga murah, seperti apa detail Wuling Hongguang MINI EV? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

Tampilan Sederhana dengan Aura Retro

mobil listrik wuling
Bangku baris keduanya bisa dilipat sehingga rata dengan lantai, mampu menyimpan empat koper besar

Kalau melihat desain eksteriornya, Wuling MINI EV terlihat begitu sederhana. Tubuhnya agak mengotak, tersedia dalam tema pewarnaan two tone.

Atap dengan bodi punya kelir yang berbeda. Dari foto yang diambil media China, Wuling menggunakan warna biru pastel di bodi. Sementara atap dan pilarnya menggunakan warna putih. Inilah yang membuat kesan retro tampak.

Di sekujur tubuhnya juga tidak ada aksen chrome sama sekali. Paras cuma diisi lampu depan dan kabut, serta grille hitam dengan logo Wuling di tengah-tengah.

Baca juga  Spesifikasi Wuling Victory, MPV Terbaru dengan Logo Perak

Kemudian pindah ke sisi bodi, cuma ada dua pintu layaknya mobil coupe. Pelek sudah palang dengan cat silver. Di bagian belakang juga sederhana. Ciri khasnya, ada tulisan Wuling yang cukup besar di antara lampu rem.

Masuk ke interior, kesan sederhana masih menyambut. Temanya serba hitam dan yang menarik kapasitas penumpangnya. Meski mobil dua pintu, tapi di dalam muat empat orang.

Kapasitas penumpang ini merupakan terobosan besar. Pasalnya mobil listrik Wuling yang sebelumnya yaitu Baojun E100 dan E200, cuma cukup untuk dua orang.

Istimewanya lagi, bangku baris kedua bisa dilipat sampai rata dengan lantai. Alhasil menyediakan ruangan yang luas untuk bagasi dengan kapasitas 741 liter. Tidak cuma itu, ada pula tempat penyimpanan di sekitar kabin, jumahnya sampai 12 kompartemen.

“Dengan bangku baris kedua dilipat, bagasi bisa muat empat koper besar,” kata Wuling seperti dikutip dari Carnewschina.

Baca juga:

Baca juga  Spesifikasi Nissan Kicks, Mobil Listrik yang Indonesia Banget

Mampu Melaju 170 Km Satu Kali Isi Baterai

Wuling MINI EV
Kapasitas penumpang bisa memuat empat orang, bangku belakang lebih cocok untuk anak-anak


Spesifikasi Wuling MINI EV juga menarik dari sisi baterai. Mereka memasangkan lithium-ion battery pack dari Octillion Energy (Hefei). Konsumen bisa memilih dua pilihan kapasitas 144 Ah dan 96 Ah.

Jika baterai dalam kondisi penuh, kemampuan jelajahnya sungguh luas. Klaim Wuling bisa mencapai 170 Km untuk kapasitas 144 Ah. Sementara yang 96 Ah cuma 120 Km.

Tentu kemampuan mobil listrik ini sudah lebih dari cukup dalam memenuhi kebutuhan berkendara di perkotaan. Jarak 170 Km, kurang lebih setara pulang-pergi dari Bekasi ke Jakarta sebanyak dua sampai tiga kali.

Soal performa motor listriknya, sanggup menghasilkan torsi puncak 85 Nm dan tenaga maksimal 27 hp. Kecepatan maksimal yang bisa ditempuh sampai 100 Kpj.

Fitur-fitur yang ada di Wuling Hongguang MINI EV juga cukup modern. Mulai dari transmisi otomatis dengan kenop putar, electronic power steering (EPS), dan anti-lock braking system (ABS).

EPS memudahkan pengendalian, sehingga lingkar kemudi terasa ringan. Kemampuan ini juga ditunjang radius putar kecil, cuma 4,2 meter. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitas selap-selip di kepadatan jalan.

Baca juga  Perjalanan Wuling Confero Indonesia, Bisa Apa?

Sementara ABS berfungsi sebagai fitur keselamatan. Guna ABS untuk mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan begitu, pengendara dapat menghindar dari potensi kecelakaan.

Harga Wuling Hongguang MINI EV

Wuling MINI EV 004
Wuling Hongguan MINI EV bisa dipesan oleh konsumen China mulai 28 Mei 2020.

Wuling memang belum mengumumkan harga jual MINI EV secara resmi. Meski demikian salah satu dealer resminya sudah membocorkan. Banderol mobil listrik ini ada dikisaran 40.000 – 50.000 Yuan.

Jika harga itu dikurskan ke mata uang Indonesia, maka ada dikisaran Rp83-104 jutaan. Tentu banderol yang sangat murah untuk mobil listrik. Bahkan untuk mobil berbahan bakar bensin saja, tetap tergolong murah.

Pasalnya di Indonesia, kebanyakan mobil listrik dijual di atas Rp1 miliar. Harga yang sangat mahal, sehingga tidak semua orang mampu membeli. Maka ketika Wuling bisa memasarkan kendaraan bertenaga baterainya dengan harga Rp100 jutaan di Cina, tentu ini harapan buat masyarakat Indonesia.

Semoga Wuling MINI EV bisa segera masuk ke Tanah Air. Kalau hal tersebut terjadi, masa depan sudah dekat!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru