by

7 Cara Mengatasi Pintu Mobil Berbunyi, Mudah!

Cara mengatasi pintu mobil berbunyi ada beberapa macam, tergantung dari mana sumber bunyinya. Satu yang perlu kamu tahu, ada cara membetulkan pitu bunyi yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Walau demikian, kalau kamu ragu, bisa membawa ke bengkel spesialis bodi. Alhasil teknisi profesional yang bakal melakukan perbaikan dan mengganti komponen yang menjadi penyebab pintu mobil berbunyi.

Pintu mobil yang berbunyi kretek-kretek atau suara decitan memang mengganggu kenyamanan berkendara. Penyebabnya beragam, mulai dari karet-karet mobil yang sudah aus atau getas, bagian engsel yang kotor atau beberapa bagian mobil yang sudah kendur.

Lalu bagaimana cara mengatasi pintu mobil berbynyi? Simak bahasan berikut:

Inilah Cara mengatasi pintu mobil berbunyi

1. Bersihkan bagian engsel pintu

cara mengatasi pintu mobil yang berbunyi
ilustrasi engsel pintu mobil

Salah satu cara mengatasi pintu mobil berbunyi adalah dengan membersihkan bagian engsel pintu. Bahan material engsel pintu yang terbuat dari besi tentu riskan macet dan timbul karat serta akan menimbulkan bunyi decitan jika terdapat kotoran yang hinggap dan dibiarkan terlalu lama.

Cara mengatasinya mudah, yaitu dengan membersihkan bagian engsel tersebut dengan cairan khusus penghilang kotoran atau penghilang karat. Semportkan pada bagian engsel secara merata, biarkan beberapa saat agar kotoran rontok. Setelah itu bersihkan dengan kain lap.

Jika terlihat masih ada kotoran yang menempel, semprotkan kembali cairan khusus tersebut dan bersihkan kembali dengan kain lap. Setelah bersih beri pelumas secukupnya agar fungsi dari engsel kembali optimal dan bunyi decitan saat pintu ditutup atau dibuka tidak muncul kembali.

Baca juga  Mengenal Perbedaan Mesin DOHC Vs SOHC, Mana yang lebih baik?

2. Ganti karet pintu baru

Cara mengatasi pintu mobil berbunyi selanjutnya adalah dengan mengganti karet pintu mobil. Yup, karet pintu mobil umumnya menjadi salah satu penyebab pintu mobil berbunyi.

Umumnya karet pintu yang aus atau menjadi getas karena faktor usia mobil. Sifat dari karet adalah lentur, namun jika terkena sinar matahari dan air bertahun-tahun sifat lentur tersebut akan berkurang dan menjadi keras atau getas.

Jika karet pintu sudah aus imbasnya peredam getaran antar pintu dengan bodi mobil tidak maksimal, alhasil muncul bunyi berisik dari bagian pintu mobil.

Karet pintu yang sudah aus tidak bisa diperbaiki. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti dengan karet pintu yang baru agar bunyi berisik pada pintu mobil bisa hilang.

3. Ganti karet bantalan pintu mobil

cara mengatasi pintu mobil yang berbunyi
ilustrasi karet bantalan pintu mobil

Sama halnya dengan karet pintu mobil, karet bantalan pintu mobil akan menjadi aus karena faktor usia mobil.

Jika karet bantalan pintu sudah aus imbasnya pintu tidak bisa tertutup dengan sempurna dan akan menimbulkan suara berisik dan tentunya akan menganggu kenyamanan berkendara.

Baca juga  Kenali Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Habis, Jangan Telat!

Cara mengatsinya juga sama dengan karet pintu mobil yang sudah aus, adalah dengan menggantinya dngan yang baru.

4. Servis kaca mobil yang kendor

Kaca yang kendor juga menjadi salah satu penyebab pintu mobil berbunyi. Biasanya disebabkan karena ada baut atau komponen pendukung kinerja kaca untuk buka tutup yang kendor atau copot.

Jika sudah kendor akan memunculkan bunyi berisik pada bagian pintu mobil. Karena menjadi salah satu penyebab bunyi pada pintu mobil, maka cara mengatasi pintu mobil berbunyi yang disebabkan oleh kaca mobil yang kendor adalah dengan membawa ke bengkel spesialis bodi atau spesialis kaca mobil untuk dicek dan diperbaiki.

5. Ganti karet kaca mobil

cara mengatasi pintu mobil yang berbunyi
Karet kaca pintu mobil yang sudah getas, perlu diganti

Cara mengatasi pintu mobil berbunyi berikutnya adalah dengan mengganti karet kaca mobil dengan yang baru.

Umumnya karet kaca mobil akan mengalami aus lagi-lagi karena faktor usia mobil. Karet kaca mobil yang aus akan menyebabkan kaca mobil kendor selain ada komponen pendukung buka tutup kaca mobil yang copot atau kendor.

6. Bagian doortrim mobil kendur

Mengecek bagian doortrim mobil merupakan salah satu mengatasi pintu mobil yang berbunyi. Dalam beberapa kasus, bunyi yang muncul dari bagian pintu mobil disebabkan karena ada salah satu bagian doortrim yang kendur.

Baca juga  Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan dan Simulasinya

Umunya doortrim yang kendor disebabkan ada baut yang lepas. Cara mengatasinya tentu dengan mengecek semua doortrim mobil dan kencangkan baut yang kendor atau pasang baut baru jika memang ada yang hilang.

5. Ganti talang air dengan yang baru

cara mengatasi pintu mobil yang berbunyi
Ilustrasi talang air mobil

Talang air selain sebagai bagian dari aksesoris mobil juga berfungsi menahan masuknya air ke dalam kabin interior mobil. Karena pemasangannya yang hanya menggunakan perekat seperti doble tape tentunya akan riskan mengalami kendur jika perekatnya sudah tidak berfungsi.

Nah, saat talang air kendur maka otomatis akan muncul bunyi berisik pada bagian pintu mobil. beberapa pemilik mobil ada yang mengakalinya dengan mengganti perekat yang baru, namun ada juga yang enggan dan lebih memilih dengan mengganti talang air yang baru dengan pilihan perekat yang lebih berkualitas.

“Penyebab pintu mobil bunyi biasanya dari karet-karet pada bagian pintu atau kaca pintu yang sudah aus. Solusinya ganti dengan yang baru. Namun jika penyebabnya dari engsel pintu cara mengatasinya dengan membersihkan dengan cairan khusus dan berikan pelumas secukupnya,” ujar Pak Bandot, salah satu mekanik bengkel spesialis bodi dikawasan Tangerang Selatan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai cara mengatasi pintu mobil yang berbunyi. Untuk informasi otomotif menarik lainnya pantau terus Moladin.com.

Terbaru