Bocoran Mobil Baru Honda di GIIAS 2023, Ada CR-V Hybrid?

by Firdaus Ali
2 mobil honda hybrid

Kira-kira apa saja mobil baru Honda di GIIAS 2023? Bocoran yang kami dapat, pabrikan H tegak siap menghadirkan dua mobil hybrid untuk pasar Indonesia pada semester dua tahun ini. Disinyalir salah satunya adalah CR-V Hybrid.

“Di tahun 2023 kami akan merilis dua mobil hybrid, untuk modelnya kami belum bisa menginformasikannya, nanti saja saat launching,” ungkap Business Innovation and Marketing & Sales Director Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy dalam acara penandatanganan kerjasama dengan Universitas Indonesia pada Senin (26/6/2023).

Billy juga merinci waktu peluncuran kedua mobil tersebut yang bakal berpatokan dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), pameran otomotif akbar ini akan berlangsung 10-20 Agustus 2023. Hanya saja untuk kehadirannya bukan di GIIAS, melainkan sebelum atau sesudahnya. 

“Peluncurannya tidak di GIIAS 2023, Jadi bisa sebelumnya atau sesudahnya,” imbuh Billy.

Bila peluncuran dua mobil hybrid terbaru dari Honda dilakukan sebelum GIIAS 2023, maka pameran otomotif tersebut akan jadi ajang jualan. Sementara kalau meluncur setelahnya, bisa jadi GIIAS hanya jadi ajang perkenalan untuk pertama kali atau teaser.

Baca juga  Diskon Ertiga Hybrid Rp 30 Juta, Padahal Belum Launching!

Spesifikasi Honda CR-V Hybrid RS

mobil baru honda di giias 2023

CR-V terbaru punya pilihan mesin hybrid dan turbo

Bila merujuk teknologi hybrid, maka mobil baru Honda di GIIAS 2023 yang paling mungkin adalah CR-V Hybrid. Ini dikarenakan, CR-V Gen-5 yang dijual sekarang sudah hadir di Tanah Air sejak 2017. Dengan kata lain, sudah perlu banyak perbaikan untuk bisa bersaing dengan kompetitornya.

Informasi lain soal kehadiran CR-V Hybrid di Indonesia juga sudah terlihat dari situs resmi Badan Pendapatan Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta. Di sana terlihat dua model mobil Honda terbaru yang sudah didaftarkan yaitu RS38 T CVT dan RS58 RS CVT ZZ. Keduanya diduga sebagai Honda CR-V Generasi Keenam. Mobil berkode RS38 T CVT menggunakan mesin 1.500 cc turbo, sementara kode RS58 RS CVT ZZ disinyalir sebagai CR-V Hybrid. 

Sementara itu, CR-V Hybrid juga sudah hadir di negara tetangga yaitu Thailand. Di negeri gajah putih, CR-V Hybrid mengadopsi mesin 2.000 cc e:HEV dengan sepasang motor elektrik. Hasilnya bisa melontarkan output gabungan sebesar 204 PS dan torsi 335 Nm ,elalui transmisi ECVT. Performa ini bahkan lebih mantap dibanding CR-V Turbo model lama. Untuk konsumsi BBM, mesin tersebut diklaim meraih angka 20.8 km/liter.

Baca juga  Singapura Kedatangan Honda Jazz Terbaru, Harga Rp 1 Miliar!

Adapun untuk harga CR-V Hybrid di Thailand adalah mulai 1.589.000 baht atau kisaran Rp 677,8 jutaan untuk varian Honda CR-V e-HEV ES. Kemudian ada pula varian CR-V RS Hybrid atau varian tertinggi dengan penggerak 4WD yang dijual 1.729.000 baht atau Rp 737,6 jutaan.

Untuk fitur, sudah ada Honda Sensing, CMBS, ACC with LSF, RDM with LDW, LKAS AHB, ADB dan LCDN, kamera 360 dan fitur lain. Oh ya, untuk mendukung kenyamanan penumpang, audio juga sudah dilengkapi dengan speaker Bose.

Accord Hybrid Siap Dijual di Indonesia?

Honda Accord 2023 generasi kesebelas

Honda Accord Hybrid

Kemudian, mobil baru honda di GIIAS 2023 yang satu lagi masih belum ada informasi detail. Hanya saja bila melihat di Thailand, Honda memiliki banyak sekali produk hibrida yaitu City Hybrid, HR-V Hybrid, Accord Hybrid, hingga Civic Hybrid. Entah mana yang bakal dijual di Indonesia pada tahun ini.

Walau demikian, satu yang sudah pernah Honda bawa ke Tanah Air yaitu Accord Hybrid. Mobil sedan ini sebelumnya telah dipajang saat GIIAS 2022. Di Thailand, Accord Hybrid mengadopsi mesin yang sama dengan CR-V Hybrid, yaitu 2.0L yang dikawinkan dengan 2 motor elektrik.

Baca juga  Honda Civic RS Masuk Indonesia Tahun 2022, Sudah Bisa Inden!

Ditambah lagi, kompetitor Accord di Indonesia yaitu Camry sudah menggunakan teknologi hibrida. Jadi kalau mau bersaing, tentunya Accord harus mengadopsi e:HEV.

Soal harga, Accord Hybrid di Thailand dijual dengan harga 1.639.000 baht atau Rp 699,2 juta (e:HEV EL+) dan 1.799.000 baht atau sekitar Rp 767,5 juta. Untuk di Indonesia kemungkinan harga Accord dan CR-V Hybrid akan lebih mahal dari Thailand, apalagi kalau statusnya impor atau CBU.

Itulah tadi bahasan bocoran mobil baru Honda di GIIAS 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika