Selasa, Mei 28, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

MUFG dan ADIRA Akuisisi Saham MFIN Senilai Rp 7 Triliun

by Tigor Sihombing
MUFG dan ADIRA akuisisi saham MFIN senilai Rp 7 Triliun

Bank MUFG dan Adira akuisisi saham MFIN senilai Rp 7 Triliun. Informasi ini kami dapat dari rilis resmi Adira pada Senin (26/6/2023).

Kedua persuahaan tersebut telah mencapai kesepakatan dengan PT Jayamandiri Gemasejati dan beberapa pemegang saham lainnya untuk pengambilalihan 80,6% saham PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN). Nilanya kurang lebih mencapai Rp 7,042 miliar.

Pengambilalihan ini dilakukan bertahap, diharapkan akan selesai pada awal tahun 2024, tunduk pada penerimaan persetujuan-persetujuan dari otoritas terkait. Penyelesaian pengambilalihan ini akan menghasilkan MUFG Bank menjadi pemegang saham terbesar di MFIN dengan memegang 70,6% saham dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) akan memegang 10% saham.

MUFG Bank bersedia melaksanakan penawaran tender wajib, sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia, terhadap sisa 19,4% saham MFIN setelah selesainya pengambilalihan 80,6% saham tersebut.
 
Bagi MUFG, yang menganggap Asia sebagai pasar utama kedua, Indonesia adalah pasar yang sangat penting karena memiliki PDB terbesar di Asia Tenggara, yang diharapkan memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi di masa mendatang.

Baca juga  Gelar Festival Kreatif Lokal, Adira Gandeng Kemenparekraf

Selain MUFG Bank Cabang Jakarta, salah satu bank asing terbesar di Indonesia, MUFG juga telah mendirikan landasan bisnis perbankan komersial di Indonesia dengan menjadikan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) anak perusahaan terkonsolidasi pada April 2019. MUFG juga memiliki keberadaan yang kuat melalui Adira Finance, anak perusahaan Danamon di pasar pembiayaan otomotif Indonesia, yang diperkirakan akan terus tumbuh.

Pasar MFIN Kuat di Indonesia Bagian Timur

MUFG dan ADIRA akuisisi saham MFIN senilai Rp 7 Triliun

Mandala Finance kuat sebagai pembiayaan otomotif di pasar Indonesia Timur

MFIN adalah perusahaan Indonesia yang kegiatan utamanya menyediakan pembiayaan otomotif untuk sepeda motor baru dan pembiayaan multiguna yang dijaminkan dengan sepeda motor di pasar domestik. Pasar potensial mereka, kebanyakan ada di Indonesia bagian timur.

MUFG Bank dan Adira akuisisi saham MFIN, bermaksud untuk memanfaatkan kekuatan mereka baik dalam produk maupun keberadaannya. Selanjutnya memperkuat dan memperluas usaha pembiayaan otomotif keduanya di Indonesia.
 
MUFG alias Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. merupakan salah satu grup jasa keuangan terdepan di dunia. Berkantor pusat di Tokyo dan dengan sejarah lebih dari 360 tahun, MUFG memiliki jaringan global dengan kurang lebih 2.400 lokasi di lebih dari 50 negara.

Baca juga  Adira Virtual Expo 2020 Resmi Digelar, Banyak Promo Menarik

Lalu Adira Finance adalah suatu perusahaan terbuka yang berfokus pada usaha pembiayaan otomotif di Indonesia. ADMF diambilalih oleh Danamon pada tahun 2004 dan menjadi bagian dari Grup MUFG pada saat MUFG menjadikan Danamon anak perusahaan terkonsolidasinya pada tahun 2019.

Adira Finance beroperasi di seluruh Indonesia dan menyediakan pembiayaan otomotif untuk mobil dan motor baru maupun bekas dan juga pembiayaan multiguna.

Demikian ulasan MUFG dan ADIRA akuisisi saham MFIN senilai Rp 7 Triliun. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika