by

Deretan Mobil Fast and Furious 9, Banyak yang Klasik!

Jajaran mobil Fast and Furious 9 tentu jadi salah satu yang disukai oleh penonton, selain aksi laga Toretto Cs.  Mobil tersebut kerap membuat kita tercengang.

Bagaimana tidak? Beragam mobil mewah dengan performa mantap slealu jadi penyedap jalannya aksi seru dan menegangkan dari film drama aksi tersebut.

Versi terbaru dari Fast and Furious atau seri ke-9 sudah tayang pada Juni 2021. Sejatinya film ini masuk Indonesia pada 2020, namun karena terdampak virus Korona atau Covid-19, jadwal penayangannya harus ditunda hingga 2021.

Mobil Fast and Furious 9 sangatlah beragam, mulai dari Dodge Charger yang jadi ciri khas dari Dominic Toretto. Ada pula Ford Mustang GT350 selaku tunggangan Jakob Toretto. Kemudian Han hadir kembali di film ini lewat Toyota Supra.

Ingin tahu lebih detail soal deretan mobil Fast and Furious 9? Kalau kamu penasaran, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Dodge Charger Custom Mid-Engine

mobil fast and furious 9 - dodge charger mid engine
Mobil yang jadi andalan Dominic Toretto di film terbaru

Dodge Charger dan Dominic Toretto memang tidak bisa lepas. Sejak film pertama Fast and Furious, karakter pria berkepala pelontos tersebut selalu menungganginya.

Muscle car asal Amerika Serikat keluaran 1968 tersebut istimewa karena mendapat sentuhan supercharger dan corong udara yang keluar dari kap mesin. Sungguh mobil yang sangat ikonik.

Mobil Fast and Furious 9 milik Toretto juga masih seputar Dodge Charger. Gaya modifikasinya dibuat berbeda, kini menggunakan mid engine dan kemungkinan besar berkonfigurasi V8 dengan kombinasi supercharger. Gilanya lagi, pembatas mesin dan ruang kemudi cuma kaca plexiglass.

Modifikasi lain ada di tampilan mobil yang terlihat sangat rendah. Kemudian interior ada bucket seat retro dengan sandaran pendek.

Di film, Dodge Charger Mid-Engine milik Toretto bisa melakukan aksi gila karena dilengkapi magnet. Alhasil dua mobil yang berada di kiri dan kanannya bisa menempel.

2. Ford Mustang GT350 V8

mobil fast and furious 9 - ford mustang gt 350
Jakob Toretto menggunakan Ford Mustang ini

Kalau Dominic Toretto menggunakan Dodge Charger, maka Jacob Toretto alias sang adik mengendarai Ford Mustang GT. Mobil berwarna biru ini memiliki mesin V8 dengan supercharger yang mampu melontarkan tenaga 640 hp.

Dalam film Jacob yang diperankan John Cena terlibat aksi kejar-kejaran seru ketika sedang menunggangi Ford Mustang GT350 lansiran 2015. Laga tersebut melibatkan helikopter dan juga mobil lainnya.

Baca juga  3 Perbedaan Hyundai Santa Fe Diesel Vs Bensin, Signifikan!

3. Chevrolet Nova SS

mobil fast and furious 9 - chevrolet nova ss
Letty menggunakan mobil Chevrolet klasik

Mobil Fast and Furious 9 selanjutnya adalah Chevrolet Nova SS lansiran 1974. Muscle car ini mendapat warna silver secara keseluruhan, kemudian ada garis hitam. Pengemudinya adalah Letty Ortiz yang diperankan oleh Michelle Rodriguez.

Letty menungganginya saat di Edinburgh bersama dengan Ramsey dalam adegan pertarungan akhir. Dia bertugas mengeluarkan mobil di konvoi Jakob, serta membuat kabel listrik putus agar polisi berhenti mengejar mereka.

4. Pontiac Fiero

mobil fast and furious 9 - pontiac fiero
Mobil Pontiac Fiero ditambahkan mesin roket di atasnya, gila!

Roman Pearce yang diperankan Tyrese Gibson mengendarai mobil Pontiac Fiero lansiran 1984, bersama dengan rekannya Tej Parker (Ludacris) . Kendaraan ini istimewa karena mendapatkan mesin roket.

Walau demikian, sesungguhnya modifikasi mobil Fast Furious 9 untuk Fieros sangat gila, karena mesin roket tersebut diletakkan di atap bahkan bisa menjadikannya terbang.

Pontiac Fiero sendiri merupakan mobil yang berumur tidak panjang. Masa hidupnya cuma dari 1984 hingga 1988. Ciri khasnya adalah tampil dengan dua pintu, berbentuk sedan, dan memiliki mesin tengah atau mid-engine.

Bicara soal mesin, Pontiac Fiero lansiran pertama menggunakan jantung mekanis 2.500 cc empat silinder. Kemudian pada tahun ketiga, terjadi ubahan di sektor mesin.

Mobil sport dua pintu itu menggunakan mesin V6 dengan kubikasi yang lebih besar yaitu 2.800 cc. Salah satu yang menarik dari mobil Amerika Serikat ini, memiliki speaker yang terintegrasi dengan headrest jok.

5. Honda NSX atau Acura NSX

Honda NSX the fast and the furious 9
Honda NSX terpilih sebagai mobil yang menghiasi The Fast and The Furious 9

Honda NSX masuk dalam daftar mobil Fast and The Furious 9. Dalam film, mobil tersebut digunakan oleh Roman bersama dengan Tej. Hanya saja tidak ada adegan berbahaya bersama kendaraan ini.

Roman bersama Tej hanya mengendarainya untuk sampai ke Edinburgh. Setelah itu, Honda NSX atau Acura NSX tidak diketahui lagi keberadaannya.

Walau demikian, NSX tetaplah mobil yang isitmewa. Ini salah satu sport car Honda yang cukup melegenda, karena dirancang melalui riset pembalap Formula1, Ayrton Senna.

Di atas kertas, Honda NSX dipersenjatai mesin JNC1 dengan konfigurasi V6 twin-turbocharger dengan kapasitas 3.500 cc. Mesin itu memproduksi tenaga 500 Hp dengan torsi puncak 550 Nm. Honda NSX didukung transmisi 9-percepatan dual-clutch. Akselerasi yang dihasilkan 0-100 kpj hanya dalam 2,9 detik.

Baca juga  C+pod, Mobil Listrik Murah Toyota Rp 200 Jutaan

6. Jeep Gladiator

Jeep Wrangler FF9
Jeep Gladiator merupakan pick up double cabin

Mobil Fast and Furious 9 selanjutnya adalah Jeep Gladiator yang dikendarai oleh Tej di Montequinto. Tej bersama dengan Ramsey berkendara cepat di atas 100 Km/jam untuk mencegah mobil meledak karena ranjau.

Setelah itu Roman juga ikut masuk ke Jeep Gladiator supaya bisa lolos hingga ke perbatasan. Mobil tersebut harus melewati jalan yang curam, bahkan jembatan tali. Aksinya sangat menegangkan.

Gladiator sendiri merupakan mobil pick up double cabin dari Jeep. Kendaraan ini memiliki spesifikasi mesin 3.0 liter EcoDiesel dan 3.6 liter bensin Pentastar V6.

Walau hadir sebagai mobil untuk medan berat, namun bukan berarti teknologi canggih tidak hadir. Salah satunya kemunculan kamera depan yang berguna mengetahui bila ada hambatan ketika melakuakn perjalanan off road.

Ada pula fitur-fitur lain seperti blind spot monitoring, rear cross path detection, forward collision warning plus yang terintegrasi pengereman otomatis. Bukan cuma itu, bicara kenyamanan Gladiator edisi 80 tahun bahkan memiliki 9 speaker premium dari Apline termasuk subwoofer.

7. Noble M600

mobil fast and furious 9 - noble m600
Ini merupakan supercar buatan tangan dari Inggris

Nama Noble M600 tentunya cukup asing bagi sebagian orang. Pun begitu, jangan anggap enteng mobil Fast and Furious 9 yang satu ini.

Noble M600 sendiri digunakan oleh Magdalene Shaw yang diperankan Helen Mirren.

Supercar ini digunakannya untuk kabur ketika mencuri kalung mahal dari toko perhiasan di London. Setelah keluar dari toko, Magdalene langsung ditemui oleh Toretto yang ingin mengetahui keberadaan saudaranya yaitu Jakob.

Di saat yang sama, sirine mobil polisi berbunyi untuk menangkan Magdalene. Alhasil Magdalene langsung mencuri mobil Noble M600 berwarna ungu di parkiran.

Kemudian dia mengendarai supercar tersebut untuk kabur. Toretto yang ada di sana, pun ikut bersama Magdalene dalam aksi kebut-kebutan bersama Noble M600 dalam rangka kabur dari kejaran polisi.

Moble M600 sendiri merupakan mobil istimewa yang memiliki mesin V8 berkapasitas 4.400 cc. Supercar buatan tangan merek Inggris ini mampu menyemburkan tenaga hingga 659 PS dengan torsi mencapai 818 Nm.

Baca juga  Bocor! Tanggal Peluncuran Toyota Agya Facelift 2020 di Indonesia

8. Toyota Supra

Han menggunakan Toyota Supra
Han bakal menggunakan Toyota Supra di film The Fast and The Furious terbaru

Satu lagi mobil The Fast and The Furious yang patut dibahas, yakni Toyota Supra. Dalam film kali ini, mobil sport tersebut digunakan oleh sosok Han.

Sosok Han cukup mengejutkan, karena aktor satu ini ternyata sempat dinyatakan meninggal dunia. Pasalnya pada film sebelumnya, terlihat bahwa mobil Mazda RX-7 yang dikendarainya pada film Tokyo Drift meledak, akibat ditabrak oleh Shaw.

Pada Fast and Furious 9, Han mengendarai Toyota Supra berkelir orang dengan striping hitam. Mirip dengan mobil RX-7 Veilside dalam Tokyo Drift. Bisa jadi ini merupakan tribute untuk Toyota Supra orange pada film pertama.

Toyota Supra sendiri saat ini dipasarkan di Indonesia. Mobil sport dua pintu tersebut dijual dengan harga Rp 2 Miliar. Banderolnya cukup mahal, karena memang punya performa sangat istimewa. Dalam merancang  Supra terbaru, Toyota bahkan kerja bareng dengan BMW. 

9. Dodge Charger SRT Hellcat

mobil fast and furious 9 - dodge charger srt hellcat
Toretto juga mengunakan Dodge Charger SRT Hellcat di film ini

Selain ada Dodge Charger klasik, Fast and Furious 9 juga menampilkan versi modernnya yaitu Dodge Charger Hellcat. Mobil ini ditunggangi oleh Toretto saat di Montequinto.

Dodge Charger SRT Hellcat warna hitam tersebut terlibat kejar-kejaran bersama Ford Mustang GT350 milik Jakob. Kemudian di akhir adegan, Toretto semat mengaktifkan NOS hingga roda depan mobil terangkat.

Kemudian muscle car itu melompat dan bergelantungan menggunakan kawat baja untuk menyeberang jurang. Akhirnya mobil terbalik dan ringsek parah.

Bicara performa Dodge Charger SRT Hellcat tidak perlu diragukan. Jantung mekanis 6,2 liter HEMI V8 dengan supercharger ada di balik kap mesin. Mesin tersebut bisa melontarkan tenaga hingga 797 hp.

Wah.. pasti seru ya The Fast and The Furious 9, mengingat beragam mobil mewah dan bertenaga menghiasi film tersebut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya buat kalian!

Baca juga: 

Terbaru