Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Daihatsu Produksi 8 Juta Mobil di Indonesia, Eksis 45 Tahun!

by Tigor Sihombing
Daihatsu ternyata sudah menjual 8 juta unit kendaraan di Indonesia

Daihatsu produksi 8 juta mobil di Indonesia. Hal ini ditandai dengan perayaan yang bertempat Sunter Assembly Plant di PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Wajar kalau Daihatsu mengklaim telah memproduksi mobil begitu banyak. Pasalnya hal tersebut sudah dimulai sejak tahun 1978 atau 45 tahun lalu. Hingga saat ini, pabrikan berlogo D bahkan didukung oleh 5 pabrik dan beragam fasilitas lainnya seperti R&D Center, Serive Part Center, Vehicle Logistic Center, dan Head Office.

Selain itu ADM memiliki kapasitas produksi 530.000 unit per-tahun, yang menjadikannya sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di Indonesia. Kemudian yang tidak kalah membanggakan, Daihatsu juga sudah mengekspor kendaraan produksi lokal ke lebih dari 80 negara tujuan.

Presiden Direktur ADM, Yasushi Kyoda mengatakan Daihatsu produksi 8 juta mobil di Indonesia merupakan sebuah pencapaian penting. Utamanya dalam hal berkontribusi membangun Tanah Air.

“Kami mengucapkan terima kasih yang tulus atas kepercayaan dari seluruh pelanggan setia, pemerintah di Indonesia, serta seluruh pihak yang telah membantu capaian ke 8 Juta unit ini. Capaian ini juga berkat dukungan para stakeholder yang melibatkan lebih dari 1.700 supplier dan lebih dari 600 UMKM di Indonesia. Kami berharap ADM dapat selalu menyediakan best value product yang berkualitas untuk pasar otomotif di Indonesia dan juga di dunia,” ujarnya.

Baca juga  Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Selain itu Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita berharap prestasi baik tersebut dapat ditingkatkan. Tujuannya tidak lain memantapkan posisi ADM sebagai salah satu produsen kendaraan bermotor roda empat terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara.

”Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas komitmen dari seluruh pihak yang mendukung pencapaian produksi 8 juta unit Daihatsu, khususnya kepada pelanggan yang telah mempercayakan Daihatsu sebagai kendaraan kesayangan mereka. Capaian ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan produksi dan pertumbuhan ekonomi yang dapat berkontribusi positif bagi pasar otomotif, serta memperkuat bisnis yang berkelanjutan,” kata Agus Gumiwang.

Perjalanan Produksi Mobil Daihatsu di Indoenesia

daihatsu produksi 8 juta mobil di indonesia

Granmax produksi Indonesia sukses dijual di Jepang

Daihatsu produksi 8 juta mobil di Indonesia, lantaran sudah dimulai sejak 45 tahun lalu. Produksi mobil pertama merek berlogo D ini dilakukan secara utuh pada 1978 hingga sekarang. Berikut kilas balik perjalanan produksi mobil Daihatsu di Tanah Air:

  • ADM mencapai produksi ke-1 juta unit pada 2005, didukung oleh keberhasilan produksi kolaborasi pertamanya, yaitu Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.
  • Tak lama, ADM memperluas pabrik Sunter dan memulai produksi mobil komersial GranMax untuk pasar domestik, dan Townace/Liteace untuk pasar ekspor perdana ke Jepang pada 2007.
  • Sejalan dengan strategi utama ‘Dari Indonesia Untuk Indonesia’, Daihatsu mendirikan fasilitas R&D Center pada tahun 2012 untuk mengembangkan kendaraan yang paling cocok untuk pasar di Indonesia.
  • Setelah itu, Daihatsu meluncurkan model kolaborasi LCGC pertama, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya yang diperkenalkan di pabrik perakitan ADM yang baru, Karawang Assembly Plant pada tahun 2012.
  • Pada 2021, Daihatsu bersama Toyota juga meluncurkan model kolaborasi dengan platform baru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture) pertamanya, yaitu Rocky dan Raize, dilanjutkan dengan All New Xenia dan All New Avanza.
Baca juga  Spesifikasi Daihatsu Ayla M, Mobil Matik Termurah

Pabrik baru dengan nilai investasi sebesar 2,9 Triliun Rupiah

Daihatsu bangun pabrik baru

Pabrik Daihatsu. Foto: istimewa

Dalam keterangan resminya, ADM terus berkomitmen untuk melanjutkan semangat ini melalui pembangunan pabrik baru Daihatsu yang modern dan ramah lingkungan di Karawang Timur. Pabrik baru dengan nilai investasi sebesar Rp 2,9 Triliun ini berkonsep E-SSC (Evolution, Simple, Slim, Compact), serta memiliki kapasitas produksi sebesar 140.000 unit per tahun siap mengembangkan kendaraan untuk masa depan.

Presiden Daihatsu Motor Co., Ltd., Jepang, Soichiro Okudaira menyampaikan apresiasi atas capaian produksi 8 juta unit Daihatsu di Indonesia. Daihatsu selalu berusaha untuk berkontribusi kepada industri otomotif dan masyarakat di Indonesia.

”Daihatsu berkomitmen akan terus mendukung ADM, salah satunya dengan mewujudkan pembangunan fasilitas pabrik perakitan baru yang modern dan ramah lingkungan di Karawang Timur pada Februari 2023 lalu sebagai dukungan terhadap program Netralitas Karbon, pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan, dan pengembangan kendaraan untuk masa depan,” ujarnya.

Komitmen Bersama Sahabat Membangun Negeri juga diwujudkan melalui rangkaian kegiatan yang melibatkan masyarakat, seperti peremajaan 8 fasilitas Posyandu yang berlokasi di sekitar pabrik ADM; pelepasan 8.000 tukik di seluruh area konservasi penyu Daihatsu; Donasi mesin, transmisi, dan peralatan pelatihan manufaktur kepada 8 sekolah binaan Daihatsu; serta aktivitas Donor darah dari Sahabat Klub Daihatsu.

Baca juga  Toyota Rush Vs Daihatsu Terios, Beli yang Mana?

Itulah tadi bahasan Daihatsu produksi 8 juta mobil di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika