by

Panduan Modifikasi Calya, Biar Tidak Mirip Taksi Online

Modifikasi Calya tentu bisa jadi solusi, jika bosan dengan tampilan standar mobil kamu. Kendaraan berkategori Low Cost Green Car (LCGC) ini juga memiliki segudang pilhan komponen atau part modifikasi aftermarket.

Sebelum melakukan ubahan, kamu harus tahu dulu kelebihan Toyota Calya adalah ukuran yang compact untuk sebuah LMPV, namun memiliki interior yang lapang. Totalnya, kabin mobil ini bisa mengangkut hingga 7 orang penumpang. Karena kelebihannya tersebut, Toyota Calya digandrungi oleh keluarga-keluarga baru dan pengguna pertama mobil.

Maka dari itu, kami akan menyajikan panduan modifikasi untuk Toyota Calya, yang mengacu seputar peningkatan kenyamanan saat berkendara bersama keluarga. Walau demikian, tampilannya tetap tidak terkesan cupu dan jauh dari image taksi online.

Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman mengatakan jika modifikasi Calya haruslah sesuai fungsi. Hal ini lantaran, Calya merupakan mobil keluarga.

“Untuk Calya mungkin sifat modifikasinya lebih yang ringan-ringan, seperti mengganti aksesori saja. Seperti memasang antena model sirip hiu, atau ganti logo di bagian depan dengan lambang Toyota,” kata Suparna.

Nah untuk kamu yang menghidari resiko hangus garansi, sebaiknya hindari modifikasi menyangkut kelistrikan. Sebut saja mengganti lampu utama dengan LED, memasang Daytime Running Light (DRL), terlebih semua itu dilakukan bukan di bengkel resmi Toyota.

Lantas bagaimana dengan interiornya? Suparman menyarankan agar interior Calya dibuat agar lebih nyaman buat keluarga. “Misalnya dengan mengganti jok dengan material kulit,” tambahnya.

Kehadiran jok kulit mampu membuat kabin terasa lebih bersih. Pasalnya jok kulit lebih mudah dibersihkan dari kotoran, serta tumpahan makanan atau minuman anak-anak.

Baca juga  Bocoran Peluncuran Hyundai Staria di Indonesia, Rival Alphard

Selain ubahan minim aman pabrikan seperti di atas kira-kira apa lagi yang asyik diaplikasi pada modifkasi Toyota Calya? Cek bahasan di bawah ini:

Pasang Peredam Supaya Lebih Kedap Suara

modifikasi calya

Bicara kenyamanan dalam modifikasi Calya, salah satunya tentu terkait kebisingan mobil. Dalam artian suara di luar (suara kendaraan lain, klakson, hingga mesin) jangan sampai masuk dengan jelas ke dalam kabin. 

Dalam versi pabrikan, kekedapan kabin tersebut masih kurang baik untuk Calya. Maka dari itu, perlu ada solusi agar keluarga lebih nyaman lagi saat berkendara. Salah satunya tentu saja dengan memasang peredam di sekeliling body.

Pada Toyota Calya peredam akan dipasangkan pada pintu-pintu, atap, bagasi belakang dan lantai dasar kendaraan. Sedangkan biaya pasang peredam untuk Toyota Calya, dengan kualitas menengah banderolnya sekitar Rp 3,5 – 5 jutaan. Produk ini berbahan dasar aspal automatt.

Nah jika kamu ingin pasang sendiri, peredam untuk Toyota Calya juga bisa didapatkan di marketplace dengan harga lebih murah. Walau demikian, untuk pemasangan perlu dilakukan sendiri. Cara pasang peredam ini hanya di tempel atau dijepit doortrim pintu mobil, atau bisa menggunakan double tape.

Yang perlu diketahui saat kita menambahkan peredam pada modifikasi Calya adalah bobot mobil akan menjadi lebih berat. Resikonya engsel pintu bisa cepat aus, apalagi ketika pemasangannya tidak benar. Oleh karenanya kamu perlu memperhatikan bobot dari peredam yang akan digunakan.

Selain itu mobil yang terlalu kedap di interior juga kurang baik untuk keselamatan, karena kamu tidak akan mendengar suara klakson atau suara mobil lain dari dalam kendaraan.

Baca juga  Wuling Cortez CT Type S, Harga Lebih Murah!

Ganti Pelek yang Pas

modifikasi Calya
Ragam pilihan motif pelek HSR Wheel untuk Toyota Calya

Salah satu yang mampu mendongkrak Toyota Calya menjadi tampil lebih wah adalah penggunaan pelek yang pas. Perlu kita ketahui ukuran standar pelek Toyota calya adalah 13-14 inci dengan lebar 4-5 inci.

Jika diperhatikan penggunaan pelek standar pada Toyota Calya cenderung ukurannya kecil, sehingga kadang terlihat kedodoran dan tidak proporsional, membuat body berkesan bongsor.

Maka dari itu penggunaan pelek yang lebih besar bisa jadi solusi paling jitu untuk menghadapi masalah ini. Selain itu mengganti pelek dengan ukuran yang lebih besar dan proporsional bisa mengubah daya cengkram mobil menjadi lebih baik.

Hendra Owner brand Pelek HSR Wheel menyarankan untuk ukuran proporsional pelek modifikasi Calya bisa menggunakan ring ukuran 16 inci. “Kami memiliki beberapa koleksi seperti misalnya HSR type ET42 BMF, ET40 MB Red Lip, ET40 SMB Red Lip, dan ET42 Hyper Black,” kata Hendra.

Untuk harga, keempat model pelek HSR untuk modifikasi Calya ini dibandrol sekitar Rp 7,5 jutaan. Sementara itu Hendara juga mengatakan harga tersebut merupakan promo, karena sudah termasuk ban Accelera dan free ongkos pasang.

Pasang Kaca Film Jangan Terlalu Gelap

Modifikasi Calya

Biar tidak disangka mobil penjahat dan menyalahi aturan, penggunaan kaca film sebaiknya jangan terlalu gelap, tapi yang penting berkualitas. Arti berkualitas di sini, bisa menghalau panas dan meredam pecahan kaca dengan maksimal.

Di pasaran kaca film berkualitas untuk modifikasi Toyota Calya dipasarkan dengan rata-rata harga mulai Rp 4 juta – 6 jutaan. Mereknya bisa berbagai macam, mulai dari V-Kool, Llumar, Solar Gard, dan lain-lain.

Baca juga  Uji Emisi di Auto2000 Gratis, Ini Syaratnya

Nah supaya aman, ada baiknya menggunakan kaca film sesuai rekomendasi peraturan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). Dalam peraturan tersebut dituliskan jika tiap kendaran wajib menggunakan  kaca film  dengan persentase penembusan cahaya tidak kurang dari 70% pada bagian samping. Serta untuk bagian depan dan belakang tidak kurang dari 40%.

Kemudian pemilihan warna kaca film juga penting dalam modifikasi Calya. Ambil contoh bukan cuma pakai yang warna hitam saja, kamu bisa pilih kaca film kehijauan atau kecokelatan. Tertuama warna ini cocok untuk mobil Toyota Calya kamu yang berwarna putih. Hal tersebut dilakukan supaya Calya jauh dari kesan mobil taksi online.

Beri Sedikit Sentuhan Aksesoris JDM

modifikasi Calya
Detil aksesoris JDM ampuh bikin tampilan mobil jadi lebih manis.

Aksesoris Japanese Domestic Market (JDM) biasanya ampuh bikin mobil makin terlihat manis. Maksud JDM kali ini adalah produk-produk aksesoris atau aliran modifikasi yang trend di Jepang namun dibawa ke Indonesia.

Misalnya pada modifikasi Calya, ditambahkan sentuhan lampu foglamp tambahan ala-ala rally berwarna kuning. Bisa juga penambahan besi towing yang biasanya tampil dengan warna mencolok pada mobil.

Detail lain yang bisa kamu tambahkan di Toyota Calya adalah kamera parkir. hal ini penting untuk mendongkrak suasana interior jadi lebih modern. 

Terlebih saat ini head unit Calya terbaru sudah support kamera parkir, sehingga kalau mau pasang tinggal plug n’ play. Di pasaran harga kamera ini dibandrol mulai Rp 300 – 600 ribuan.

Demikian ulasan terkait panduan modifikasi Calya. simak terus Moladin.com unutk mendapatkan update berita otomotif lainnya.

Terbaru