Peluncuran Suzuki Jimny 5-Pintu di GIIAS 2023?

by Baghendra Lodra
suzuki jimny 5 pintu

Peluncuran Suzuki Jimny 5-Pintu telah dilakukan di India dan distribusi ke konsumen berlangsung sejak awal Juni 2023. Lalu kapan mobil ini masuk Indonesia?

Wajar kalau India memasarkan Jimny versi bongsor ini duluan, karena memang produksinya di sana. Meski begitu, bukan tidak mungkin dijual di Indonesia untuk kemudian hari.

Apalagi pihak Suzuki pernah menyatakan pada tahun 2023, Indonesia akan mendapat banyak produk SUV baru. Di tahun ini pabrikan berlogo S sudah menghadirkan S-Presso Facelift dan Grand Vitara Hybrid. Kemudian pada 15 Juni 2023, bakal hadir Suzuki XL7 Hybrid.

Tidak selesai di sana, Suzuki juga siap meluncurkan satu SUV lagi pada tahun 2023. Kemungkinan besar itulah peluncuran Suzuki Jimny 5-pintu.

“Dalam waktu dekat akan ada penyegaran untuk SUV yang kami produksi di dalam negeri (XL7 Hybrid) dan rencananya ada juga penyegaran atau ekstensifikasi model terhadap line-up legend SUV kami,” kata 4W Marketing Director Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra beberapa waktu lalu.

Kelebihan Suzuki Jimny 5-Door

Interior Jimny 5 pintu

Interior Jimny 5-Pintu punya head unit lebih besar

Memang belum disebutkan, waktu peluncuran Suzuki Jimny 5-pintu di Indonesia. Hanya saja bila bicara akhir tahun, maka pameran otomotif besar yang ada di Tanah Air adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 10-20 Agustus 2023.

Baca juga  VW Tiguan Allspace Sport Meluncur, Sambut Hari Merdeka

Suzuki juga punya tradisi menghadirkan mobil-mobil terbaru di sana. Sebut saja ada S-Presso dan Baleno Facelift pada GIIAS 2022. Bukan tidak mungkin pada GIIAS 2023, peluncuran Suzuki Jimny 5-Pintu bakal dilakukan.

Bila benar, apa sih kelebihan Jimny 5-pintu? Dibanding Jimny 3-pintu, tentu saja bodinya lebih bongsor. Di atas kertas punya panjang 3.985 mm, lebar 1.645 mm, tingi 1.720 mm, dan jarak sumbu roda 2.590 mm.

Dengan jumlah pintu lebih banyak, penumpang masuk ke interior Jimny 5-pintu semakin mudah. Lalu ruang kaki di jok belakang juga terasa lebih luas. Begitu pula di bagian bagasi yang bertambah besar menjadi 332 liter ketika jok belakang dilipat.

Bicara fitur, head unit layar sentuh di Jimny buatan India ini lebih besar dengan ukuran mencapai 9 inch. Ada pula penggerak 4WD yang menggunakan teknologi ALLGRIP Pro, sehingga lebih asik dipakai di medan offroad.

Kisaran Harga Jimny 5-Pintu

peluncuran suzuki jimny 5-pintu

Jimny 5-pintu punya dimensi lebih bongsor dibanding 3-pintu

Soal harga Suzuki Jimny 5-Pintu di India mulai 1.274.000 rupee atau setara Rp 229 juta. Hanya saja ketika masuk Indonesia, kemungkinan banderolnya tidak bakal semurah itu. Sebagai gambaran, Jimny 3-Pintu dijual di Tanah Air Rp 443,9 juta (OTR Jakarta). Maka harga Jimny 5-Pintu di Indonesia bisa jadi lebih dari itu, mengingat dimensinya lebih bongsor dan fiturnya lebih lengkap.

Baca juga  Mitsubishi Daftarkan Paten Desain XFC Concept, Launching di GIIAS 2023?

Di sisi lain, karena ini produksi India maka bukan tidak mungkin harga Suzuki Jimny 5-pintu justru lebih murah. Kisarannya untuk pasar Indonesia mungkin Rp 400 jutaan.

Itulah tadi bahasan soal peluncuran Suzuki Jimny 5-Pintu di Tanah Air yang kemungkinan berlangsung pada GIIAS 2023. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika