Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Pembalap F1 Test Drive Honda NSX GT3 Evo di Sirkuit Nurburgring

by Tigor Sihombing
NSX GT3 Evo

Kamu penggemar brand mobil Honda, apakah sudah coba mengendarai NSX GT3 Evo? Mobil ini adalah sedan sport yang dirancang khusus untuk lintasan balap. Untuk versi jalan rayanya saja langka, apalagi versi balapnya?

Waktu awal diperkenalkan di tahun 2017, harga mobil NSX GT3 mencapai harga Rp 7,2 miliar. Dan saat ini versi terbarunya akan melakukan debut kembali. Pembalap F1 Yuki Tsunoda yang akan mengendarai mobil balap NSX GT3 Evo di acara premier show event di sirkuit Nürburgring, Jerman pada 9 September 2023.

Pria asal Jepang dari tim F1 Scuderia AlphaTauri tersebut akan tampil bersama pembalap F1 berpengalaman lainnya seperti Daniel Ricciardo dan Sebastian Vettel. Menariknya Honda NSX GT3 Evo yang akan dites menggunakan livery balap milik tim F1 Scuderia AlphaTauri. Honda memprediksi sekitar 30.000 penggemar balap diperkirakan akan datang untuk menyaksikan pertunjukan ini di sirkuit Nürburgring, Jerman.

“Nordschleife adalah sirkuit legendaris. Saya belum pernah berkendara di Nürburgring sebelumnya, jadi saya sangat menantikan kesempatan ini di bulan September mendatang. Saya tidak sabar untuk mengendarai Honda NSX GT3 Evo yang merupakan mobil balap luar biasa dengan mesin yang terbukti di level tertinggi kompetisi GT3,” kata Yuki Tsunoda.

Baca juga  Honda Civic Type R Facelift 2021 Meluncur, Apa Bedanya?

Yuki Tsunoda sendiri telah menjadi bagian dari program tim Red Bull Junior dan juga Honda Drivers Development Program pada tahun 2020. Pada tahun yang sama, dia berhasil menempati posisi ketiga di Kejuaraan balap FIA Formula 2. Pada tahun berikutnya, Tsunoda memulai debutnya di ajang balap Formula 1 bersama tim Scuderia AlphaTauri hingga kini.

Sementara untuk Sirkuit Nürburgring, pertama kali dibuka pada tahun 1927 dan merupakan sirkuit yang menantang dengan 73 tikungan, tanjakan cepat, dan turunan yang memberikan adrenalin tersendiri bagi para pembalap. Salah satu yang paling menantang dari sirkuit ini adalah Carousel Caracciola, di mana ini merupakan tikungan curam dengan lempengan betonnya yang kasar. Sirkuit Nürburgring, Jerman juga sebelumnya pernah menjadi salah satu agenda balap Formula 1.

Sejarah Mobil Balap Honda NSX GT3 

Honda NSX the fast and the furious 9

Honda NSX versi jalan raya terpilih sebagai mobil yang menghiasi The Fast and The Furious 9

Mobil balap Honda NSX GT3 merupakan mobil spek balap yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 dan mulai digunakan pada tahun 2017 di ajang balap IMSA SportsCar Championship dan kemudian di ajang balap Super GT Series pada tahun 2018.

Baca juga  Spesifikasi Honda Mobilio S MT, MPV Terjangkau!

Honda kemudian memperkenalkan serta menggunakan Honda NSX GT3 Evo pada tahun 2019 dengan improvisasi dalam hal aerodinamika, sistem pendinginan serta perangkat turbocharger terbaru. Honda berhasil memenangkan kejuaraan IMSA SportsCar Championship dan Super GT Series pada tahun yang sama.

Pada tahun 2022, Honda bersama Honda Performance Development dan JAS Motorsport kembali melakukan pembaharuan pada mobil Honda NSX GT3 Evo22 yaitu komponen intercooler, suspensi dan lain sebagainya. Mobil ini akan digunakan untuk di berbagai kejuaraan balap dunia hingga tahun 2024.

Honda NSX GT3 hadir dengan dimensi bodi yang lebar dan rendah untuk meminimalisir pusat gravitasi dan memaksimalkan kecepatan aerodinamis. Secara dimensi, Mobil ini memiliki berat 1.240 Kg dengan panjang 4.612 mm dan lebar 2.040 mm dengan sasis berbahan dasar aluminium yang kokoh dan ringan untuk mendukung keselamatan dan performa di lintasan balap. Selain itu, Honda NSX GT3 dilengkapi saluran udara yang lebih besar dibagian depan, bawah dan belakang bodi untuk menjaga suhu mesin tetap optimal.

Baca juga  Review Honda Accord Gen 7, Masih Layak Dibeli?

Demikian ulasan Honda NSX GT3 Evo. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika