by

Honda NSX Type S Hadir di Jepang, Mesin Lebih Besar!

Honda akhirnya merilis informasi terkait spesifikasi Honda NSX Type S generasi kedua di Jepang. Sebelumnya, mobil sport ini meluncur lebih dulu di Amerika Serikat pada pertengahan Agustus 2021.

Paling menarik dari versi Jepang, konsumen memperoleh Mobil Honda NSX Type S menggunakan mesin 3,5L V 6-silinder DOHC twin turbo. Ada pula sistem 4WD Sport Hybrid SH-AWD dan 9-speed Dual Clutch Transmission (DCT). 

Beda dengan NSX Type S versi Amerika yang pakai mesin 2,5-liter. Kubikasi di Negeri Paman Sam lebih kecil.

Kemudian yang menarik dari versi Jepang, hanya tersedia 30 unit. Sementara pasar Amerika Serikat ada 300 unit.

Spesifikasi NSX Type S Jepang

honda nsx type s jepang
Mobil ini di Jepang cuma diproduksi 30 unit dan pakai mesin 3,5-liter

Selain itu, untuk lebih meningkatkan rasa kesenangan saat berkendara, Honda menghadirkan fitur baru, yaitu Paddle Hold dan Downshift yang dapat mengatur suara mesin dan menurunkan gigi ke gigi yang sesuai pada varian Honda NSX Type S.

Dari sisi eksterior, desain bodi Honda NSX Type S lebih lebar, lebih rendah serta lebih menonjol. Desain bumper depan dan belakang menggunakan penambahan carbon fibre sports package baru untuk meningkatkan kinerja aerodinamis yang lebih maksimal.

Baca juga  Penjualan Honda Juli 2021, Honda Brio Paling Laris!

Honda NSX Type S menggunakan desain baru yaitu forged aluminium wheels dan untuk ukuran ban dibuat berbeda dengan ukuran 19 inci untuk ban depannya sedangkan ban belakangnya menggunakan ukuran 20 inci.

Sementara pada sisi interior, Honda NSX Type S menggunakan pilihan jok baru, roof lining berbahan alcantara serta sandaran kepala serta terdapat bordir logo NSX.

Selain itu juga logo Type S ditambahkan pada glove box serta smart key untuk menambah kesan sporty serta kebangaan bagi penggunanya.

Honda NSX Type S juga menjadi lebih menarik dengan karakter sebuah mobil super sport dengan warna Carbon Matte Grey yang akan menjadi warna terbatas.

NSX Type S dengan warna baru ini akan tersedia 350 unit di seluruh dunia dengan rincian 320 unit di luar Jepang dan 30 unit di Jepang.

Acura NSX Balap

NSX Type S
NSX GT3 Evo22 akan mengyusung gearbox racing enam percepatan sequential-shift Xtrac yang mengirimkan drive secara eksklusif ke roda belakang.

Sebelumnya Honda juga telah memperkenalkan Acura NSX GT3 Evo22. Unit akan digunakan untuk ajang balap motorsport musim 2022.

Acura NSX GT3 Evo22 dikatakan mengalami sejumlah peningkatan mekanis yang memenuhi kebutuhan tim dan pengemudi.

Baca juga  Sebelum Beli Honda ADV 150, Sebaiknya Ketahui Ini Dulu

Salah satu fitur utama yang diperbaharui dari mobil balap ini adalah seperangkat intercooler mesin yang telah mengalami peningkatan performa.

NSX GT3 Evo22 mengusung mesin berkonfigurasi V6 twin-turbo 3,5 liter ini dirancang agar memiliki daya tahan yang kuat dan tenaga yang dikeluarkan bisa konsisten dalam berbagai kondisi.

Meski telah mengalami peningkatan, Acura mengaku mobil balapnya masih menggunakan blok mesin, kepala silinder, valvetrain, poros engkol, dan piston yang lama.

Unit ini juga telah mengusung gearbox racing enam percepatan sequential-shift Xtrac yang mengirimkan drive secara eksklusif ke roda belakang.

Sebagai mobil balap yang berlaga di ajang ketahanan, Acura NSX GT3 Evo22 juga dibekali dengan tangki bahan bakar yang lebih besar, yang dirancang sesuai kebutuhan balap.

Tidak hanya itu, geometri suspensi dan tingkat pegas juga mengalami revisi, untuk menambah kelincahannya di arena balap.

Sebagai mobil yang bakal sering masuk pit karena balapan yang panjang, sistem lepas ban pada mobil ini juga dirancang ulang supaya lebih mudah dan cepat saat bongkar pasang.

Baca juga  Sebelum Beli, Ketahui Keunggulan dan Kekurangan Honda Genio CBS ISS

Kabar baiknya, Accura NSX GT3 Evo22 rencananya juga akan dirancang untuk diproduksi massal dan sebagai mobil sport yang legal digunakan di jalan raya.

Namun hal itu masih dalam tahap homologasi hingga tahun 2024. Sebagai mobil jalan raya yang diproduksi massal, NSX GT3 Evo22 tentunya akan ditawarkan dengan varian sistem pendingin udara dan lampu depan yang baru.

Meski begitu, sasis tetap akan dibuat oleh Performance Manufacturing Center di Marysville, Ohio, Amerika Serikat dan finishingnya di JAS Motorsport di Milan, Italia.

Demikian ulasan terkait spesifikasi NSX Type S. Simak terus Moladin.com untuk update terbaru berita otomotif.

Terbaru