Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Penjualan Chery Catat Pertumbuhan Signifikan di Pasar Global dan Indonesia

by Tigor Sihombing
penjualan chery

Penjualan Chery mengalami lonjakan yang signifikan. Hal ini sejalan dengan fokus Chery dalam memperluas pasar global dengan dirilisnya beragam model mobil yang kompetitif, khususnya di segmen mobil listrik dan SUV.

Mengintip laporan Chery Holding Group Co Ltd kepada China Association of Automobile Manufactures (CAAM) pada 4 Januari 2024 terkait penjualan Chery. Selama periode Januari-Desember 2023, Chery Automobile berhasil mencatat penjualan sebanyak 1,88 juta unit mobil.

Angka ini mencerminkan lonjakan signifikan penjualan Chery sebesar 52,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Dari total penjualan Chery tersebut, sebanyak 937.148 unit mobil berasal dari pasar internasional. Angka ini mencatatkan peningkatan luar biasa sebesar 101,1 persen, terutama di wilayah Eropa, Australia, dan Asia.

Penjualan Chery vs Brand Jepang di Indonesia

luna maya beli mobil cina - chery omoda 5 di iims 2023

Penjualan Chery lumayan kencang di Indonesia, data Gaikindo mencatat penjualan sebanyak 3.811 unit ke diler selama Januari hingga November 2023.

Lantas, seperti apa penjualan Chery di Indonesia? Chery menunjukkan pertumbuhan penjualan yang signifikan dengan meraih posisi kesembilan dalam data retail Gaikindo periode Januari hingga Oktober 2023.

Baca juga  Test Drive Omoda 5 EV langsung di China, Sprint 130 km/jam di Trek Pendek!

Meski terjadi dominasi merek Jepang dalam pasar otomotif Indonesia, Chery berhasil mencatat penjualan sebanyak 3.418 unit selama periode tersebut.

Penjualan Chery juga lumayan kencang di Indonesia, data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan sebanyak 3.811 unit ke diler selama Januari hingga November 2023. Model Chery yang paling diminati oleh konsumen di Indonesia adalah Omoda 5 Series, yang dipilih oleh 75 persen dari total pembeli.

Meskipun baru memulai penjualan pada tahun 2023, Chery Automobile Indonesia telah menunjukkan kinerja yang menggembirakan. “Proses ini adalah langkah awal untuk membangun pondasi yang kuat di Indonesia dan memberikan kontribusi signifikan pada perkembangan industri otomotif Indonesia,” kata ujar Qu Jizong, Executive Vice President CSI.

Sebagai catatan sejarah, Chery sebelumnya telah hadir di Indonesia pada tahun 2006 melalui Indomobil Group.

Namun, setelah beberapa perubahan kepemilikan dan manajemen, merek ini kembali ke Indonesia pada tahun 2022 dengan komitmen bisnis yang kuat.

Kelebihan Chery Omoda 5

Kelebihan Chery Omoda 5

Jizong juga menyoroti bahwa seluruh tahun ini telah dimanfaatkan untuk membangun fondasi yang kokoh demi memberikan kontribusi positif bagi perkembangan otomotif di Indonesia dalam jangka panjang.

Baca juga  Bengkel dan Diler Chery Bekasi Beroperasi, Ada Promo!

Sebagai informasi, Chery menempati peringkat kesembilan dalam penjualan mobil di Indonesia menurut data retail Gaikindo.

Meskipun Chery berhasil mencatatkan angka penjualan yang cukup baik, dominasi merek Jepang seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, dan Suzuki masih tetap kuat di dalam negeri.

Hyundai dari Korea Selatan berada di posisi keenam, sementara merek China lainnya, Wuling, menempati posisi ketujuh.

Meskipun merek ini kembali ke pasar Indonesia pada Januari 2023, setelah absen selama beberapa tahun, Chery berhasil menunjukkan peningkatan dalam penjualannya, mencatatkan angka 102 unit pada bulan pertama dan terus meningkat hingga mencapai di atas 400 unit sejak Mei 2023.

Demikian ulasan terkait penjualan Chery 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika