Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Perbedaan Chery Tiggo 5X Type Classic dan Champion

by Tigor Sihombing
Perbedaan Chery Tiggo 5X Type Classic dan Champion

Kali ini Moladin akan mengulas perbedaan Chery Tiggo 5X Type Classic dan Champion. Chery Tiggo 5X yang merupakan sebuah compact SUV sudah dipasarkan di Indonesia dengan harga mulai Rp 249 juta untuk varian Classic dan Rp 279 juta untuk varian Champion.

Di pasaran model ini akan bersaing dengan Wuling Alvez dan Honda W-RV.

Baik Chery Tiggo 5X Classic dan Champion dilengkapi dengan mesin 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 112 hp dengan torsi maksimal 138 Nm. Selain memiliki dimensi yang lebih luas dari pesaing di kelasnya.

Secara dimensi, Tiggo 5X Classic dan Champion berdimensi lebih kompak dan lebih lebar, dengan panjang 4.318 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.670 mm, jarak sumbu roda 2.630 mm, yang cukup besar untuk SUV ringkas.

Dibandingkan dengan Wuling Alvez, yang memiliki lebih panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm, dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Sedangkan Honda WR-V memiliki panjang 4.060 mm, lebar 1780 mm, tinggi 1.678 dan wheelbase 2485 mm.

Compact SUV yang sudah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40 persen ini, baik varian Classic dan Champion sudah sama-sama dilengkapi sistem ADAS atau Advanced Driver Assistance System, yang membantu pengemudi selama berkendara.

Baca juga  Chery Omoda 5 EV Mulai Dirakit di Indonesia, Target Ekspor ASEAN

Lantas, selain harga, apa saja yang membedakan antara Chery Tiggo 5X Classic dan Champion? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain eksterior

image522

Pada eksterior, kedua model ini mengusung desain grill yang sama, yakni model Diamond Cut yang memberikan kesan premium pada desain keseluruhan. Desain ini juga diterapkan pada seluruh line up kendaraan Chery di Indonesia.

Selain itu di sisi eksterior, perbedaan antara Chery Tiggo 5X Type Classic dan Champion terletak pada sistem pencahayaan. Lampu utama Chery Tiggo 5X type Champion telah didukung oleh teknologi LED yang dikombinasikan dengan headlamp projector. Sedangkan pada varian Classic, LED ditiadakan.

Ketika melihat sisi samping, keduanya sama-sama dilengkapi dengan spion elektrik yang dapat diatur dan dilipat secara otomatis, memberikan kemudahan bagi pengguna. Selain itu, keduanya juga dilengkapi dengan roof rail yang dapat digunakan untuk menambah cross bar atau roof rail untuk membawa barang.

Lingkar roda yang sama, yaitu velg 16 inci yang dibungkus menggunakan ban berprofil 215/65, namun varian Champion memiliki velg berwarna hitam, sedangkan varian Classic menggunakan warna silver.

Baca juga  Merek Mobil Cina, Jaecoo Siap Masuk Indonesia!

Tipe Champion juga menawarkan kaliper rem berwarna merah yang menambah kesan sporty pada desainnya. Di bagian belakang, keduanya dilengkapi dengan desain rear combination lamp yang futuristik dan mewah, dengan garnish beraksenkan krom di tengahnya.

Fitur lainnya pada Champion terdapat fitur shark fin antena, yang menambah kesan sporty pada mobil ini.

Sunroof Hanya ada di Type Champion

image523

Perbedaan utama terlihat pada fitur-fitur interior. Tipe Champion dilengkapi dengan sunroof dan empat speaker tambahan untuk sistem audio, sementara varian Classic hanya memiliki dua speaker, serta tidak memiliki sunroof.

Selain itu, tipe Champion juga memiliki fitur-fitur tambahan seperti kamera 360 derajat, kamera mundur dan Multi Color Ambient Light yang dapat diatur menyesuaikan keinginan pengguna di semua bagian. Pada varian Classic hanya terdapat kamera mundur.

Tidak lupa hadirnya speed sensing wiper, yang memberikan perlindungan maksimal pada kaca depan mobil saat hujan turun.

Fitur Adas type Champion Lebih Komplit

image524

Dari segi keselamatan, keduanya dilengkapi dengan fitur standar seperti ABS, EBD, dan dua titik airbag untuk Classic dan 4 titik airbag untuk varian Champion. Lainnya pada tipe Champion ada fitur tambahan ADAS dengan kemampuan yang lebih lengkap meliputi LDW, FCW, AEB,ACC, BSD, IHC, dan RCTA.

Baca juga  Harga Chery Omoda 5 GT Naik Rp 5 Juta, Ini Faktor Utamanya

Untuk fitur keselamatannya, baik varian Tiggo 5X Classic dan Champion memiliki kelengkapan yang sama seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assistant System (BAS), dan Brake Override System (BOS) pada sistem pengeremannya.

Pengontrolan angin ban juga semakin mudah dengan hadirnya fitur Tire Pressure Monitoring (TPMS) yang berfungsi memonitor tekanan angin ban mobil.

Demikian ulasan terkait perbedaan Perbedaan Chery Tiggo 5X Type Classic dan Champion. Smak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika