oleh

7 Rekomendasi Mobil Hybrid Bekas Terbaik, Pilih Mana?

Beberapa tahun ini market mobil bekas semakin luas, bukan hanya mobil dengan mesin bensin atau diesel saja yang dijual belikan. Namun ada pula mobil hybrid bekas yang kini juga diminati beberapa konsumen mobil bekas.

Beberapa pabrikan otomotif di Indonesia menghadirkan mobil hybrid. Seperti Toyota, Nissan dan Honda dan Suzuki. Model dari mobil hybrid yang ditawarkan dari para produsen otomotif itu juga beragam, mulai dari sedan, SUV, hatchback, hingga MPV.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai rekomendasi mobil hybrid bekas yang beredar di Indonesia. Alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu mobil hybrid?

Mobil hybrid adalah mobil yang memiliki dua mesin penggerak, yakni mesin bensin konvensional dan motor listrik. Dalam menjalankan mobil, kedua mesin penggerak tersebut berjalan secara bergantian pada situasi tertentu.

Sebagai contoh, saat mobil dalam kecepatan rendah, maka mobil hybrid akan menggunakan mesin motor listrik sebagai tenaga penggeraknya. Kemudian ketika baterai yang digunakan habis, maka sistem akan mengubahnya secara otomatis beralih ke mesin bensin.

Meski mobil dengan mesin hybrid masih mengonsumsi bensin, tapi tentu dalam hal ini akan jauh lebih irit dibandingkan dengan jumlah konsumsi dari mobil non hybrid. Pasalnya ketika mesin mobil hybrid dinyalakan, maka mesin yang menggunakan bahan bakar minyak tidak akan hidup sama sekali alias menggunakan motor listrik.

Hebatnya, Semua sistem kelistrikan yang ada pada mobil akan digerakkan dengan tenaga baterai, mulai dari power window, audio maupun AC.

Nah, mu tahu apa saja rekomendasi mobil hybrid bekas yang beredar di Indonesia. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Toyota Prius (Mulai Rp 190 Jutaan)

mobil hybrid bekas
Toyota Prius

Rekomendasi mobil hybrid bekas yang pertama adalah Toyota Prius. Mobil dengan model sedan ini bisa dibilang sebagai pionir mobil hybrid. Di Indonesia sendiri, Prius mulai mengaspal sekitar tahun 2007 sebagai generasi kedua secara global.

Baca juga  7 Mobil Hybrid di Indonesia, Harganya Semakin Terjangkau

Mobil ini sudah lahir sebanyak 4 generasi dengan berbagai ubahan desain dan teknologinya. Salah satu teknologi baru yang disematkan pada Prius adalah Hybrid Synergy Drive (HSD).

HSD merupakan sebuah sistem yang akan mengatur keseimbangan antara mesin bensin dan motor listrik. Pada sistem ini, motor listrik juga akan berperan penting dalam menghasilkan tenaga ekstra untuk mencapai tenaga maksimal.

Tidak hanya itu saja, hadirnya HSD juga membuat jarak tempuh dari motor listrik Prius menjadi lebih jauh.

Prius menggendong mesin Atkinson Cycle berkapasitas 1.5 liter. Mesin ini mendapatkan penyempurnaan dengan kemampuan menghasilkan daya yang jauh lebih besar yaitu 78 dk.

Tidak hanya dayanya yang jauh lebih besar, efisiensi bahan bakar dari mobil ini juga klaim mengalami peningkatan.

2. Honda CR-Z (Mulai Rp 280 Jutaan)

mobil hybrid bekas - honda cr-z
CR-Z adalah mobil sport hybrid kepunyaan Honda

Honda sesungguhnya juga punya mobil hybrid bernama CR-Z, pernah dijual pada 2010. Walau demikian, produk ini tidak bertahan lama lantaran pada 2016 disuntik mati.Jika ingin punya, kamu bisa beli mobil hybrid bekas tersebut dengan banderol mulai Rp 280 jutaan.

Keunggulan dari Honda CR-Z punya tampilan layaknya mobil sport. Lalu dimensinya juga ringkas. Soal performa tidak perlu diragukan, pakai mesin 1.500 cc dengan kombinasi motor elektrik.

3. Toyota Camry Hybrid (Mulai Rp 220 Jutaan)

Sejarah Toyota Camry
Toyota Camry Hybrid 2012. Sedan Hybrid pertama Toyota di Indonesia.

Rekomendasi mobil hybrid bekas selanjutnya adalah Toyota Camry hybrid. Kendaraan yang mendapat julukan ‘mobilnya para Menteri’ ini sudah memiliki sistem hibrida sejak XV50 alias generasi ke-7.

Jadi kalau kamu mau meminangnya, ada banyak pilihan. Banderolnya pun berbeda-beda, tergantung tahun produksi. Paling murah sekitar Rp 220 jutaan. Terjangkau bukan?

Baca juga  Mobil Pertama Huawei Seres SF5 Muncul, Masih Hybrid

Camry Hybrid mengusung mesin berkapasitas 2.5 L berteknologi hybrid synergy drive yang membuat produk ini lebih ramah lingkungan. Toyota mengklaim, mobil ini lebih hemat BBM hingga 24%.

4. Nissan Kicks e-Power (Mulai Rp 385 Jutaan)

mobil hybrid bekas
Nissan Kicks e-Power

Kemudian, untuk rekomendasi mobil hybrid selanjutnya ada Nissan Kicks e-Power. Mobil ini memang tergolong baru, lantaran meluncur sejak 2020. Hanya saja sekarang, sudah banyak versi bekasnya. Banderol untuk Kicks e-Power bekas sekitar Rp 385 jutaan.

Salah satu yang menarik dari mobil Nissan ini, sesungguhnya ada di teknologi hybridnya. Di mana mesin bensin hanya hadir sebagai genarator untuk mengisi baterai. Sementara yang menggerakkan roda adalah motor elektrik.

Dengan sistem hybrid seperti itu, Nissan Kicks e-Power bisa menghemat bahan bakar dengan sangat baik. Ditambah lagi, rasa berkendaranya persis seperti mobil listrik.

Kemudian yang juga menarik dari spesifikasi Nissan Kicks e-Power, motor listriknya bisa dikendalikan dengan satu pedal saja. Dengan fitur tersebut, pengemudi bisa berakselerasi serta memperlambat kendaraan hanya dengan mengoperasikan satu pedal atau disebut sebagai one-pedal operation.

Soal fitur, Mobil ini sudah dilengkapi  vehicle dynamic contorl (VDC), 6 SRS Airbags, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan brake assist (BA), serta intelligent race control (ITC).

Selain itu, ada pula fitur intelligent cruise control (ICC), intelligent forward collision warning (IFCW), intelligent emergency braking (IEB), blind spot warning system (BSW), dan hill start assist (HSA).

5. Toyota Corolla Cross Hybrid (Mulai Rp 435 Jutaan)

mobil hybrid bekas
Toyota Corolla Cross hybrid

Rekomendasi mobil Hybrid bekas selanjutnya adalah Toyota Corolla Cross Hybrid. Mobil ini juga tergolong baru, lantaran meluncur pada 2020. Hanya saja versibekasnya sudah banyak beredar di pasaran. Banderol termurahnya sekitar Rp 435 jutaan.

Keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid, dibekali mesin 2ZR-FXE DOHC 4-silinder berkapasitas 1.798 cc dengan teknologi VVTi. Hasilnya, di atas kertas mampu meraih tenaga 98 PS serta torsi puncak 142 Nm. Ada pula tambahan performa dari motor listriknya yaitu tenaga maksimum 72 PS dengan torsi sebesar 162 Nm.

Baca juga  Toyota C-HR Hybrid 2021 Meluncur, Semakin Canggih

Soal fitur, Corolla Cross Hybrid sudah dilengkapi dengan fitur NFC yang bisa membaca saldo uang elektronik. Kemudian ada pula fitur rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

6. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid (Mulai Rp 130 Jutaan) 

kelebihan dan kekurangan mobil diesel
Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, masuk dalam daftar mobil diesel paling irit

Salah satu rekomendasi mobil hybrid bekas paling terjangkau adalah Suzuki Ertiga Diesel. MPV ini terbilang langka, karena memang dijual dalam waktu kurang lebih satu tahun di Indonesia alias periode 2017-2018. Setelahnya disuntik mati.

Kelebihan Ertiga Diesel hybrid adalah konsumsi bahan bakarnya irit. Pakai mesin peminum solar berkubikasi 1.300 cc yang dikombinasikan teknologi mild hybrid. Tertarik punya? Di pasar mobil bekas, harganya kini mulai Rp 130 jutaan.

7. Toyota C-HR Hybrid (Mulai Rp 385 Jutaan)

mobil hybrid bekas - toyota c-hr
C-HR Hybrid salah satu opsi yang bisa dibeli di pasar mobil bekas

Pilihan mobil hybrid bekas selanjutnya adalah Toyota C-HR Hybrid. Kendaraan ini kurang lebih punya jantung seperti Corolla Cross Hybrid, hanya saja dari sisi tampilan jauh lebih sporty.

Toyota C-HR Hybrid sesungguhnya adalah SUV unik yang desainnya berbeda dari mobil lain. Cocok buat kamu dengan preferensi tampil beda. Kalau tertarik beli C-HR Hybrid, banderolnya di pasar mobil bekas kini Rp 385 jutaan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil hybrid bekas. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru