by

5 Modifikasi BeAT yang Bisa Jadi Inspirasi

Modifikasi BeAT – Para penikmat motor modifikasi, sering kali tak puas dengan desain motor standar. Alhasil, banyak pemilik kendaraan akhirnya memutuskan untuk mengubah tampilan kendaraan, agar dapat memuaskan keinginan.

Terkadang, pemilik motor pun rela untuk mengeluarkan dana lebih. Agar motor kesayangannya itu dapat terlihat tampil beda dari motor-motor pada umumnya.

Belakangan, tren modifikasi skuter matik (skutik) pun kian digandrungi di Indonesia. Salah satu motor yang paling banyak di modifikasi adalah Honda BeAT.

Skutik andalan Honda itu terbilang cukup asyik untuk di modifikasi. Beragam aliran modifikasi pun bisa diaplikasikan pada Honda BeAT.

Sebagai contohnya mungkin modifikasi BeAT ala thailook, drag bike, road race, ring 17 dan masih banyak lagi. Sebelum jauh melangkah lebih dalam mengenai modifikasi BeAT yang kamu bisa aplikasikan.

Kali ini Moladin akan memberikan sedikit tips modifikasi motor BeAT yang mungkin bisa kamu tiru. Modal yang perlu dikeluarkan pun cenderung bisa kamu sesuaikan, lho!

Penasaran seperti modifikasi BeAT yang bisa jadi rekomendasi buat kamu? Simak ulasan ini sampai habis:

Tips Modifikasi Motor BeAT

modifikasi motor BeAT karbu
Honda BeAT karbu standar, sering dijadikan bahan modifikasi

Modifikasi motor BeAT karbu merupakan yang paling umum dilakukan. Alasannya, murah dari sisi bahan. Beat karbu juga enak untuk diotak-atik.

Buat kamu yang belum tahu Beat karbu, motor ini adalah generasi pertama dari Honda Beat di Indonesia. Tampilannya tidak berbeda jauh dari Beat yang dijual sekarang. Hanya saja ada pilihan pelek jari-jari dan masih pakai karburator untuk sistem penyemprotan bahan bakar.

Walau demikian, ketika kamu ingin memodifikasi BeAT generasi di atasnya yang sudah injeksi juga tidak masalah. Semua kembali lagi tergantung preferensi yang kamu inginkan.

Sebelum memulai modif Beat, alangkah baiknya kamu mempelajari dahulu sejumlah aliran modifikasi yang bisa kamu aplikasikan. Pasalnya jika salah-salah, hasil modifikasi tidak akan maksimal. Belum lagi, kamu tentunya perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan ubahan lainnya.

Ada beragam jenis modifikasi yang cocok untuk diaplikasikan pada Honda BeAT karbu. Sebagai gambaran kamu bisa mainkan bodi dengan warna-warna yang sedikit berbeda seperti sentuhan airbrush.

Modifikasi motor BeAT dengan konsep airbrush juga cukup enak dipandang, Sob! Namun yang pasti kamu perlu menyiapkan dana lebih untuk biaya pengecatannya.

Lebih jauh, BeAT karbu modif yang kamu bisa jadikan acuan mungkin mengusung konsep modifikasi thailook. Banyak masyarakat yang melakukan modifikasi dengan sentuhan thailook. Konsep modifikasi yang satu ini, biasanya menjadi pilihan anak muda di Indonesia.

Baca juga  5 Ide Modifikasi CB150R, Pilih yang Mana?

Masih banyak lagi konsep modifikasi BeAT karbu yang mungkin bisa jadi pilihan untukmu. Sebagai gambaran, sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk melakukan modifikasi.

Sebaiknya kamu melakukan ‘hunting’ suku cadang yang mungkin dibutuhkan untuk mendukung modifikasi motor BeAT yang kamu punya. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan bujet dengan konsep yang kamu dambakan.

Beruntung saat ini dengan perkembangan era digital, kamu dengan mudah bisa mencari-cari ketersediaan suku cadang yang dibutuhkan via online. Jadi kamu bisa punya gambaran, sebelum akhirnya memutuskan untuk modifikasi kendaraanmu.

Dalam modifikasi, kamu juga perlu perhatikan aspek kesealamatan dan kenyamanan. Artinya motor jangan sampai cuma punya tampilan keren, tapi saat diajak berkendara justru menyusahkan. Kecuali, kamu memang ingin membuat motor modifikasi untuk keperluan tertentu seperti kontes atau balapan.

Tanpa berpanjang lebar, berikut ini Moladin akan memberikan refrensi BeAT karbu modif yang bisa jadi acuan. Buat kamu yang ingin modifikasi Honda BeAT.

1. Modifikasi BeAT dengan Sentuhan Airbrush

Modifikasi BeAT dengan sentuhan airbrush
Contoh modifikasi BeAT dengan konsep airbrush, kece. Hanya saja butuh biaya yang tidak murah untuk mengaplikasikannya.

Bosan dengan tampilan Honda BeAT karbu yang kamu punya? Mungkin kamu bisa mulai berkreasi dengan mengubah cat dasar motor dengan model airbrush, Sob!

Mengubah cat standar dengan cat airbrush tentunya bisa jadi rekomendasi kamu yang mau modifikasi BeAT. Ubahan cat tentunya akan mendongkrak tampilan jadi terasa istimewa.

Penggunaan airbrush pada sepeda motor, nyatanya mampu membuat tampilan motor kamu lebih unik dan tampil beda dari yang lain. Modifikasi BeAT airbrush sendiri kerap menjadi pilihan banyak masyarakat.

Langkah pertama untuk memulainya adalah dengan merancang desain yang akan kamu gunakan. Mungkin kamu bisa mengombinasikan berbagai warna untuk menghasilkan desain abstrak yang memukau atau menggunakan gambar-gambar karakter dari tokoh fiksi favorit kamu.

Bagi kamu yang tertarik melakukan modifikasi BeAT seperti ini, memilih jasa pengecatan airbrush yang tepat akan membantu kamu terhindar dari hasil yang norak. Soal perawatan, matahari menjadi tantangan utama.

Sebisa mungkin, hindari memarkir motor di tempat terbuka. Karena bisa menyebabkan kerusakan pada airbrush hingga warna menjadi pudar.

Sebaiknya kamu cuci motor secara rutin untuk mempertahankan kualitas airbrush. Sebagai informasi, mencuci motor terlalu sering tidak akan merusak airbrush, karena umumnya telah dilapisi pernis.

Tapi, dalam proses mencucinya, kamu disarankan untuk menggunakan sabun yang tepat agar tidak merusak lapisan pernis. Kelemahannya, modifikasi jenis ini begitu rawan ditilang. Apabila warna yang digunakan tidak sesuai dengan yang ada di STNK.

Baca juga:

Baca juga  Spesifikasi SYM Fiddle LT, Skutik Retro Rival Honda Scoopy

2. BeAT Karbu Modif Drag Bike

modifikasi motor beat karbu
Konsep modifikasi BeAT drag bike

Pilihan modifikasi motor BeAT karbu berikutnya adalah aplikasi gaya drag bike. Konsep kali ini banyak digunakan oleh para penikmat dunia balap.

Sepeda motor dengan tampilan standar pun berubah wujud jadi lebih kerempeng yang menjadi ciri khas dari modifikasi drag bike. Tak jarang, banyak modifikasi BeAT karbu drag bike ini tidak menggunakan bodi sama sekali alias kerangka saja.

Nah, yang pasti untuk modifikasi seperti itu tidak disarankan untuk penggunaan harian. Jika benar diperuntukan untuk ajang balap, kamu perlu menghilangkan beberapa bagian bodi motor guna mengurangi bobot motor.

Di sisi lain, pemilik sepeda motor wajib mengatur ulang putaran mesin untuk mendapatkan kinerja yang lebih gahar. Suspensi motor juga perlu diubah, agar akselerasinya semakin maksimal.

Sejumlah komponen perlu mendapatkan penyesuaian. Alangkah baiknya kamu mengganti dengan part racing. Biaya yang diperlukan tentunya bukanlah perkara sedikit untuk modifikasi BeAT yang satu ini. 

Sentuhan terakhir yang tak boleh ketinggalan adalah memasang stang jepit. Untuk menunjang kesan drag bike makin menonjol. Gimana tertarik modifikasi drag bike? Pastinya dengan sejumlah ubahan di atas, kamu tidak bisa menggunakan motor ini untuk menunjang kesaharian.

3. Modifikasi Honda BeAT Thailook

Modifikasi Honda BeAT Thailook
Ide modifikasi BeAT thailook ini biasa dipilih anak muda

Thailook menjadi salah satu ide yang sering mencuri perhatian penikmat modifikasi motor. Umumnya ide ini diaplikasikan untuk motor bebek dan matik. Jadi buat kamu para pemilik BeAT, mungkin modifikasi thailook bisa jadi salah satu refrensi.

Modifikasi BeAT ala thailook ini identik dengan penampilannya yang meriah, mulai dari penambahan beragam aksesori hingga penggunaan warna terang yang mencolok sebagai hiasan bodi motor.

Tak jarang, modifikasi BeAT thailook ini jadi pilihan tepat bagi kamu pengguna BeAT yang berjiwa muda. Ubahan yang perlu dilakukan antara lain kamu perlu mengubah jok motor jadi lebih tipis dari versi standarnya.

Jok bisa dilapisi dengan kain glossy untuk mendukung penampilan thailook lebih mencolok. Dalam menunjang tampilannya, biasanya modifikasi thailook didukung dengan pelek model jari-jari berukuran 17 inci.

Penggunaan ban pun cenderung tipis alias ban cacing. Untuk yang satu ini kamu juga wajib tahu, bahwa penggunaan ban cacing dapat melanggar hukum. Di sisi lain, penggunaan ban cacing ini juga dapat membuat kamu celaka, apalagi ketika musim hujan tiba.

Sekadar gambaran untuk kamu, sebagian besar modifikasi BeAT thailook biasanya terpusat pada ubahan tampilan saja. Sementara bagian rangka dan mesin tak perlu mendapatkan sentuhan ubahan.

Baca juga  4 Skutik Yamaha 125cc Harga Mulai Rp 19 Jutaan, Pilih yang Mana?

4. Modifikasi Simpel Untuk Honda BeAT Karbu

modifikasi motor beat karbu
Contoh modifikasi BeAT simpel, cukup ganti pelek saja

Ide modifikasi motor BeAT karbu selanjutnya, bisa mengganti pelek menggunakan ring 17 layaknya motor sport. Konsep yang satu ini sejatinya tak jauh berbeda dengan konsep thailook. Bahkan lebih sederhana.

Jika ingin mengaplikasikannya, kamu cukup mengubah pelek saja. Kamu perlu memerhatikan pemasangan pelek. Jangan sampai asal-asalan, karena bisa  mengakibatkan dampak yang fatal.

Oh iya, banyak pengendara yang menggunakan ban cacing dalam modifikasi ring 17. Sebenarnya sah-sah saja, tetapi ban cacing memiliki banyak kekurangan. Bagi kamu yang belum tahu, ukuran ban sejatinya menyesuaikan dengan dimensi motor.

Apabila kamu menggunakan ban cacing yang ukurannya lebih kecil dari ban standar. Maka akan berpengaruh pada kecepatan motor. Penggunaan ban cacing juga rawan bocor, akibat beban yang ditanggung tidak ideal.

Oleh karena itu, bila memang tetap memilih menggunakan ban cacing, kamu tidak disarankan  memacu kendaraan secara kencang agar tidak cepat bocor.

5. Usung Konsep Modifikasi BeAT Road Race, Menarik Lho!

Honda BeAT Road Race
Contoh modifikasi BeAT ala Road Race, tampilan makin gahar!

Terakhir kamu bisa menerapkan ide modifikasi BeAT dengan tema road race. Gaya road race identik dengan warna yang tegas dengan tampilan yang mencolok. Bagi kamu yang hobi balapan, bisa coba mengaplikasikan ide modifikasi motor BeAT yang satu ini.

Modifikasi road race umumnya hanya mengganti beberapa komponen seperti suspensi, knalpot, warna motor, dan beberapa ada yang mengatur ulang mesin agar tampil lebih gahar.

Soal ring pelek, model BeAT road race bisanya masih menggunakan ring standar sehingga kamu tak perlu repot memodifikasinya. Selain cocok digunakan untuk keperluan kontes balapan, modifikasi seperti ini tidak memengaruhi kenyamanan berkendara saat digunakan untuk rutinitas harian.

Kelebihannya motor tampak sportif seperti motor balap. Hanya saja untuk penggunaan harian, kamu tetap bisa mempertahankan berbagai komponen legal untuk jalan raya. Sebut saja lampu depan, rem, dan spion jangan sampai ikut dicopot.

Itulah lima konsep modifikasi BeAT yang bisa kamu tiru. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu yang ingin modifikasi BeAT karbu.

Selamat berkreasi dan jangan lupa untuk tetap memerhatikan keselamatan berkendara, ya!

Baca Juga :

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

  1. I’ve been exploring for a little for any high-quality articles or weblog posts in this kind
    of house . Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this site.
    Reading this information So i am satisfied to express
    that I have a very just right uncanny feeling I came upon just what I needed.
    I so much indubitably will make sure to don?t disregard this web site and provides it a look
    regularly.

Terbaru