by

Sejarah Toyota Rush, Sudah Dua Generasi

Sejarah Toyota Rush berawal dari tahun 2006. Kembaran Daihatsu Terios ini langsung mendapat sambutan hangat dari konsumen segmen Low Sport Utility Vehicle alias LSUV.

Menyandang status sebagai LSUV, tampilan Rush ketika itu tersaji dengan desain yang gagah. Khas sekali jip.

Pada bagian belakang terdapat ban cadangan yang menggantung di pintu bagasi. Oleh karenanya Rush generasi pertama ini disebut juga sebagai Rush Konde. Interiornya juga masih menggunakan konfigurasi 5-seater, kecuali lansiran 2016 varian tertinggi.

Kemudian pada 2017 atau setelah 11 tahun, revisi menyeluruh diberikan. Sejarah Toyota Rush berlanjut dengan tampilan yang lebih modern. Meninggalkan aura jip, kini lebih condong ke arah SUV perkotaan.

Ciri khasnya tampak dari dimensi yang lebih rendah namun lebih panjang. Ban serep di bagasi belakang juga hilang.

Dengan dimensi lebih panjang, maka interior Rush generasi kedua juga semakin nyaman. Apalagi kini seluruh variannya sudah menggunakan konfigurasi bangku 7-seater.

Ingin tahu lebih detail soal sejarah Toyota Rush di Indonesia, sekaligus evolusinya dari tahun ke tahun? Berikut bahasan lengkapnya.

Toyota Rush Generasi Pertama 2006-2016

  • Meluncur Pertama Kali Tahun 2006

Sejarah toyota rush
Sosok Toyota Rush lansiran awal

Toyota Rush pertama kali meluncur pada tahun 2006. Soal varian, ditawarkan dengan tiga pilihan: G Manual 5-speed, S Manual 5-speed, serta S Otomatis 4-speed. Selain itu, untuk pilihan warna ada biru, merah, silver, hitam dan champange.

Lalu untuk mesinnya mengusung kode 3SZ-VE, berteknologi DOHC berkapasitas 1.500 cc 4-silinder dengan teknologi VVT-i. Tenaganya diklaim sebesar 109 PS serta torsi maksimum 145 Nm. 

Sementara itu untuk dimensi, memiliki panjang 4.420 mm, lebar 1.745 mm, serta tinggi 1.740 mm. Bicara eksterior, pada bagian lampu utama sudah dilengkapi dengan proyektor. Selain itu, grille berbentuk trapesium serta terdapat logo Toyota di tengahnya. Sementara itu di bagian bumper depan terdapat lubang udara dan fog lamp yang membuat bagian depan mobil ini terlihat lebih sporty.

Baca juga  Toyota Umumkan Harga Raize 1.200 cc, Lebih Murah!

Meski desain terbilang sederhana, namun penjualan Toyota Rush pada tahun 2007 cukup membanggakan. Yaitu mampu meraih angka kisaran tiga puluh ribuan unit.

Pada bagian interior, desain yang diusung terlihat simpel dan sederhana. Fitur audio masih menggunakan single din dan pengoperasian AC masih menggunakan knop putar.

Kapasitas penumpangnya cuma mampu membawa lima orang, dengan jok yang dibungkus bahan fabric warna abu-abu yang selaras dengan warna doortrim.

  • Facelift Tahun 2009, Muncul Rush Varian G Bertransmisi Otomatis

Sejarah toyota rush

Mendapat sambutan yang positif dari awal kehadirannya, Toyota Rush sedikit bersolek di tahun 2009. Adalah pada bagian eksterior mendapat sedikit ubahan pada bagian grill, tampil lebih modern dengan desain persegi panjang serta dilengkapi foglamp dan lubang udara pada bumpernya.

Setelah itu, pada 2010, Toyota Rush meluncurkan varian G transmisi otomatis. Kemudian ada dengan sedikit penyegaran pada bagian eksterior dengan sentuhan aksen krom pada beberapa bagian.

Buat kamu yang belum tahu, varian G merupakan trim termurah di kelas Rush. Awalnya cuma tersedia dalam transmisi manual. 

Selain itu, Toyota juga menawarkan opsional dua bangku tambahan untuk di bagian belakang pada 2010. Hal ini untuk mengakomodir kebutuhan konsumen yang menginginkan kabin muat 7-orang.

  • Tahun 2013, Muncul Toyota Rush S TRD Sportivo

toyota rush s trd sportivo 2013
Rush S TRD Sportivo menjadi varian tertinggi

Pada tahun 2013, sejarah Toyota Rush kembali bergulir. Rush menghadirkan varian baru yakni TRD Sportivo menggantikan varian Rush S.

Ubahan cukup kental terasa, adalah pada bagian front bumper spoiler rear bumper spoiler, serta disematkannya emblem TRD Sportivo pada bagian belakang dan stiker TRD Sportivo pada bagian sampingnya. Tak lupa garis tipis berwarna merah juga disematkan pada bagian bumper untuk menandakan varian TRD Sportivo.

Tak hanya itu saja, fitur-fiturnya juga lebih lengkap dari generasi sebelumnya. Pada Rush lansiran 2013 sudah mengadopsi dual SRS airbag, pretensioner, serta indikator pengingat seat belt dan juga fitur bawaan sebelumnya yaitu ABS.

  • Tahun 2016 Muncul Rush 7-Seater

Sejarah toyota rush
Rush TRD Sportivo Ultimo mampu menampung 7-penumpang

Memasuki tahun 2016, Toyota Rush kembali meneruskan estafet sejarah Toyota Rush dengan menampilkan varian tertinggi baru dengan kapasitas tujuh penumpang. Nama TRD Sportivo juga mendapat ubahan menjadi TRD Sportivo Ultimo.

Baca juga  Toyota Fortuner Hybrid Siap Meluncur, Sebentar Lagi?

Tampilannya lebih modern dan sporty berkat disematkanya lampu LED serta bagian bumper bawah dan spoiler TRD Sportivo Ultimo dan desain velg alloy baru bergaya two tone.

Selain ubahan minor pada desain eksteriornya, pada bagian kaki-kaki tepatnya suspensi bagian depan dan belakang. Adalah menggunakan New Shock Absorber dan Coill Spring Dual Rate yang merupakan racikan dari TRD.

Desain dashboard Rush TRD Sportivo ini masih sama dengan Rush lawas yang baru meluncur pertama kali di 2007. Meski demikian, ada sedikit perbedaan, antara lain, head unit sudah mengusung layar sentuh dengan koneksi radio, USB, miracast, AUX hingga bluetooth, kisi AC tengah sudah berdesain anyar.

Pada bagian setir, selain mengusung desain baru, terdapat pula steering switch dibagian kiri setir untuk memudahkan mengontrol sistem audio.

Begitu juga dengan diesain kabin interiornya yang lebih elegan dengan dominasi warna hitam serta kombinasi kelir hitam dengan garis tipis merah.

Soal mesin, Rush TRD Sportivo Ultimo masih menggunakan mesin yang sama dengan Rush lansiran 2007. Yaitu mesin 3SZ-VE DOHC berkapasitas 1.500 cc 4-silinder dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Tenaganya diklaim sebesar 109 dk serta torsi maksimum 145 Nm.

Toyota Rush Generasi Kedua

Sejarah toyota rush
Toyota Rush generasi kedua dengan tampilan yang lebih manis khas SUV perkotaan

Sejarah Toyota Rush kembali terukir pada tahun 2017. Pabrikan berlogo T meluncurkan All New Rush atau model generasi kedua dengan konsep “Modern & Dynamic”.

Ciri khasnya kini tidak lagi mengandalkan sosok jip yang gagah. Melainkan berubah jadi lebih manis khas SUV perkotaan. Ban serep atau konde di belakang bagasi hilang. Kemudian dimensi jadi lebih panjang dan lebih rendah.

Baca juga  Harga Avanza FWD 2021, Masih Terjangkau!

Interior All New Rush didesain dengan konsep “True 7 Seater SUV”. Artinya dilengkapi dengan 7 seatbelt tiga titik dan 7 head rest, sehingga nyaman untuk menampung 7-orang.

Hadir dengan pilihan dua varian, G dan TRD Sportivo. Keduanya sudah mengusung teknologi start stop engine. Pada bagian interior, bagian panel depan dilapisi dengan material yang lembut agar terlihat semakin eksklusif.

Fitur juga lebih baik, kini pakai layar sentuh 7 inci. Ada pula delapan unit speaker, smart entry, hinggga Auto AC. Tidak ketinggalan untuk keselamatan, Rush memiliki punya 6 SRS Airbags, vehicle stability control (VSC), 7-seat belt indicators, anti-lock braking system (ABS), hill start assist (HSA), dan emergency brake signal (EBS).

Kemudian untuk mesin, kini sudah mengadopsi kode baru yaitu 2NR-VE dengan teknologi Dual VVT-i. Walau begitu, anehnya dari sisi performa jadi lebih kecil. Torsi puncaknya cuma 136 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 104 PS pada 6.000 rpm. Mungkin maksudnya agar konsumsi BBM semakin irit.

  • Tahun 2021, Rush GR Sport Gantikan TRD Sportivo

mobil suv murah - toyota rush
Toyota Rush GR Sport merupakan varian tertingginya

Pada tahun 2021, Toyota merilis varian Rush dengan nama baru, yaitu Toyota Rush GR Sport, menggantikan varian TDR Sportivo. Desain eksterior tidak berbeda banyak.

Ada pula fitur baru yaitu idling stop system (IDS) untuk menambah efisiensi konsumsi bahan bakar. Cara kerjanya dengan menonaktifkan mesin secara otomatis ketika mobil berhenti di kemacetan.

Rush GR Sport tidak hanya hadir dengan tampilan eksterior yang lebih sporty, tapi juga dibekali dengan beberapa improvement yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih kepada penggunanya ketika berkendara,” seperti dikutip dari rilis resmi Toyota

Moladiners,itulah ulasan mengenai sejarah Toyota Rush di Indonesia. Untuk informasi otomotif menarik lainnya pantau terus Moladin.com.

Terbaru