Beli Motor Baru? Siapkan 4 Biaya Servis Bulanan Berikut Ini

Moladin – Motor yang baru dibeli harus mendapat perawatan yang cukup supaya awet lho, Moladiners. Kalau dibiarkan tanpa perawatan bisa-bisa masa pakai motor jauh berkurang dan jadi gampang rusak. Supaya tidak mengalami hal itu, yuk kita kenali sama-sama apa saja perawatan bulanan yang dibutuhkan oleh motor baru kalian.

 

1. Rutin Mengganti Oli

Rutin ganti oli mesinSelalu mengganti oli mesin sesuai jadwalnya

Mengganti oli motor adalah hal yang tidak boleh kalian lewatkan setiap bulannya. Oli berfungsi sebagai pelumas bagi komponen-komponen dalam motor dan melapisi komponen tersebut supaya tidak terekspos langsung dengan udara serta air.

Apabila komponen-komponen ini sering berkontak dengan udara dan air maka karat pun akan cepat menyambangi motor kalian. Dengan kata lain oli adalah bahan perawatan yang cukup penting supaya komponen dan mesin motor Moladiners bisa awet dan berjalan dengan baik.

Namun tidak sembarang oli yang bisa kalian gunakan untuk merawat motor, Moladiners. Kalian disarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik di bengkel yang terpercaya sebelum menggunakan oli jenis tertentu.

 

Suzuki GSX 150 Bandit

*DP mulai dari

 

Moladiners juga tidak disarankan untuk berganti-ganti merk dan jenis oli karena memiliki potensi merusak mesin motor yang baru kalian beli. Karena alasan yang sama, gunakanlah oli yang sama, baik itu merk dan jenisnya sedari awal. 

Lalu, berapa biaya yang harus kalian keluarkan untuk mengganti oli setiap bulannya? Jawaban tentu bergantung pada merk dan jenis oli yang digunakan, namun Moladiners akan dikenakan biaya sekitar Rp 45 ribu untuk oli standar. Adapun oli yang memiliki kualitas di atas rata-rata harganya sekitar Rp 150 ribu per/liter. 

 

2. Tune Up Bulanan

Tune up setiap bulanServis rutin bulanan juga jangan sampai terlewat

Untuk mengetahui kondisi kendaraan bermotor biasanya para mekanik melakukan tune-up bagi motor kesayangan kalian. Apa saja yang akan diperiksa oleh mekanik dalam proses tune-up ini? Simak daftarnya berikut:

  • Tune-up bulanan akan mengecek kondisi ban motor, baik itu tekanan maupun kondisi kembangan ban.
  • Servis bulanan ini juga termasuk pengecekan rantai motor. Mekanik akan memastikan bahwa tegangan rantai dalam kondisi yang prima.
  • Tune-up bulanan juga termasuk pembersihan area karburator dan radiator. Area lain yang bisa turut dibersihkan adalah saringan udara. 
  • Pengecekan pada alat Engine Control Unit atau ECU dan  Continuously Variable Transmission (CVT) motor. Hal paling umum yang terjadi pada CVT adalah suara berdecit akibat penumpukan kotoran.
  • Servis bulanan pastinya juga akan memastikan kondisi lampu motor, baik itu lampu depan, lampu belakang, lampu sign, dan bunyi klakson.

Berapa kira-kira biaya yang harus Moladiners keluarkan untuk biaya pengecekan yang begitu banyak? Tenang saja, tidak mahal kok, kalian hanya akan dikenakan biaya kurang lebih Rp 75 ribu di luar biaya penggantian suku cadang.

Jadi, saat mekanik menemukan kerusakan pada salah satu komponen motor biasanya pihak bengkel akan memberitahu kalian dan menginformasikan berapa harga sparepart yang harus diganti supaya performa motor kalian selalu canggih.

Kalau Moladiners tidak mau ganti saat itu juga tidak apa-apa kok, siapa tahu saat tune-up bulanan dilakukan kalian sedang tidak mempunyai uang lebih. Sobat Moladin bisa menunggu sampai uang pembelian sparepart terkumpul, baru kemudian mengganti suku cadang yang rusak.

Baca juga;

 

3. Memeriksa Kondisi Rem Motor

Periksa kondisi remRajin-rajinlah untuk mengecek pengereman

Moladiners pasti sepakat apabila rem motor adalah salah satu komponen penting yang harus dijaga kondisinya. Bahaya banget lho, sob, kalau rem motor sampai blong. Resiko kecelakaan pun sangat susah dihindarkan. Oleh karena itu pemeriksaan rutin kondisi rem wajib dilakukan. 

Rem motor sendiri terbagi atas dua bagian yaitu rem depan dan rem belakang. Mekanik yang melakukan pemeriksaan bulanan biasanya akan mengecek pakem tidaknya rem motor kalian serta kondisi kampas rem. Apabila kampas rem sudah menipis ada baiknya sobat Moladin segera menggantinya. 

Harga kampas rem ini juga tidak terlalu mahal. Untuk kampas rem depan yang berupa cakram harganya kurang lebih Rp 45 ribu. Sedangkan kampas rem tromol bagian belakang harganya berkisar Rp 35 ribu.

Awet tidaknya kampas rem bergantung pada penggunaan motor secara harian. Apabila Moladiners setiap harinya cukup sering melakukan pengereman mendadak, maka bisa dipastikan kondisi kampas rem butuh penggantian. 

 

4. Penggantian Suku Cadang

Penyaring udara motorBeberapa suku cadang juga jangan sampai lupa untuk diganti

Selain oli yang harus diganti tiap bulan, beberapa suku cadang memang ditakdirkan tidak berusia lama, seperti roller dan V belt. Apabila mekanik menyarankan kalian untuk mengganti roller saat melakukan servis bulanan, maka harga suku cadang ini di pasaran ada di kisaran Rp 20 ribu.

Adapun V belt harganya lebih mahal, biasanya ditawarkan mulai harga Rp 75 ribu hingga Rp 150 ribu. Tidak terlalu mahal sebenarnya, tapi kalau semua suku cadang harus diganti dalam waktu bersamaan memang akan sangat terasa sekali efeknya buat kantong Moladiners.

 

Honda CB150 Verza

*Angsuran mulai dari

 

Nah, sudah tahu tahu kan perawatan apa saja yang harus kalian terapkan pada motor yang baru dibeli? Jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan ya supaya motor baru kalian awet dan terjaga kondisinya. Selamat melakukan servis bulanan, Moladiners!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *