Mau Modifikasi Ban Motor? Hal Ini Wajib Jadi Perhatian

Moladin – Banyak orang yang memilih modifikasi ban motor kesayangannya, beragam alasan muncul kenapa hal ini sering dilakukan, salah satunya karena merasa tidak puas dengan ban standard dari pabrikan. Sehingga mengganti ukuran ban standar dengan ukuran yang dikehendaki.

Nah, kalau moladiners adalah salah satu orang yang hobi modifikasi ban motor, wajib banget tahu nih hal apa aja si yang perlu diperhatikan, mengingat kini mulai booming modifikasi dengan ukuran ban yang sangat besar, dan mengganti ban motor dengan tipe ban tahu atau yang umum disebut dengan ban trail.

 

Pilihlah Ukuran Ban Sesuai Dengan Anjurannya

Kalau mau mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar atau kecil, itu sebenernya tidak dilarang, sah-sah saja dilakukan, asalkan masih sesuai dengan aturannya. Hal yang perlu diperhatikan adalah selisih ukuran lebar ban dan pelek, idealnya plus minus dua tingkat.

Misalnya, kalau Moladiners menggunakan pelek standar dengan lebar 2,75 inci dan ban standar selebar 3 inci, ukuran ban maksimalnya adalah 3,25 inci atau 100/90. Sedangkan jika ukurannya adalah 3,25 inci, maksimal ukuran bannya adalah 4 inci atau 120/70, dikutip dari laman suzuki.co.id.

modifikasi-ban-motorBan dengan ukuran 120/70

Jangan sampai mengganti ban di luar ukuran yang dianjurkan, akibatnya bisa fatal. Jika menggunakan ban dengan ukuran terlalu kecil (ban cacing), hal seperti ini membuat motor kehilangan daya cengkramnya, tentu akan tingkatkan risiko kecelakaan.

Jika mengganti ban dengan ukuran yang terlalu besar, juga berdampak pada beban roda yang semakin tinggi, pastinya membuat mesin cepat panas, tak cuman itu bahan bakar juga akan lebih boros dan mesin cepat rusak.

 

Ubah Tipe Ban Sesuai Kebutuhan

Ubahlah tipe ban sesuai kebutuhan Moladiners, tidak disarankan jika mengganti ban standard ke ban tahu bila digunakan di wilayah perkotaan. Pasalnya, ban tahu (ban trail) punya daya cengkram yang rendah terhadap aspal, sangat berisiko karena bisa sebabkan kecelakaan.

modifikasi-ban-motorBan tahu (ban trail) tidak dianjurkan untuk melahap aspal perkotaan

Buat Moladiners yang tinggal di wilayah perkampungan, sebaiknya pilih ban dual sport. Ban ini memang khusus digunakan di medan yang ekstrim, seperti wilayah pegunungan yang mayoritas jalannya dipenuhi tanah merah.

modifikasi-ban-motorBan yang cocok untuk wilayah perkampungan

So, buat Moladiners yang ingin modifikasi ban motor, benar-benar harus diperhitungkan ukuran dan tipe ban yang digunakan. Hal ini dilakukan demi keamanan, kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Ingat Motor! Ingat Moladin!

Baca Juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *