oleh

Sinyal Honda untuk Peluncuran ZR-V di Indonesia

Konsumen Indonesia pastinya sudah menunggu waktu peluncuran ZR-V. Maklum di segmen small SUV ini, Honda memang belum punya produk sama sekali. Padahal kompetitor seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, hingga Nissan Magnite sudah hadir lebih dulu.

Nah, akhirnya Honda memberi sinyal peluncuran ZR-V di Tanah Air. Walau tidak menyebut nama mobil secara gamblang, namun pabrikan berlogo H sangat tertarik dengan segmen small SUV tersebut. Apalagi pasar SUV di Indonesia terus meningkat, bahkan menjadi segmen terbesar di Indonesia.

Peningkatan penjualan SUV sangatlah signifikan. Dari cuma 15 persen pada 2017, hingga 2021 mencapai 26 persen dengan total penjualan 227.626 unit.

“Akan ada small SUV (dari Honda) yang potensial di Indonesia. Kami ingin menghadirkan produk yang melebihi ekspektasi dan kebutuhan konsumen,” kata Product Strategy Manager PT Honda Prospect Motor, Ferdianto Budiono di Bali pada Rabu (25/5/2022).

Oleh karena itulah, Honda bakal terus melengkapi lini produk miliknya termasuk di segmen small SUV. Pasalnya untuk segmen SUV sudah ada CR-V, kemudian medium SUV ada HR-V, hingga LSUV ada BR-V.

Baca juga  7 Rekomendasi Mobil yang Pakai Sunroof

Ferdianto menambahkan target pasar small SUV sesungguhnya mirip city car. Bedanya, konsumen ini menginginkan tampilan lebih gagah. Ditambah lagi fitur dan teknologinya harus canggih, lantaran kebanyakan peminatnya adalah anak-anak muda.

Kemudian soal rentang harga, small SUV yang diinginkan konsumen sekitar Rp 250 juta – 350 juta. Setidaknya itu merupakan hasil survey dari masyarakat Indonesia ketika melihat kemunculan SUV RS Concept.

Buat kamu yang belum tahu, SUV RS Concept adalah small SUV dalam bentuk purwarupa milik Honda. Mobil konsep ini pertama kali dihadirkan di GIIAS 2021, kemudian sekarang sedang diajak berkeliling Indonesia untuk meminta masukan dari para konsumen sebelun diproduksi massal. Nah SUV RS Concept tersebut ditengarai sebagai bakal ZR-V.

Spesifikasi SUV RS Concept

peluncuran zr-v
Sosok SUV RS Concept yang digadang-gadang bakal produksi massal sebagai Honda ZR-V

Peluncuran ZR-V di Indonesia sebenarnya tinggal menunggu waktu. Lalu bagaimana dengan bocoran spesifikasinya?

Kita sungguh bisa melihatnya dari SUV RS Concept. Mobil ini punya dimensi yang lebih kecil dari HR-V. Segmennya ada di antara Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan Nissan Magnite.

Baca juga  Peluncuran Honda N7X, Ini Bocorannya!

Lalu bicara tampilan, aura sporty bakal jadi tema utama. Terlebih setelah Honda menambahkan embel-embel RS di belakang namanya. Jadi penggunaan spoiler di sekujur tubuh, tidak bisa dihindari.

Bagaimana dengan mesinnya? Sampai sekarang memang belum ada informasi resmi. Walau demikian, sesungguhnya kita bisa cek lewat kompetitor.

Jika melihat si kembar Rocky dan Raize, pakai opsi mesin 1.200 cc. Kemungkinan besar jantung mekanis itu pula yang bakal digunakan saat peluncuran ZR-V di Indonesia. Toh tidak sulit mengaplikasikannya, karena Honda Brio juga punya kubikasi mesin serupa. Ditambah lagi, soal performa mesin Brio itu pun sudah sangat bertenaga.

Pertanyaan selanjutnya, apakah Honda ZR-V bakal tersedia dalam mesin 1.000 cc turbo? Spekulasi itu wajar terlempar, karena kompetitor pun memilikinya. Hanya saja memang, sampai sekarang belum ada mobil Honda di Indonesia yang menggunakannya. Jadi, perlu ada pengembangan baru.

Kemudian yang juga patut ditunggu, kemungkinan teknologi Honda Sensing di ZR-V. Kalau benar demikian, maka ZR-V bisa jadi merupakan mobil termurah Honda yang pakai fitur keselamatan canggih tersebut di Indonesia.

Baca juga  Renault Kiger Tanpa Turbo Dipastikan Masuk Indonesia

Itulah tadi bahasan soal sinyal peluncuran ZR-V di Indonesia. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru