Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi Kia EV5, Jantung Penggerak dan Proyeksi Kemunculannya di Indonesia

by Ivan
Spesifikasi Kia EV5

Bangkok International Motor Show 2024 kembali menunjukkan pamornya dengan menjadi panggung bagi peluncuran mobil baru Kia di Asia Tenggara. Ini dia spesifikasi Kia EV5 yang kerap diberi label ekstrak sang kakak EV9, atau EV9 versi hemat. Lantaran kemiripan desain meski dimensi dan kelengkapan lainnya tentu berbeda.

Kia EV5 melakukan debut global pada bulan Oktober 2023. Mengikuti filosofi desain “Opposites United”, crossover listrik berdimensi kompak ini terlihat seperti versi yang mini dari EV9 yang lebih besar.

Spesifikasi Kia EV5 memiliki proporsi tegak layaknya sebuah SUV tradisional namun dengan pahatan pengerjaan bodi yang amat baik dan presisi. Ciri khasnya yang ringan nampak di bagian depan dan belakang untuk mempertegas identitas sebagai mobil listrik yang tengah melaju di jalan.

Spesifikasi Kia EV5 Dari Segi Bodi dan Kabin

Spesifikasi Kia EV5 dan  jantung penggerak
Spesifikasi Kia EV5 dan jantung penggerak

Dari segi ukuran, dimensi Kia EV5 memiliki panjang 4.615 mm, lebar 1.875 mm, tinggi 1.715 mm, dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Hal ini menempatkan EV5 di bawah EV6 baik dari segi ukuran maupun di dalam rentang model Kia.

Masuk ke kabin, Kia EV5 memiliki pengaturan layar ganda yang khas – dua di antaranya berukuran 12,3 inci. Seperti halnya EV6 dan EV9, dasbornya tetap tampil minimalis namun tetap dilengkapi dengan tuas kontrol untuk memudahkan pengoperasian fitur interior.

Baca juga  Mobil Listrik KIA EV6 Banjir Pesanan
Desain kabin minimalis namun berkesan futuristik
Desain kabin minimalis namun berkesan futuristik

Ada pula jok yang dibungkus dengan material kulit berkualitas warna beige, dipadukan dengan aksen abu-abu di doortrim dan dasbor bikin kontras yang atraktif. Untuk mendukung fitur hiburan, ada head unit touchscreen model floating yang tersambung dengan panel cluster. Plus ambient lighting 64 warna yang dapat diselaraskan dengan mode berkendara.

Tidak ketinggalan hadir pula fitur wireless charging dibagian tengah serta steering switch untuk memudahkan pengemudi mengontrol audio dan beberapa fitur mobil. Oh ya, kabin belakang juga dilengkapi fitur Connected Car Navigation & Cockpit (ccNC) generasi baru dan kontrol pemanas bikin penumpang dapat memilih pengaturan yang sesuai keinginannya seperti tengah duduk di kursi favorit mereka di rumah. Ada juga panoramic sunroof untuk bikin nuansa kabin lebih luas.

Jantung Penggerak Kia EV5

Untuk pasar Thailand, EV5 ditawarkan dengan dua pilihan powertrain. Pertama ialah penggerak roda depan, dengan atensi motor tunggal yang merilis tenaga 217 PS dan torsi 310 Nm yang dipasangkan dengan baterai 64,2 kWh atau unit 88 kWh sebagai varian jarak jauh.

Baca juga  Sinyal Kia EV5 Siap Masuk Indonesia, EV9 Paket Hemat!

Kia EV5 versi standar diklaim dapat menjangkau jarak tempuh hingga 490 km dalam sekali pengisian daya sedangkan versi long range diklaim bisa mencapai 665 km.

Untuk versi flagship Kia EV5 di Thailand ditawarkan menggunakan penggerak semua roda bermesin ganda yang disebut varian Earth Exclusive. Berkat tambahan motor listrik, total output secara sistem naik hingga 313 PS dan menyemburkan torsi hingga mencapai 480 Nm. Model ini menggunakan baterai 88 kWh versi long range memungkinkannya menjangkau menempuh jarah hingga 620 km sekali pengisian daya. Luar biasa!

Lama Waktu Charge dan Prediksi Harga

Kabin belakang Kia EV5 ada wireless charging
Kabin belakang Kia EV5 ada wireless charging

Kia EV5 dibangun di atas platform E-GMP yang sama dengan Ioniq 5, Ioniq 6, EV6, dan EV9. Meski EV5 hanya hadir dengan arsitektur listrik 400 volt. Artinya, ia tidak dapat mengisi daya secepat platform sejenisnya.

Namun tetap saja, Kia mengklaim bahwa dengan pengisi daya cepat DC yang tepat, EV5 dapat meningkatkan State of Charge (SoC) dari 30% menjadi 80% dalam waktu sekitar 27 menit; turun dari EV6 yang dapat mengisi daya dari 10% hingga 80% dalam waktu sekitar 18 menit.

Baca juga  Kia EV5 Concept, SUV Listrik Bisa Offroad?

Di Thailand, harga EV5 berkisar antara 1,249 – 1,749 juta Baht, yaitu sekitar Rp 545,5 juta – Rp 763,9 jutaan. Meski kami sendiri belum terlalu yakni model mana yang sekiranya akan diboyong ke Tanah Air. Bahkan saat kami konfirmasi langsung ke salah satu petinggi PT Kreta Indo Arta selaku APM Kia di Indonesia masih menutup rapat perihal kehadiran EV5 dan proyeksi kehadirannya di Indonesia. “No Comment” kata salah satu petinggi tersebut dibubuhi emoticon senyum.

Meski begitu kami meyakini jika sudah mendarat di Thailand, artinya tidak perlu menunggu waktu lama EV5 juga akan diperkenakan di Indonesia. Prediksi kami, Kia EV5 akan jadi gebrakan di event GIIAS 2024 yang berlangsung 18-28 Juli 2024 di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika