by

Spesifikasi Nissan Kicks, Mobil Listrik yang Indonesia Banget

Spesifikasi Nissan Kicks – Meski di tengah Pandemi Korona, Nissan Kicks akhirnya meluncur dengan banderol Rp400 jutaan. Bukan di Indonesia, namun Thailand. Walau begitu, kemungkinan mobil ini diekspor ke Tanah Air sangatlah tinggi.

Kenapa? Bila menilik spesifikasinya, Nissan Kicks terbilang Indonesia banget. Kamu tidak perlu mengisi baterai di stasiun pengisian listrik umum (SPLU), melainkan cukup isi bensin. Tentu ini sangat memudahkan, terlebih di tengah kondisi SPLU Tanah Air yang sangat terbatas.

Lalu harga Rp400 juta untuk mobil listrik tentu sangatlah terjangkau. Bandingkan dengan kendaraan sejenis yang harganya mencapai miliaran. Sebut saja BMW i3, i8, dan Mitsubishi Outlander PHEV. Rumor yang beredar, banderol Nissan Kicks bahkan bisa lebih murah lagi saat masuk Indonesia.

Mau tahu lebih detail tentang mobil listrik ini, simak spesifikasi Nissan Kicks berikut:

Spesifikasi Mesin Nissan Kicks yang Masih Perlu Isi Bensin

cara kerja mesin e-power
Mesin bensin di Nissan Kicks bertugas memberi sumber tenaga ke motor elektrik

Bila melihat di balik kap mesinnya, bakal ada dua mesin: konvensional dan elektrik. Mesin konvensionalnya memiliki kapasitas 1.2 Liter dengan konfigurasi tiga silinder, berfungsi sebagai sumber tenaga untuk mengisi baterai.

Baca juga  Test Drive Xpander Cross di Bali: Tidak Limbung! (Bag.1)

Kemudian motor elektrik Nissan Kicks bekerjas sebagai penggerak roda depan secara penuh. Oleh karena cara kerjanya inilah, Kicks disebut sebagai mobil listrik, bukan hybrid. Spesifikasi mesin Nissan Kicks yang unik tersebut disebut sebagai e-Power.

Hanya saja, Nissan tidak menyebutkan berapa konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan untuk mesin bensin Kicks. Jika melihat kubikasi 1.2 Liter, harusnya cukup irit. Sumber dari Bangkok Post mengatakan, efisiensinya sekitar 23,4 Kpl.

Bagaimana performanya? Tidak perlu khawatir. e-Power mampu melontarkan torsi 250 Nm dan tenaga 129 PS. Ada pula fitur mode berkendara: normal, S, Eco, dan EV.

“Kehadiran Nissan Kicks e-Power di Thailand, merepresentasikan inovasi DNA Nissan yang kami bawa untuk regional. Ini sangat istimewa buat Nissan dan Thailand, sebagai tempat produksi global sekaligus tempat mengeskpor ke berbagai negara,” kata Regional Senior Vice President Nissan Asia & Oceania, seperti dikutip dari rilis resmi.

Tidak hanya punya mesin unik, sistem keselamatannya juga mumpuni. Ada Nissan Intelligent Mobility Technologies seperti cruise contro, intelligent forward collision warning, intelligent emergency braking, blind spot warning, dan lain-lain. Lalu fitur seperti anti-lock braking system (ABS), brake force distribution, brake assist, dan Airbags jadi standar.

Baca juga  Biaya Perawatan Suzuki XL7 Hanya Rp3.800 Per Hari

Baca juga:

Lawan Berat Toyota C-HR di Indonesia

interior nissan kicks
Kabinnya mampu menampung 5-orang dengan nyaman

Di eksteriornya, kamu bisa lihat penggunaan lampu LED di seluruh sistem pencahayaan. LED mampu menghemat daya, namun di sisi lain visibilitas berkendara tetap baik, terutama malam hari.

Tampilan desain Nissan Kicks juga tidak kalah menawan. Aura SUV muncul dari penggunaan grille besar, roof rail, dan ground clearance tinggi. Bila masuk Indonesia, spesifikasi dimensi Nissan Kicks ini bakal jadi penantang kuat untuk Toyota C-HR.

Soal kenyamanan interior Nissan Kicks, cukup untuk lima orang. Di dalamnya tersedia berbagai fitur hiburan seperti head unit besar 8 inci. Head unit itu juga bisa terkoneksi dengan smartphone via Apple CarPlay.

Tidak ketinggalan untuk pengemudi tersedia panel instrumen 7-inci warna-warni. Segala informasi tentang kendaraan bisa diakses lewat sini. Mulai dari kecepatan, putaran mesin, dan sebagainya.

Baca juga  Toyota Fortuner Facelift Meluncur 4 Juni 2020?

Harga Nissan Kicks Mulai Rp400 Jutaan, Masuk Indonesia Bakal Lebih Murah?

spesifikasi nissan kicks
Aura SUV begitu terpancar di Nissan Kicks, rival Toyota C-HR

Dengan spesifikasi Nissan Kicks yang mumpuni baik dari sisi mesin, desain, dan fitur, ternyata harganya tidak terlalu mahal. Banderol mobil ini di Thailand mulai 889.000 baht atau setara Rp412 jutaan.

Berapa harganya saat masuk Indonesia? Ada kemungkinan lebih murah. Ini bukan tanpa alasan. Lihat saja Nissan Terra yang juga diimpor dari Thailand, namun banderolnya ketika masuk Indonesia jadi lebih murah. Tidak percaya?

Di Thailand, Nissan Terra VL 2WD dipasarkan 1.349.000 baht atau setara RP625 jutaan. Sementara harga Nissan Terra VL 2WD di Tanah Air cuma RP537,1 juta (OTR Jakarta). Bedanya sampai Rp100 jutaan.

Jadi, bukan tidak mungkin Nissan Kicks dijual di Indonesia dengan banderol yang lebih murah. Mari kita tunggu saja sama-sama kedatangannya. Dari bocoran yang kami dapat, mobil listrik ini bakal diperkenalkan saat GIIAS 2020.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru