Thursday, February 9, 2023
Banner

Suzuki eVX Concept Diperkenalkan, Crossover Listrik Pertama

by Tigor Sihombing

Suzuki eVX Concept diperkenalkan pada 11 Januari 2022 kemarin di Auto Expo 2023 Delhi, India. Model ini akan menjadi mobil listrik pertama Suzuki yang bergenre crossover.

Sayangnya mobil ini masih lama akan memasuki jalur komersil alias dijual kepasaran, lataran Suzuki India baru merencanakan menjualnya di tahun 2025. Meski semua detil mengenai mobil tersebut belum diinformasikan, namun beberapa sumber menyebut jika Suzuki eVX Concept akan menggunakan penggerak roda 4×4 yang digabungkan dengan keunggulan kendaraan listrik modern.

Artinya meskipun mobil listrik, kendaraan ini akan dilenkapi dengan kelengkapan off road dan siap diajak berpetualang meski menggunakan baterai.

Secara bentuk, Suzuki eVX berdesain SUV kompak dengan fasia depan yang langsung dapat dikenali, overhang pendek, dan lengkungan roda berotot yang menciptakan tampilan samping yang berkesa gagah dan berotot.

Suzuki eVX memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.600 mm. Dikabarkan dengan dimensi tersebut, model ini sedikit lebih panjang dan lebar daripada Vitara yang dijual di pasar global.

Baca juga  Suzuki Karimun Wagon R Terbaru, 1.200 cc dan 7-Seater?

Untuk kapasitasbaterainya diprediksi berukuran 60 kilowatt-jam, yang diklaim mampu memberikan jangkauan hingga 342 mil (550 kilometer) dengan sekali pengisian daya, berdasarkan pengetesan MIDC (Modified Indian Driving Cycle).

Harga Tembus Rp 400 jutaan

Suzuki eVX Concept

Untuk kapasitasbaterainya diprediksi berukuran 60 kilowatt-jam, yang diklaim mampu memberikan jangkauan hingga 342 mil (550 kilometer) dengan sekali pengisian daya, berdasarkan pengetesan MIDC (Modified Indian Driving Cycle).

Terkait transmisi, awal pekan ini mobil konsep yang berdiri di atas platform yang dibagikan bersama Toyota ini juga mengumumkan telah menandatangani perjanjian pengembangan bersama dengan BYD dari Kanada. Kedua perusahaan akan bekerja pada transmisi dua kecepatan untuk kendaraan listrik, yang akan digunakan dalam produksi EV Suzuki di masa depan.

Tujuannya adalah memperluas jangkauan kendaraan listrik berkat peningkatan efisiensi yang disediakan oleh transmisi. Apakah gearbox EV baru ini akan diimplementasikan ke dalam versi produksi konsep eVX, masih harus kita nantikan kabarnya.

“Saya senang memperkenalkan eVX, EV strategis global pertama kami. Di Suzuki Group, mengatasi pemanasan global adalah prioritas. Kami mempromosikan berbagai tindakan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Suzuki akan terus menyediakan produk yang berharga bagi pelanggan kami di seluruh dunia dengan mengoptimalkannya untuk cara hidup dan berkendara masing-masing individu yang berbeda,” kata Presiden Suzuki, Toshihiro Suzuki, selama debut konsep tersebut, tanpa membahas detail teknologi lebih lanjut seputar eVX, dikutip daril Paultan.

Baca juga  Suzuki Swift 2021 Meluncur, Tampil Lebih Stylish dan Sporty

Terkait harga, menurut laman Zigwheels, mobil ini akan dipasarkan mulai dengan harga 25 lakh atau setara Rp 450 jutaan. Nantinya selain melayani pasar India, Suzuki berencana mengekspor mobil tersebut ke berbagai pasar global.

Demikian ulasan Suzuki eVX Concept. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika