Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Tak Lagi Sonet, Masa Depan Compact SUV Kia Ada di Clavis

by Ivan
Prediksi tampang Compact SUV Kia Clavis

Segmen SUV Compact di Tanah Air selalu menyuguhkan tensi panas. Tidak terkecuali PT Kreta Indo Artha selaku APM resmi Kia di Indonesia yang menempatkan Kia Sonet untuk bersaing dengan para rival seperti Wuling Alvez, Honda WR-V, Toyota Raize, ataupun Daihatsu Rocky. Lantas akankah Kia Sonet tetap jadi andalan Compact SUV Kia?

Kansnya masih 50:50! Sebab di India sudah hadir Kia Sonet facelift dengan revisi tampilan dan pasokan fitur keselamatan lebih mumpuni. Tampilan Compact SUV Kia ini semakin gaya dengan desain ulang headlamp dengan lampu depan LED berbentuk bumerang yang memanjang di bumper mengapit gril model hidung harimau yang lebih lebar.

Kia Sonet facelift tampil lebih modern
Kia Sonet facelift tampil lebih modern

Potongan trim warna hitam turut dihadirkan menghubungkan kedua lampu dengan intake tengah yang lebih mengotak. Sementara itu skid plate juga terlihat lebih besar dengan lapisan aluminium imitasi. Sementara di samping ada velg baru ukuran 16 inci dual-tone model kipas. Pun tampilan lampu belakang LED lebih lebar mirip lampu belakang Kia Carens.

Baca juga  Kia Sonet Meluncur di Indonesia, Hari Ini!

Perubahan interior nampak tidak kentara lantaran layout dasbor tetap identik, terdiri dari layar ganda 10,25 inci, dikombinasi dengan tuas AC Climate Control dan model jok baru. Lalu bagaimana dengan 50% kemungkinan model ini akan tergantikan? Perkenalkan calon Compact SUV Kia masa depan yakni Kia Clavis

Spesifikasi Singkat Kia Clavis

Sosok diduga Compact SUV Kia Clavis sedang tes drive
Sosok diduga Compact SUV Kia Clavis sedang tes drive

Kia memang memiliki cukup banyak lini SUV di jajaran produknya. Meski Kia saat ini tengah memajukan pengembangan Compact SUV Kia baru dengan nama sandi AY dan kemungkinan besar akan diberi nama ‘Clavis’.

Compact SUV Kia baru ini bahkan terlihat sudah wara-wiri selama pengetesan di Korea Selatan. Mobil ini dijadwalkan untuk rilis perdana di dunia akhir tahun 2024 di Korea Selatan, dengan peluncuran berikutnya di pasar-pasar otomotif global lainnya.

Kia Clavis sendiri mulanya akan diposisikan di bawah SUV Kia Sonet sebagai Micro-SUV terjangkau yang berbasis pada Hyundai Exter. Namun kekinian, SUV tersebut akan diposisikan di antara Sonet dan Kia Seltos. Meski kami meyakini akan ada yang dikorbankan yakni Kia Sonet yang semakin tenggelam pesonanya

Baca juga  Peluncuran Kia Sonet 7-seater, World Premiere di Indonesia?

Kia Clavis akan diposisikan sebagai SUV untuk gaya hidup yang kokoh dan desain cenderung mengiotak. Prediksi jantung pacu Clavis akan mendapatkan beberapa pilihan seperti mesin 1.2L NA Petrol, mesin 1.0 L Turbo Petrol, dan 1.5 L Diesel Engine. Adapun pilihan transmisinya ialah transmisi manuat 5 percepatan, otomatis 6 percepatan IMT/AT/MT, dan 7 pegrcepatan DCT.

Kia Clavis tengah dikamuflase saat test drive
Kia Clavis tengah dikamuflase saat test drive

Kia Clavis akan memiliki fitur seperti 360 Surround View Camera, jok berventilasi, Sensor Parkir Depan dan Belakang, sistem infotainment layar ganda 10,25 inci, dan Cluster Instrumen Digital, air purifier, lampu depan sudah proyektor LED, jok pengemudi electric, ADAS Level 2, dan masih banyak lagi.

Ada kemungkinan Clavis terinspirasi dari desain SUV Kia lain yang disebut Kia Ray di Korea Selatan. Kia Ray bahkan bisa menampilkan kursi lipat penuh untuk semua kursi termasuk kursi pengemudi. Ketika Anda memutuskan untuk pergi berkemah dan mencapai tujuan Anda, Anda melipat sepenuhnya semua kursi untuk dijadikan tempat tidur dan tinggal beristirahat.

Kia ingin menciptakan segmennya sendiri lagi dengan Clavis dan tidak akan memiliki saingan saat diluncurkan. Clavis juga diproyeksi akan menelurkan powertrain EV. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Harga Kia Sonet Indonesia Terkuak, SUV Murah Mewah

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika