Minggu, Februari 25, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

7 Tempat Wisata di Garut yang Hits, Ramah Mobil!

by Firdaus Ali
Tempat wisata di Garut

Buat Kamu yang suka berwisata alam, berikut akan kami ulas beberapa tempat wisata di Garut. Tentu saja, lokasi wisata ini yang kami ulas ini bisa dijangkau dengan menggunakan mobil pribadi.

Kabupaten Garut dikenal dengan kota dodol, dan secara geografis berdekatan dengan Kota Bandung. Garut merupakan daerah penyangga bagi pengembangan wilayah Bandung Raya.

Dilansir dari laman resmi Kabupaten Garut, asal usul nama Garut sendiri bermula dari pembubaran Kabupaten Limbangan pada tahun 1811 oleh Daendels, dengan alasan produksi kopi dari daerah Limbangan. Garut mempunyai keunggulan  tanah yang subur dan memiliki mata air yang mengalir ke Sungai Cimanuk serta pemandangannya indah dikelilingi gunung, seperti Gunung Cikuray, Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Galunggung, Gunung Talaga Bodas dan Gunung Karacak.

Bermodalkan tanah yang subur dan mempunyai beberapa mata air, saat ini Garut tidak hanya terkenal dengan jajanan Dodol, namun juga wisata alam yang menawan. Penasaran seperti apa keindahan wisata alam di Garut yang hits dan kekinian, berikut ulasannya.

1. Papandayan Leisure Park

Tempat wisata di Garut

Papandayan Leisure Park. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Garut yang pertama adalah Papandayan Leisure Park yang berlokasi di Sirnajaya Cisurupan, Kabupaten, Jawa Barat. Apabila Kamu berangkat dari pusat Kota Garut, maka perlu menempuh jarak sekitar 26 kilometer saja. Oh ya, untuk masuk ke tempat wisata alam ini, pengunjung dikanakan tarif Rp 10 ribu per orang.

Di tempat ini, wisatawan akan disuguhkan spot-spot foto yang Instagramable dengan latar panorama alam yang menarik. Slain itu, ada pula tempat penyewaan resort, area camping, dan juga kegiatan outbound.

Baca juga  5 Tempat Wisata Kekinian di Medan dan Sekitarnya

2. Kamojang Ecopark

Tempat wisata di Garut

Kamojang Ecopark. Foto: Istimewa

Tempat wisata hits di Garut selanjutnya yang masih menyuguhkan nuansa alam ada Kamojang Ecopark. Lokasinya ada di Jl. Samarang Garut, Cisarua, Kec. Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Adapun untuk tiket masuknya Rp 15 ribu per orang.

Di Kamojang Ecopark, wisatawan bisa menikmati suasana alam yang masih asri sembari berswafoto bersama pasangan ataupun keluarga. 

Selain itu, Kamojang Ecopark juga mempunyai beragam spot seru. Misalnya Lembah Manglayang, Lembah Kabut, dan Lembah Brokoli. Fasilitas yang ditawarkan pun relatif lengkap. Ada area flying fox, outbound, hingga camping ground di tengah alam segar.

3. Leuwi Tonjong

tempat wisata di garut - leuwi tonjong

Keindahan tebing batu yang dibelah sungai ada di Leuwi Tonjong

Salah satu tempat wisata di Garut yang hits adalah Leuwi Tonjong. Lokasinya ada di Kampung Rontong, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kalau kamu dari pusat Kota Garut, perlu naik mobil ke arah selatan. Perjalanan naik mobil dari Kota Garut ke Kampung Rontong sekitar 61,4 Km atau setara dengan 2,5 jam.

Lalu di sana kamu bisa parkir mobil, perjalanan berlanjut dengan jalan kaki selama 15-20 menit ke Leuwi Tonjong. Barulah dari sini kamu bisa melihat keindahan alam tebing batu yang dibelah arus sungai.

Semakin menarik lagi, Leuwi Tonjong adalah hidden gem, jadi jauh dari hiruk-pikuk manusia. Di sana kamu benar-benar bisa menemukan ketenangan dengan mendengar suara riak air, hingga burung bernyanyi di pepohonan. Harga tiket masuknya cuma Rp 10-15 ribu per orang.

Baca juga  Road Trip ke 5 Tempat Wisata di Banyuwangi, Asik Naik Campervan

4. Kawah Talaga Bodas

Tempat wisata di Garut

Kawah Talaga Bodas. Foto: Istimewa

Selanjutnya, tempat wisata di Garut juga ada Kawah Talaga Bodas yang berlokasi di Galunggung, Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Adapun tiket masuknya hanya Rp 10 ribu per orang.

Kawah Talaga Bodas berada di lereng Gunung Galunggung dengan ketinggian 1.512 mdpl dengan luas 23,85 hektar.  Selain menawarkan pemandangan telaga yang memesona, ternyata banyak aktivitas seru  yang bisa dilakukan di sini. Kamu bisa hiking, trekking,piknik, atau berendam di kolam air panas yang konon bisa bikin awet muda.

5. Kampung Sampierun Resort & Spa

Tempat wisata di Garut

Kampung Sampierun Resort & Spa. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Garut selanjutnya ada Kampung Sampierun Resort & Spa yang berlokasi di Jl. Raya Samarang Kamojang, Sukakarya, Kec. Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Di tempat ini, tersedia penginapan seperti Bungalow, kolam renang, tempat meeting, restoran dan spa. Menginap di tempat ini tentu saja menarik, sebab setiap kamar atau bungalow disuguhkan langsung pemandangan alam berupa hijaunya hutan dan danau.

Oh ya, Resort ini juga menyediakan paket gathering, honeymoon, wedding dan pre wedding. Jadi kamu bisa mengunjungi tempat ini bersama keluarga atau teman-teman kantor. Jika berminat mengunjungi tempat ini, bisa langsung buka laman kampungsampierun.com.

6. Darajat Pass

Tempat wisata di Garut

Darajat Pass. Foto: Istimewa

Darajat Pass juga menjadi salah satu tempat wisata di Garut yang menarik untuk disinggahi. Adapun lokasinya berada di Jalan Darajat KM 14 Pasirwangi, Garut atau tepatnya di Kampung Bedeng, Desa Karyamekar. Tempat ini cocok untuk beristirahat dan melepas lelah setelah keliling Kota Garut. Untuk HTM, Rp 30 ribu per orang.

Baca juga  308 Bengkel dan Posko Siaga Toyota 2023, Ini Lokasinya!

Fasilitas yang ditawarkan dari Darajat Pass yang utama tentunya pemandian air panas dan kolam renang air biasa. Selain itu, ada juga fasilitas seperti arena outbound, photo studio, saung, WiFi gratis dan masih banyak lagi lainnya. Oh ya, tersedia pula fasilitas penginapan untuk beristirahat dan bermalam di sini.

7. Kebun Mawar Situhapa

Tempat wisata di Garut

Kebun Mawar Situhapa. Foto: Istimewa

Berikutnya, ada Kebun Mawar Situhapa yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Garut. Adapun lokasinya berada di Jl. Raya Kamojang KM.5, Samarang, Sukakarya, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dan untuk tiket masuknya Rp 20 ribu per orang.

Kebun Mawar Situhapa merupakan penginapan dengan konsep terbuka, namun juga memberi kesempatan kepada wisatawan lokal dan mancanegara untuk menikmati fasilitas taman yang mereka miliki, tanpa harus bermalam di sana.

Di tempat ini, selain bisa melihat taman mawar yang indah dengan jenisnya berjumlah lebih dari 500, tapi juga ada bunga lain dengan warna yang tak kalah indah. Selain itu, Kebun Mawar Situhapa juga mempunyai view gunung Papandayan, Cikuray, Guntur hingga Talaga Bodas. Kemegahan gunung di Garut ini bisa dijadikan latar yang eksotis untuk berswafoto.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif dan tempat wisata menarik lain yang bisa dijangkau dengan mobil.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika