Selasa, April 23, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Tempat Wisata di Solo Yang Hits, Kental Budaya Lokal

by Firdaus Ali
Tempat wisata di Solo

Buat Kamu yang berencana mudik atau liburan ke kota Solo, ada baiknya Kamu menyimak informasi yang akan kami sampaikan mengenai beberapa tempat wisata di Solo yang lagi hits di tahun 2023 dan tentunya mudah untuk dikunjungi dengan mobil pribadi.

Surakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Solo merupakan salah satu kota besar di Provinsi Jawa Tengah dengan pesona kota tradisional yang bisa membuat daya tarik turis lokal dan mancanegara. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di kota ini, mulai dari wisata budaya, pertunjukan seni dan mengunjungi beberapa situs sejarah, kuliner, hingga berbelanja Batik serta kerajinan tangan lainnya di beberapa area perbelanjaan.

Nah, biar tidak penasaran, mari kita simak ulasan tempat wisata di Solo yang lagi hits di tahun 2023.

1. Keraton Surakarta Hadinigrat

Tempat wisata di Solo

Keraton Solo. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Solo yang pertama adalah Keraton Surakarta Hadinigrat. Keraton Solo berada di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang sempat terjadi kericuhan akibat Geger Pecinan 1743. Keraton Solo merupakan perpaduan yang khas antara gaya Eropa dan etnik Jawa dalam setiap sudut dan tata ruang Keraton. Selain itu, Kasunanan Surakarta ini juga memiliki museum dengan koleksi lawas milik bangsawan zaman dulu.

Keraton Surakarta hadiningrat ini buka pada hari Senin-Kamis mulai jam 09.00-14.00 WIB. Sementara Sabtu-Minggu mulai Jam 09.00-15.00 WIB. Untuk hari Jum’at Keraton Kasunanan Pasar ini ditutup untuk wisatawan.

Sementara itu, harga tiket masuknya sebesar Rp 10.000. Ada tambahan untuk Kamu yang ingin mengabadikan arsitektur keraton dengan kamera yaitu sebesar Rp 2.000.

Baca juga  22 Lokasi SPBU di Rest Area Tol Trans Jawa, Persiapan Mudik 2023!

2. Ndalem Gondosuli

Tempat wisata di Solo

Ndalem Gondosuli. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Solo yang lagi hits berikutnya adalah Ndalem Gondosuli yang berlokasi di Jl Gondosuli No 125, Laweyan, Solo. Adapun untuk jam operasional mulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Di tempat ini, Kamu bisa melihat koleksi beberapa lembaran kain batik tulis premium serta terdapat pula workshop ringan untuk para wisatawan yang ingin belajar membatik.

Tak hanya itu saja, daya tarik dari Ndalem Gondosuli lainnya adalah tersedianya Cafe Saudagar yang ada di pelataran tempat tersebut. Alhasil, para pengunjung Ndalem Gondosuli bisa menikmati koleksi batik premium, belajar membatik sembari minum kopi dan hidangan lain khas Cafe Saudagar.

3. Museum Batik Danar Hadi

Tempat wisata di Solo

Museum batik Danar Hadi

Selanjutnya, tempat wisata di Solo juga ada Museum Batik Danar Hadi. Lokasinya ada di Slamet Riyadi St No.261, Sriwedari, Laweyan, Solo. Dan untuk jam operasional 09.00 – 17.00 WIB (Weekdays) & 09.00 – 18.00 WIB (Weekend).

Yup, Solo mashur sebagai salah satu daerah penghasil batik di Indonesia selain kota Pekalongan dan Yogyakarta. Bagi Kamu yang menyukai batik atau penasaran bagaimana cara proses pembuatannya, Kamu dapat berkunjung ke Museum Batik Danar Hadi.

Di Museum Batik Danar Hadi, Terdapat sekitar 10 ribu lembar kain batik yang terdapat di Museum Batik Danar Hadi. Selain batik Solo, terdapat juga motif batik Pekalongan dan Yogyakarta, bahkan ada pula batik koleksi Presiden RI ke-1 yakni Soekarno serta batik yang dibuat pada era penjajahan Belanda.

Baca juga  Hyundai Siapkan Bengkel Siaga 26 Titik, Kawal Mudik Lebaran 2023!

3. Museum Tumurun

Tempat wisata di Solo

Museum Tumurun

Tempat wisata di Solo berikutnya ada Museum Tumurun. Tempat yang sedang hits ini merupakan museum private yang dirilis dan dikelola oleh keluarga H.M. Lukminto yang merupakan salah seorang pengusaha asal Solo. Walau terbilang private, namun wisatawan lokal dan mancanegara diperbolehkan untuk mengunjungi objek wisata satu ini.

Koleksi Museum Tumurun ini lebih dominan menyuguhkan koleksi seni modern. Seperti misalnya karya seni buatan Wedhar Riyadi yakni Floating Eyes, yang menarik mata pengunjung untuk melihatnya.

Selain itu, terdapat pula koleksi karya menarik lainnya seperti karya miliki pelukis Affandi, Antonio Blanco, Basoeki Abdullah, Raden Saleh, dan masih banyak lainnya.

Museu Tumurun berlokasi di Jl. Kebangkitan Nasional No.2, RW.4, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. Kemudian untuk jam operasional mulai dari jam 1 siang sampai jam 3 sore (Senin – Rabu). Sedangkan untuk hari Jumat sampai Minggu mulai buka dari jam 10 pagi hingga jam 3 sore. Untuk hari Senin tutup.

4. The Heritage Palace

Tempat wisata di Solo

The Heritage Palace

The Heritage Palace adalah salah satu tempat wisata di Solo yang memiliki desain arsitektur menarik. Lokasi dari The Heritage Palace adalah di Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.

Baca juga  Ada 123,8 Juta Pemudik Lebaran 2023, Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas!

The Heritage Palace sudah mulai beroperasi sejak 9 Juni 2018. Sedangkan destinasi yang ditawarkan oleh tempat ini adalah seperti beberapa bangunan bersejarah, mobil antik, museum 3D hingga wahana Omah Walik.

The Heritage Palace bukan hanya menarik untuk dikunjungi secara pribadi, tetapi Kamu juga bisa berwisata bersama keluarga. Harga tiket masuk Rp 55 ribu.

Untuk jam operasionalnya dibagi menjadi dua. Hari Senin sampai Kamis mulai pukul 10.00 hingga 18.00 WIB. Sedangkan untuk hari Jumat hingga Minggu buka dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

5. Pabrik Gula De Tjolomadoe

Tempat wisata di Solo

Pabrik gula De Tjolomadoe

Pabrik Gula De Tjolomadoe yang ada di Solo ini seperti yang ada di luar negeri dilihat dari bentuk bangunannya. Lokasi tepat dari Pabrik Gula De Tjolomadoe adalah di Jl Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Pabrik Gula De Tjolomadoe sudah berdiri sejak tahun 1861 dan mulai berhenti beroperasi sekitar 20 tahun lalu. Meski begitu, keberadaan Pabrik Gula De Tjolomadoe masih terus dimanfaatkan sebagai tempat wisata di Solo sekaligus merupakan bangunan bersejarah dalam segi tempat pembuatan gula pada masanya.

Selain bisa berswafoto di area Pabrik Gula De Tjolomadoe, daya tarik dari tempat wisata ini adalah wisatawan bisa melihat arsip pabrik kuno, mesin pengolahan tebu terbesar, hingga café dan lain sebagainya.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif dan tempat wisata menarik lainnya. 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika