oleh

5 Tips Beli Nissan Evalia Bekas, Awas Salah Pilih!

Tips beli Nissan Evalia bekas menarik untuk dibahas. Sebab mobil dengan segmen MPV berbentuk boxy ini masih diminati beberapa pecinta otomotif. Khususnya yang membutuhkan mobil dengan dimensi kabin yang lega.

Di Indonesia, Nissan Evalia resmi dipasarkan tahun 2012. Awal kehadirannya cukup menghebohkan segmen mobil MPV boxy, dimana mobil ini hadir dengan dimensi yang cukup bongsor di kelasnya.

Nissan Evalia mempunyai dimensi panjang 4.440 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.850 mm. sementara untuk jaraj sumbu rodanya adalah 2.725 mm dan ground clearance 175 mm.

Selain dimensi yang lega, beberapa alasan konsumen berniat membeli Nissan Evalia bekas adalah karena desain eksteriornya yang masih tidak ketinggalan jaman. Nissan Evalia terbilang mengusung desain yang cukup modern dan elegan.

Perpaduan desain grill, lampu depan, bagian belakang dengan lekukan bodynya membuat Evalia masih lumayan sedap dipandang mata. Ditambah mobil ini sudah mengadopsi pintu tengah model geser yang tentunya lebih praktis untuk akses keluar masuk serta menopang kesan mewah.

Tak hanya itu saja, tampilan interiornya juga tidak mengecewakan, khususnya yang lansiran tahun 2014 ke atas (facelift). Dimana jok dan beberapa bagian doortrim menggunakan warna beige. Alhasil kesan mewah semakin kental terasa.

Berbicara soal mesin, Nissan Evalia mengusung mesin bensin tipe 1.5L DOHC, 4 CYL, IN-LINE, 16-VALVE, DUAL CVTC yang dipadukan dengan pilihan dua transmisi, yaitu manual dan otomatis. Di atas kertas mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 109 PS pada 5.600 rpm dan torsi puncak 134 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Baca juga  4 Masalah Nissan Elgrand E51 yang Sering Terjadi

Soal fiturnya, Nissan Evalia varian SV dilengkapi dengan Keyless Entry with Alarm, Multi Information Display (Tachometer, FE Display, Tripmeter, Shift Indicator & Clock), Mud Guard, Rear Wiper, 2nd & 3rd row Headrest, dan Alloy Wheel 14-inci, serta ABS (optional).

Belum cukup sampai disitu saja, Evalia juga menyematkan sistem audia Mechanicless Single Din, AM/FM, USB, AUX dengan 4 titik speaker, Front Power Window, Central Door Lock, electric Door Mirror dan Electric Power Steering.

Sementara itu untuk Nissan Evalia 1.5 XV fiturnya lebih komplit. Selain terdapat fitur-fitur yang ada di varian SV, ada tambahan atau ubahan seperti DVD Single DIN, AM/FM Radio, USB, AUX, Roof Monitor 10-inci, Fog Lamp, Parking Sensor, Rear View Camera (Integrated with Multi Information Display), Rear Cooler, I-Key with Immobilizer, ABS (Antilock Braking System) + EBD (Electronic Brake Distribution) + BA (Brake Assist) dan Front SRS Airbag (Driver’s Side).

Soal pilihan warna, Nissan Evalia menawarkan 6 pilihan. Yaitu Dark Red Metallic, Black Solid, Silver Metallic, White Solid, Blue Green Metallic dan Grey Metallic. Dan untuk harga bekasnya, Evalia dibanderol rentang Rp 85 juta hingga Rp 120 jutaan.

Cukup lengkap bukan fitur-fiturnya. Meski begitu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli bekasnya. Oleh karena itu ada baiknya menyimak tips beli Nissan Evalia berikut ini.

1. Cek Bagian Kaki-kaki

tips beli nissan evalia
Perhatikan bagian kaki-kaki-kakinya

Tips beli Nissan Evalia yang pertama adalah dengan memperhatikan kondisi kaki-kakinya. Yup, umumnya pemilik Nissan Evalia menggunakan mobilnya untuk mengangkut barang berat karena fungsionalitas kelegaan kabinnya.

Baca juga  Peluncuran Nissan X-Trail e-Power, Sebentar Lagi?

“Selain untuk bawa keluarga, umumnya pemilik Evalia juga menggunakan mobilnya untuk mengangkut barang-barang berat. Jadi, pastikan kondisi kaki-kakinya masih layak untuk dipakai,” ungkap Bobby, pemilik diler mobil bekas di Cirendeu. (22/3/2022).

Lebih lanjut, Bobby juga mengungkapkan bagian kaki-kaki tersebut adalah suspensi dan karet-karet komponen kaki lainnya.

“Cek suspensi udah bocor atau belum. Selain itu karet-karet seperti bushing arm, tierod, serta bagian lainnya. Kalau sudah aus baiknya ganti yang baru agar mobil aman saat digunakan,” imbuh Bobby.

2. Lantai Mobil Bagian Belakang Sering Rusak

tips beli nissan evalia
Perhatikan kondisi lantainya

Kemudian, tips beli Nissan Evalia selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi lantai mobil utamanya baris ketiga alias bagian belakang. Bukan tanpa alasan, seperti dijelaskan sbelumnya bahwa Evalia sering kali digunakan untuk mengangkut barang berat, maka terkadang kondisi lantainya menjadi penyok.

“Ya itu tadi, beberapa pemilik Evalia menggunakan mobilnya untuk mengangkut barang berat. Kalau yang dibawa misalnya garmen tidak masalah ya untuk lantainya. Yang riskan merusak lantai mobilnya jika pemilik sebelumnya menggunakan Evalia untuk mengangkut barang-barang bersifat benda keras seperti besi, atau untuk membawa motor,” terang Bobby.

3. Engsel Pintu Geser Bermasalah

tips beli nissan evalia
Cek bagian engsel pintu geser

Salah satu kelebihan Evalia adalah menggunakan pintu geser. Meski begitu jika pemiliknya jarang melakukan perawatan pada bagian komponen-komponen pendukung pintu geser, bukan tidak mungkin bisa menjadi seret pintunya.

Baca juga  Daftar Harga Nissan Serena Bekas, Mulai Rp 35 Juta

“Pintu geser itu memang praktis saat berada di parkiran yang agak sempit jarak dengan samping mobil lainnya. Meski demikian, pintu geser juga butuh perawatan agar fungsinya tetap optimal. Kalau ga dirawat biasnaya pintu jadi seret atau turun,” imbuh Bobby.

4. Cek Bagian Mesin

tips beli nissan evalia
Perhatikan kinerja mesin

Nissan Evalia menggunakan mesin dengan kode HR15-DE. Karakter mesin ini umumnya kurang cocok menggunakan BBM kualitas rendah. Imbas jika menggunakan BBM kurang berkualitas adalah terjadi penumpukan karbon di ruang bakar.

“Minimal Pertamax 92 kalau mau enak. Namun jika pemilik sebelumnya mengkonsumsi BBM di bawah Pertamax alangkah baiknya mesin mobil di carbon clean dahulu supaya tarikan mobil jadi enteng,” imbuh Bobby.

Untuk mengetahuinya memang tidak mudah, namun bisa dengan cara melakukan test drive. Jika mobil sering mengalami knocking saat jalanan macet itu menandakan ada tumpukan karbon di ruang bakar yang harus segera dihilangkan.

5. Asal Usul Mobil Penting Diketahui

tips beli nissan evalia
Cek asal usul mobil

Tips beli Nissan Evalia selanjutnya adalah dengan mengecek asal usul mobil tersebut. Sebab jika bekas dari perusahaan rental mobil itu harus lebih waspada karena peruntukannya sering digunakan untuk mengangkut barang.

“Pemilik pribadi saja terkadang digunakan untuk membawa barang berat. Apalagi bekas perusahaan rental mobil, potensi mobil sering dipaksa kerja keras besar. Jadi sebaiknya hindari beli Evalia bekas perusahaan rental mobil,” tutup Bobby.

Moladiners, itulah ulasan mengenai tips beli Nissan Evalia. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru