by

Toyota Aqua Hybrid 2021 Resmi Meluncur, Irit 35,8 Km/Liter

Toyota Aqua Hybrid 2021 resmi diperkenalkan pada Senin, (19/7/2021). Dengan begitu Toyota global menambah satu lagi line up kendaraan hybrid mereka sebagai peluru baru untuk penjualan di tahun ini.

Aqua sendiri merupakan sebuah mobil hatchback, yang dari segi dimensi mirip dengan Yaris. Pertama kali lahir di pabrik Iwate Toyota Motor Jepang di tahun 2011.

Menurut laman resmi Toyota Jepang, sejak awal Aqua memang dirancang sebagai hatchback hybrid kompak yang memiliki nilai kepraktisan tinggi bagi penggunanya.

“Hal ini kami buktikan dengan pencapaian efisiensi bahan bakar dan harga yang terjangkau,” tulis Toyota.

Tidak heran, sejak diluncurkan Toyota Aqua sudah terjual 1,87 juta unit di seluruh dunia. Pabrikan asal Jepang tersebut mengklaim telah berkontribusi pada pengurangan CO 2 sekitar 12,4 juta ton dari unit Aqua.

Kini Aqua hadir dalam generasi terbaru, dengan mengalami peningkatan teknologi di sejumlah sektor. Salah satu efeknya,membuat mobil ini mampu menekan konsumsi bahan bakar hingga 35,8 km/liter. Di mana konsumsi bahan bakar Toyota Aqua sebelumnya hanya mampu mencapai titik sekitar 30 km/liter.

Baca juga  Harga Toyota Yaris Facelift 2020 Mulai Rp 263,4 Jutaan

“Toyota Aqua menghasilkan pengendaraan berkualitas tinggi yang dihasilkan dari akselerasi yang nyaman,” tulis Toyota.

Didukung Teknologi Baterai Canggih

Toyota Aqua Hybrid 2021
Aqua pakai baterai bipolar NiMH

Salah teknologi yang diunggulkan Toyota Aqua adalah penggunaan baterai berteknologi canggih “baterai hidrida nikel-logam bipolar”. Baterai ini menghasilkan output  telah dua kali lipat dibandingkan dengan baterai aqua nickel-metal hydride konvensional yang digunakan sebelumnya. 

Selain membuat daya jelajah lebih jauh hanya dengan mengandalkan listrik, baterai ini juga memungkinkan akselerasi linier dan mulus dari kecepatan rendah.

Unit ini juga mengadopsi teknologi terbaru dari Toyota, yakni “Pedal Pleasure”. Teknologi ini memungkinkan pengemudi mengurangi kecepatan dengan mulus tanpa hentakan hanya dengan melonggarkan pedal akselerator.

Selain itu, mobil yang dibekali dengan mesin berkapasitas 1.5 liter ini juga sudah mengadopsi fitur terbaru Toyota “Aqua E-Four”. Fitur ini memungkinkan keempat roda berputar menyesuaikan kondisi medan yang dirancang untuk menerobos jalan bersalju.

Sebagai mobil modern, Toyota Aqua Hybrid 2021 juga dimodali dengan fungsi keselamatan dan keamanan terbaru. Toyota Aqua Hybrid 2021 dilengkapi dengan “Safety Sense” terbaru sebagai perlengkapan standar.

Baca juga  Biaya Servis Toyota Raize GR Sport, Mahal?

Dimana fungsinya adalah peringatan dini kecelakaan dimana akan  respons terhadap resiko kecelakaan saat di persimpangan, berbelok, membantu kemudi untuk mengemudi di tengah jalur yang sama.

Selanjutnya, juga ada Toyota Teammate Advanced Park, yang berfungsi sebagai sistem keamanan dan memudahkan untuk parkir.

Selain itu dalam keadaan darurat mobil ini juga bisa difungsikan sebagai sumber listrik darurat yang dapat digunakan untuk membantu menghidupkan beberapa peralatan rumah tangga.

Sebagai mobil kompak perkotaan yang canggih, Toyota Aqua Hybrid 2021 juga dibekali dengan chasis TNGA (GA-B) terbaru, yang memberikan efek rigid dan stabil yang lebih baik.

Interior Sederhana dan Fungsional

Toyota Aqua Hybrid 2021
interior Toyota Aqua Hybrid 2021

Di sektor interior, Toyota Aqua Hybrid 2021 mengusung konsep desain sederhana, yang berkesan bersih, dan berkualitas tinggi dengan menggabungkan semua fungsi.

Selain itu, interior tampak dibuat sangat berkelas dengan dengan menggunakan seperti ornamen berbalut kulit sintetis yang lembut, sandaran tangan, dan kursi listrik berbahan kulit sintetis yang nyaman dan nyaman.

Selain itu, kotak atas kursi penumpang yang dapat menyimpan tisu kotak dan konsol tengah dilengkapi dengan meja geser yang dapat dengan rapi menyimpan kabel charger.

Baca juga  3 Kelebihan Toyota Fortuner Facelift 2020

Selain itu, layar audio dan infotaiment berukuran cukup besar yakni 10,5 inci dengan pengoperasian dan visibilitas yang diklaim sangat baik. Toyota mengatakan sistem ini pertama kali diadopsi pada mobil kompak miliknya. 

Lantas bagaimana dengan peluang Toyota Aqua di Indonesia? Bukan tidak mungkin, terlebih Toyota memang sedang gencar meluncurkan produk-produk berteknologi hybrid. Bahkan pada 2022, mereka siap memproduksi Toyota Innova Kijang Hybrid di Tanah Air.

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto pernah bilang, soal penambahan model-model EV termasuk Aqua. “Kami masih melakukan studi dan diskusi dengan pemerintah melalui Gaikindo tentunya mengenai kendaraan-kendaraan EV yang sesuai dengan kondisi Indonesia,” katanya.

Demikian ulasan terkait Toyota Aqua Hybrid 2021 terbaru, simak terus Moladin.com untuk update konten berita otomotif terbaru.

Terbaru