Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Toyota Pamerkan Mobil Corolla Reli Concept Gazoo Racing, Bertenaga 300 HP 

by Tigor Sihombing
mobil Corolla Reli Concept Gazoo Racing

Di SEMA 2022, pabrikan Toyota pamerkan mobil Corolla Reli Concept Gazoo Racing (GR), bersamaan tiga mobil lainnya yaitu: dua unit Toyota GR 86, dan Toyota GR Supra. Dua unit Toyota GR86 tersebut berbasis konsep drift dan touring car, sedangkan satu unit GR Supra hadir dengan tema high performance.

Lalu untuk GR Corolla tampil sebagai mobil rally ala World Rally Championship (WRC). Pada mobil GR Corolla reli concept yang dipamerkan semua parts yang terpasang semuanya menyesuaikan regulasi yang ditetapkan oleh Federation Internationale de l’Automobile (FIA).

Misalnya pada bagian eksterior, interior dan beberapa sektor, semuanya telah memenuhi regulasi spek rali dengan tampilan siap balap. Seperti penggunaan widebody kit serta beberapa komponen lain yang dibuat dari bahan serat karbon, terutama pada bagian side skirt, splitter depan, dan rear wing.

Mengutip laman Motor1, pada bagaian kai-kaki GR Corolla reli concept mengusung pelek velg besutan OZ Racing dengan diameter 17 inci serta dibalut dengan ban Continental. Kaki-kaki tersebut akan semakin apik menapaki lintasan reli dengan penggunaansistem pengereman rm bawaan yang ditambahkan satu set kaliper belakang sekunder dari Wilwood.

Baca juga  Daftar Harga Fortuner Bekas, Mulai Rp 120 Jutaan

Begitu juga dengan interiornya, yang sudah tidak lagi dirancang sebagai sedan keluarga. Melainkan sudah terjejali kursi balap OMP Racing. Disegi kelamatan penunmpang, GR Corolla reli concept juga dibekali dengan rollbar khusus, shifter yang telah dimodifikasi untuk meningkatkan kecepatan pengoperasiannya.

Dan yang tidak kalah spektakuler, pada jantung pacu dijejali mesin tiga silinder 1.6 liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga hingga 300 tk dengan torsi puncak 370 Nm.

Mobil ini juga telah dilengkapi dengan filter udara beraliran tinggi serta knalpot Magnaflow untuk memaksimalkan output tenaga di ruang mesin.

Ubahan ekstrim ini tidak hanya dilakukan pada GR Corolla reli concept. Melainkan pada GR Yaris WRC di mana bodinya juga ikut menjadi lebar, serta memiliki aura yang lebih agresif. Penggunaan warna pun disenadakan dengan menggunakan skema putih, merah dan hitam yang menjadi warna kebanggaan dari Gazoo Racing.

GR Corolla Tidak Masuk Indonesia

mobil Corolla Reli Concept Gazoo Racing

GR Corolla Jepang

Berbeda dengan Toyota GR Yaris, GR Corolla hingga saat ini belum masuk Indonesia. Mobil tersebut hanya baru rilis di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Jepang. Di Amerika, model ini rilis pada Maret 2022 dan di Jepang mulai dijual pada semester kedua 2022.

Baca juga  Spesifikasi Innova D’Masiv Yang Kecelakaan di Situbondo

Untuk versi standartnya, GR Corolla menggunakan mesin turbo intercooler tiga silinder 1.600cc yang lebih kuat dari mesin GR Yaris. Mesin Corolla versi sport ini mampu mengeluarkan output maksimum 224 kW (304 PS)/6.500rpm, sedangkan GR Yaris sebesar 200 (272) 6.500rpm.

Demikian ulasan terkait mobil Corolla Reli Concept Gazoo Racing yang sudah disulap jadi mobil rali dunia. Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan update terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika