oleh

VW Bangkitkan Scout EV, SUV Gagah!

VW Group dikabarkan akan membangkitkan kembali small truck legendaris asal Amerika Serikat, Scout EV. Namun kali ini SUV yang sempat eksis pada periode tahun 1960 – 1980-an tersebut ada hadir dalam konfigurasi elektrik.

Jika sudah dipasarkan nantinya mobil ini akan bersaing dengan Jeep Wrangler dan Ford Bronco yang keduanya sekarang sama-sama sudah merilis versi elektrik.

VW Group dalam laman resminya juga telah merilis sketsa siluet tendatang model mobil terbarunya tersebut. Yang pasti akan ada versi pikap dan SUV murni.

Dewan direksi VW akan mulai mengetuk palu untuk menyetujui rencana tersebut atau tidak pada hari Rabu ini. Jika nantinya rencana sesuai dengan yang diinginkan, maka Scout akan beroperasi sebagai anak perusahaan VW.

“Setelah kesuksesan Volkswagen di AS, kami sekarang mengambil kesempatan untuk lebih memperkuat posisi kami di salah satu pasar pertumbuhan paling signifikan untuk EV,” kata CEO VW Group Herbert Diess, dikuti dari laman The Verge, Selasa (17/5/2022).

“Elektrifikasi memberikan kesempatan bersejarah untuk memasuki segmen pickup dan SUV yang sangat menarik sebagai sebuah grup, menggarisbawahi ambisi kami untuk menjadi pemain yang relevan di pasar AS,” tambahnya.

Baca juga  Volkswagen Polo GTI Facelift 2021, Meluncur Sebentar Lagi

Untuk pengembangan unit Scout EV ini VW dilaporkan menyiapkan insvestasi senilai USD 1 miliar atau setara Rp 14,6 triliun. Modal ini nantinya akan dibuatkan fasilitas manufaktur baru dan merekrut karyawan.

Scout sendiri ditargetkan akan menjual 250.000 unit per tahun di AS, dengan produksi yang rencananya akan dimulai pada tahun 2026. Sayangnyha hingga saat ini belum ada data teknis lanjutan mengenai spesifikasi Scout EV kedepannya.

Namun dipastikan seluruh modelnya akan berjenis SUV, mengingat Scout sendiri saat pertama kali diperkenalkan pada 1961 muncul sebagai mobil SUV kecil dua pintu.

Sejarah Singkat Scout

Scout EV
Scout keluaran 1971

VW sendiri merupakan salah satu pembuat mobil terbesar di dunia tetapi hanya menguasai sebagian kecil dari pasar AS. Nah VW beberapa waktu lalau mengakuisisi Scout di AS, tujuanya untuk kembali menghidupkan salah satu SUV yang lumayan arabk dengan masyarakat AS seperti Ford Bronco. Dimana tujuan utamanya tentu saja untuk merebut pasar mobil listrik off road.

“Perusahaan yang akan kami dirikan tahun ini akan menjadi unit dan merek terpisah dalam Grup Volkswagen untuk dikelola secara independen.”

Baca juga  VW Tiguan Allspace Sport Meluncur, Sambut Hari Merdeka

“Ini sejalan dengan model kemudi Grup yang baru – unit kecil yang bertindak gesit dan memiliki akses ke platform teknologi kami untuk meningkatkan sinergi,” kata Arno Antlitz, CFO Volkswagen Group.

Scout sendiri dirilis pada tahun 1961. Model pertamanya adalah mobil IH Scout yang menjadi pesaing berat Jeep CJ (Jeep CJ-5). Sedangkan pesaingnya kala itu adalah Ford Bronco muncul pada tahun 1966 dan berhenti pada tahun 1996. Kemudian dihidupkan lagi pada tahun 2020 lalu dengan pilihan konfigurasi EV.

Demikian ulasan terkait Scout EV yang rencananya akan kembali dibangkitkan VW Group untuk mengekspansi pasar AS. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru