oleh

4 Bagian Mobil yang Harus Dibersihkan Usai Mudik

Ada beberapa bagian mobil yang harus dibersihkan setelah melakukan perjalanan jauh. Hal ini penting karena menyangkut kesehatan dan kenyamanan berkendara.

Perjalanan mudik dan libur Lebaran meninggalkan jejak berupa kotoran yang mengganggu dan membuat mobil tampak kusam dan tidak nyaman dikendarai. Belum lagi kondisi cuaca yang tidak menentu sepanjang perjalanan membuat bodi mobil kotor, baik debu maupun cipratan air hujan.

“Oleh sebab itu, lakukan proses membersihkan yang efektif supaya mobil kembali bersih dan sedap dipandang serta nyaman digunakan,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Toyota Auto2000, Jumat (13/5/2022).

Dalam membersihkan mobil, ada alat-alat yang harus dipersiapkan. Misalnya air bertekanan, kain chamois, kain mikrofiber, sampo mobil, ember, cairan pembersih dan bahan perawatan mobil.

Pastikan seluruh alat yang digunakan dalam kondisi baik sehingga tidak merusak permukaan cat mobil atau panel interior. Selanjutnya jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung dan usahakan di pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu dingin atau panas.

Baca juga  Kupas Tuntas Kebijakan PSBB Jilid 2 di Jakarta

Keluarkan seluruh barang pribadi dari dalam mobil untuk memudahkan proses pembersihan. Bagian mobil yang harus dibersihkan setelah mudik di antaranya: 

1. Bodi Mobil Wajib Dicuci

cara cuci mobil tanpa air
Cara terakhir adalah lap mobil dengan kain katun

Bagian mobil yang harus dibersihkan pertama adalah bodi. Kamu bisa memulai dengan menyemprot menggunakan air bertekanan dari kolong mobil dan ban. Pastikan kolong mobil bersih untuk menghindari timbulnya karat.

Selanjutnya kamu bisa menggunakan sampo mobil untuk membersihkan bodi mobil dan dibilas untuk meluruhkan kotoran. Gunakan kain mikrofiber untuk mengeringkan sisa air mencuci mobil.

Lap secara merata dan pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi dan kaca mobil.

2. Bersihkan Ruang Mesin

bagian mobil yang harus dibersihkan setelah mudik
Mesin yang bersih lebih mudah untuk mengetahui bila ada kebocoran atau kerusakan

Bagian mobil yang harus dibersihkan berikutnya adalah ruang mesin mobil. Pada bagaian ini baiknya ruang mesin mobil dicuci dengan air bertekanan tinggi dan dan gunakan lap atau mikrofiber basah untuk mengangkat kotoran di ruang mesin.

3. Vakum Kabin Mobil

cairan pembersih interior mobil
Membersihkan jok mobil dengan vacum cleaner

Kamu harus hati-hati juga ketika membersihkan interior mobil. Mulai dengan mengeluarkan seluruh karpet mobil dan dicuci menggunakan sabun pembersih.

Baca juga  7 Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk Gigi, Cek Segera!

Pastikan karpet mobil kering sempurna dengan menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari langsung sehingga tidak lembab dan bau.

Pakai vacuum cleaner untuk membersihkan seluruh bagian dalam mobil. Sedangkan bagian jok berlapis kulit sintetis cukup diseka bermodalkan air hangat atau interior cleaner dan kain chamois.

Interior cleaner dapat pula dimanfaatkan untuk membersihkan noda membandel dan seka dengan kain mikrofiber. Bersihkan pula panel kabin mobil yang sering dipegang seperti setir, tuas transmisi, dan panel pintu untuk menghilangkan kotoran.

4. Pastikan Bagasi Mobil Bersih

kelebihan hyundai staria - interior lapang
Bagasi yang kotor, rawan didatangi oleh hewan pengerat seperti tikus

Bagian mobil yang harus dibersihkan selanjutnnya adalah bagasi. Pakai vacum cleaner untuk membersihkan segala sudut dan celah bagasi untuk memastikan kotoran hilang.

Perhatikan tempat penyimpanan ban serep untuk mencari kotoran yang menyelinap sekaligus membersihkan ban serep dan pelek.

Demikian ulasan terkait bagian – bagain mobil yang harus dibersihkan sehabis melakukan perjalanan mudik. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif. 

Terbaru