Thursday, October 6, 2022

Wuling 4×4 EV Mirip Jimny, Meluncur 2023!

by Baghendra Lodra
baojun wuling 4x4 ev - tampak samping

Sosok Wuling 4×4 EV hadir dalam sebuah video di Cina. Kemunculannya memang sangat singkat, bersamaan dengan acara peluncuran Baojun KiWi EV, beberapa waktu lalu. Walau demikian, mobil listrik yang mirip Suzuki Jimny dan punya aura SUV kental ini begitu menarik perhatian.

Buat kamu yang belum tahu, Baojun merupakan saudara dari Wuling. Keduanya sama-sama berada di bawah payung SAIC-GM-Wuling (SGMW). Jadi wajar kalau kami menyebut SUV anyar tersebut sebagai Wuling 4×4 EV. Apalagi di Indonesia, SGMW hadir dengan merek Wuling, bukan Baojun. Walau memang, banyak media asing justru menamainya Baojun 4×4 EV.

Sejauh ini, Baojun sendiri belum memberi mobil barunya itu nama. Kemungkinan peluncuran versi konsepnya akan dilakukan di Guangzhou Auto Show pada akhir November.

“(Versi massalnya) meluncur untuk pasar Cina pada Q1 2023,” seperti dikutip dari laman Carnewschina.

Jika benar bakal hadir tahun depan, harusnya Suzuki malu. Pasalnya merek mobil asal Cina bisa menghadirkan Jimny versi listrik terlebih dulu. Sementara Suzuki, hingga sekarang masih berkutat dengan Jimny bensin yang pengiriman unitnya ke konsumen di seluruh dunia, termasuk Indonesia tidak selesai-selesai.

Baca juga  BMW X3 M dan X4 M Competition Pakai Mesin Terbuas

Mau tahu lebih detail soal SUV Baojun tersebut atau kami sebut sebagai Wuling 4×4 EV? Berikut kemungkinan spesifikasinya.

moladin tampil baru blog banner

Mobil Offroad Wuling Berbasis GSEV

baojun wuling 4x4 ev - detail lampu dan velg

Hingga sekarang memang tidak banyak informasi soal Wuling 4×4 EV. Walau demikian, mobil listrik tersebut bisa diterka spesifikasi dari video yang disebarkan oleh Baojun.

Di sana tampak sekali, ini adalah mobil listrik mini dengan dimensi mirip Baojun Kiwi EV dan Wuling Air EV. Maklum, kemungkinan basisnya juga akan sama yaitu Global Small Electric Vehicle (GSEV). Jadi kurang lebih eksteriornya punya panjang cuma 3 meter dengan dua pintu. 

Lalu desainnya mengotak, persis sekali Suzuki Jimny. Untuk menunjang aura SUV, di atap ada roof rail dan pakai velg besar. Ground clearance SUV listrik ini juga tinggi.

Kemudian sistem pencahayaan menggunakan full LED. Lampu depannya unik dengan gaya garis-garis membentuk segi empat. Sementara lampu belakangnya berbentuk oval.

Soal interior, memang belum ada bocoran yang pasti. Walau demikian, mengingat bodinya mungil dan cuma pakai dua pintu, maka di dalam kabinnya seperti Wuling Air EV bakal muat 4-orang, tidak lebih.

Baca juga  5 Perbedaan Land Cruiser VX-R vs GR Sport, Awas Salah Beli!

Bagaimana dengan performa offroad dari Wuling 4×4 EV? Prediksi media Cina, SUV mini bertenaga baterai ini bakal memiliki dua motor penggerak di depan dan di belakang. Alhasil kemampuanya akan istimewa untuk melaju di berbagai medan jalan.

Itulah tadi bahasan soal Baojun 4×4 EV atau Wuling 4×4 EV. Kalau meluncur di Indonesia, tertarik untuk punya? Untuk informasi terbaru dan terlengkap soal otomotif, pantau terus Moladin!

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika