Minggu, September 25, 2022

SUV Ferrari Purosangue Meluncur 13 September, Bisa Offroad?

by Firdaus Ali
suv ferrari purosangue

Ferrari Purosangue siap meluncur pada 13 September 2022. Ini merupakan mobil yang sangat istimewa, karena menjadi SUV pertama dari pabrikan kuda jingkrak asal Italia tersebut.

Sebagai sebuah SUV, apakah Purosangue bisa diajak offroad? Tentu saja hal tersebut harus divalidasi lagi setelah peluncurannya dilakukan. Tapi bahasan yang lebih penting untuk kali ini adalah bakal seperti apa spesifikasinya? 

Dari akun resmi sosial media Ferrari, kita bisa melihat video pendek yang menampilkan calon SUV terbaru mereka. Dari sisi tampilan tampak lampu depan yang pipih. Terdengar pula suara raungan mesin yang identik dengan konfigurasi V12.

“Kamu mendengarkannya di sini terlebih dahulu. Lebih lengkapnya akan diumumkan pada 13 September,” tulis akun sosial media Ferrari.

Jika menggunakan mesin V12, maka Purosangue akan berhadapan dengan kompetitor seperti Aston Martin DBX dan Lamborghini Urus. Apakah SUV Ferrari mengalakhkan para rivalnya?

banner atas

Bocoran Spesifikasi Ferrari Purosangue, Pakai Fitur Offroad

SUV Ferrari Purosangue

Bagian belakang Ferrari Purosangue yang masih ditutupi stiker kamuflase, tapi terlihat pakai empat knalpot. Foto: Autocar.uk

Video teaser Ferrari Purosangue memang telah ditayangkan di akun resmi sosial medianya. Namun begitu sayangnya mereka belum menampilkan spesifikasi detailnya.

Baca juga  Spesifikasi BMW X6, SUV Rp1,9 Miliar Meluncur Saat Korona

Dikutip dari laman resmi autocar.uk, Ferrari Purosangue akan menggunakan mesin jenis V12. Nah, mengacu pada mesin V12 6,5 liter yang sudah digunakan pada model 812 GTS, di atas kertas tenaga yang dihasilkannya bisa mencapai 789 hp dan torsi puncak di angka 718 Nm. Buas!

Pada model 812 GTS, mesin V12 ini kemampuan untuk menuntaskan akselerasi dari 0 hingga 100 km per jam diklaim hanya butuh waktu kurang dari 3 detik. Namun begitu, hasil akselerasi yang akan diraih oleh SUV Ferrari Purosangue kemungkinan angka akselerasinya tidak sama, mengingat keduanya memiliki model dan dimensi yang berbeda.

Soal tampilan eksterior memang belum terlihat secara gamblang keseluruhan tongkrongannya. Namun jika melihat dari foto Purosangue yang sedang melakukan uji jalan dengan ditutupi stiker kamuflase, desain kacanya akan landai, mengikuti lekukan dari atap ke kap mesin. Kemudian, untuk bagian belakangnya terlihat jelas super car SUV ini akan menggunakan 4 knalpot untuk menegaskan performa dari Purosangue.

“V12 selalu menjadi bagian intrinsik dari DNA Ferrari. Ini adalah perayaan warisan kita, dan simbol pencarian kita yang tanpa henti untuk ketinggian kinerja baru dan emosi mengemudi yang murni,” terang Benedetto Vigna selaku CEO Ferrari.

Baca juga  Chery Indonesia Siapkan Rival Wuling Almaz?

Adapun untuk dimensinya dikabarkan mempunyai panjang 5 meter. Kemudian ground clearance kemungkinan tidak terlalu tinggi, seperti halnya mobil SUV untuk penggunaan jalan raya.

Walau demikian, Ferrari kemungkin bakal menyematkan suspensi yang bisa diatur ketinggiannya dan juga sistem anti-roll. Kehadiran dua fitur itu, diharapkan bisa membuat Purosangue memiliki kemampuan di jalan raya yang mengesankan, sekaligus sedikit performa offroad terutama dalam melewati jalanan bergelombang.

“Kami mempunyai tantangan baru dengan membuka segmen baru. Namun begitu, kami selalu mempunyai posisi yang sangat tajam dan terarah. Tentunya akan sangat membantu Purosangue saat minggu depan diluncurkan,” tutup Benedetto Vigna.

Selanjutnya, untuk kabin interiornya diprediksi mampu menampung 4 penumpang. Ferrari juga bakal memberi Purosangue empat pintu, jadi akses keluar masuk penumpang belakang semakin mudah.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil super car SUV Ferrari Purosangue. Apakah akan hadir juga di Indonesia? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika