Antisipasi Korona, Top Up Uang Elektronik di Gerbang Tol Ditiadakan

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) meningkatkan langkah antisipasi pengendalian virus Corona atau Covid-19.  Langkah yang dilakukan dengan menerapkan social distancing secara bertahap termasuk dalam hal aktivitas transaksi tol, dengan cara menutup sementara fasilitas top up uang tunai di gerbang tol wilayah Jabodetabek mulai Kamis (19/3/2020).

“Hal ini dilakukan karena kami mengutamakan kesehatan dan keamanan baik pengguna jalan maupun karyawan operasional. Dengan adanya fasilitas top up tunai masih ada transaksi dengan menggunakan uang tunai dan potensi kontak fisik antara pengguna jalan dengan karyawan operasional Jasa Marga,” ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru ketika dihubungi Moladin.

Hal ini dilakukan Jasa Marga agar tidak terjadi antrean transaksi di gerbang tol. Heru juga turut mengimbau para pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

“Memastikan kecukupan saldo merupakan dukungan pengguna jalan, untuk ikut menerapkan social distancing di gerbang tol,” ujar Heru.

Lebih lanjut Ia pun menambahkan, “Sebagai contohnya, di ruas jalan tol dengan sistem transaksi terbuka, pengguna jalan dengan saldo uang elektronik kurang dan harus meminjam di kendaraan belakangnya tetap melakukan kontak fisik berupa peminjaman uang elektronik. Ini harus dihindari.”

Langkah Jasa Marga di Gerbang Tol

Sesuai SOP yang diberlakukan dalam menghadapi pandemi ini, petugas Jasa Marga juga membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan di cek suhu tubuhnya, ketika memulai tugas dan selesai tugas.

Sementara itu, untuk memastikan kebersihan Gardu Tol Otomatis (GTO), PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) selaku pengelola pemeliharaan peralatan tol Jasa Marga Group secara periodik membersihkan reader tapping uang elektronik dengan cairan disinfektan yang dilakukan minimal satu jam sekali.

Selain di gerbang tol, Jasa Marga Group juga meningkatkan pengendalian kebersihan dan tingkat kebersihan di rest area jalan tol yang dikelola anak usaha PT Jasamarga Related Business (JMRB).

Adapun, langkah yang telah dilakukan sebelumnya dan masih terus berjalan adalah sosialisasi untuk mencuci tangan dengan benar menggunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) yang ditempatkan di titik-titik strategis seperti lokasi tenant, akses ke toilet, hingga mushola.

Baca juga:

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *