by

Begini Cara Memilih Sarung Mobil yang Tepat

Memilih sarung mobil atau car cover sejatinya bukanlah perkara mudah. Jika salah memilih, bisa mengakibatkan eksterior mobil justru mengalami kerusakan.

Dengan memilih sarung mobil yang tepat, tentunya pemilik mobil berharap dapat menjaga mobil dari kerusakan ketika kendaraan di parkir di rumah.

Penggunaan sarung mobil, juga melindungi kendaraan dari potensi terkena cakaran binatang seperti kucing yang naik ke atas mobil. Kemudian dapat pula melindungi dari air hujan, debu, serta kotoran lainnya yang berpotensi mengenai mobil saat parkir.

Tanpa sarung mobil, potensi kotoran menempel di mobil saat parkir semakin tinggi. Tak jarang juga, mengakibatkan munculnya water spot atau jamur di bodi mobil. Efeknya kendaraan kamu jadi terlihat kusam. Terparahnya meningkatkan risiko tumbuhnya karat.

Menurut Ricky Martawijaya, selaku Aftersales Division Head Auto2000, dalam memilih sarung mobil tidak boleh asal-asalan. Sebaiknya memilih cover mobil dengan kualitas yang baik.

“Pastikan cover mobil yang dibeli punya kualitas prima sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan baik untuk menjaga mobil dari berbagai material yang merusak, terutama di musim hujan seperti saat ini,” ujar Ricky dalam keterangan resminya kepada Moladin, Kamis (10/12/2020).

Baca juga  10 Cara Reset Alarm Mobil, Pemilik Wajib Tahu!

Lebih lanjut, Ricky pun menjelaskan setidaknya ada cara jitu dalam memilih sarung mobil yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Mau tahu apa saja tipsnya? Simak bahasan berikut:

Cermat Memilih Sarung Mobil

Memilih sarung mobil yang tepat
Tips memilih sarung mobil yang tepat

Buat kalian yang ingin memilih sarung mobil, perlu diperhatikan adalah pahami ukuran cover yang sesuai dengan dimensi mobil. Pastikan jangan terlalu besar atau terlalu kecil.

Pasalnya cover yang terlalu besar dapat membuatnya tidak terpasang dengan baik, sehingga membuat bagian bawah tidak kencang. Bukan tidak mungkin sarung mobil bakal terangkat atau terlepas saat tertiup angin.

Sebaliknya, jika menggunakan sarung mobil dengan ukuran kecil, tidak menyelimuti mobil secara sempurna. Alhasil banyak bagian yang tetap terkena kotoran, terutama bagian bawah.

Langkah selanjutnya dalam memilih sarung mobil, pahami bahan yang digunakan. Buat kamu yang sering parkir di luar ruangan, sebaiknya pilih cover mobil dengan bahan parasut atau polyester karena tahan air.

Biasanya cover mobil yang baik terbuat dari material JN coating, serta telah mengadopsi teknologi serat polyester modern. Material itu memiliki sifat kuat dan punya daya tahan tinggi, serta dilapisi coating yang membuatnya anti air hingga 95% dengan efek daun talas.

Baca juga  Uji Emisi di Auto2000 Gratis, Ini Syaratnya

Sebagai catatan, bahan parasut juga ada risiko berembun di bagian dalam, sehingga harus dijaga supaya tetap kering dan bersih.

Jika mobil kamu lebih sering parkir di dalam ruangan, bisa memilih sarung mobil berbahan fabric. Tujuannya agar dapat memperlancar sirkulasi udara dan menghindari kelembaban pada mobil.

Pemilik mobil juga sebaiknya memilih sarung mobil dengan kualitas yang baik. Jangan tergiur dengan harga yang cenderung murah, serta memiliki warna-warna terang karena alasan lucu. Karena bahan dengan kualitas rendah bisa saja mengakibatkan warna sarung luntur dan mengenai bodi mobil. Tentu akan sangat menyulitkan ketika hal ini terjadi pada kendaraan kamu.

Kenali Lapisan Cover Mobil

Cover mobil
Cover mobil

Tak kalah penting dalam memilih sarung mobil, sebaiknya kalian memilih cover mobil dengan kualitas memadai. Sebaiknya gunakan sarung mobil yang punya beberapa lapisan.

Biasanya pada bagian luar punya bahan khusus yang berfungsi untuk melindungi mobil dari guyuran hujan, maupun terik matahari. Pada lapisan kedua basanya terdapat rongga untuk sirkulasi udara guna mencegah pengembunan.

Baca juga  Cuci Jok Mobil Sendiri di Rumah? Ini Caranya

Di lapisan ketiga atau lapisan paling bawah akan melindungi bodi mobil. Umumnya lapisan ini berbahan lembut supaya tidak mengakibatkan bodi mobil baret.

Terakhir yang perlu diingat, sebaiknya kamu membeli sarung mobil di tempat yang terpercaya dengan bahan berkualitas. Cari juga referensi dari para pengguna mobil lain supaya tidak salah pilih. Well.. Semoga informasi mengenai cara memilih sarung mobil ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru