Biaya Service Shockbreaker Motor Sudah Murah, Tak Harus Ganti Ketika Rusak

Shockbreaker, sokbreker, skok, suspensi, atau peredam kejut adalah sebutan untuk sebuah alat mekanik yang didesain untuk meredam hentakan. Alat ini dipakai di banyak kendaraan, mulai dari sepeda hingga pesawat terbang. Fungsinya di kendaraan tentu saja adalah untuk mengurangi dan menghaluskan efek dari permukaan jalan. Ketika melintasi jalan yang kurang halus, kendaraan akan menghasilkan energi kinetik yang cukup besar. Tanpa shockbreaker, kendaraan dapat terlempar.

Motor bebek dan matic normalnya memakai dua macam suspensi yang berbeda untuk roda depan dan belakang. Suspensi depan biasanya memakai sistem pneumatik dan hidraulik (teleskopik). Sistem ini membutuhkan sebuah silinder yang diisi dengan cairan kental, biasanya minyak hidraulik atau udara. Keseluruhan rumah atau casing dari semua komponen shockbreaker depan disebut dengan slider garpu. 

Sementara itu, shockbreaker belakang biasanya berbasis per, baik per keong maupun per daun. Per itu biasanya tu ‘membungkus’ peredam kejut lain yang yang berbasis hidraulik. Kombinasi ini bisa menghasilkan instrumen yang tepat untuk menghilangkan gaya yang yang dihasilkan hari motor yang melewati gundukan atau lubang.

Seperti halnya semua komponen motor yang lain, shockbreaker juga bisa mengalami kerusakan. Dan ketika rusak, tentu saja komponen ini tidak akan bisa menjalankan tugasnya dengan baik bagi motor. Berkendara menjadi tidak nyaman karena biasanya motor menjadi keras dan kurang stabil ketika shockbreaker rusak. 

Shockbreaker

Tapi kamu tak perlu terburu-buru mengganti shockbreaker yang rusak itu dengan yang baru. Kamu cukup datang ke salah satu bengkel service shockbreaker motor yang saat ini sudah bertebaran di seluruh Indonesia. Di bengkel-bengkel ini, shockbreaker kamu akan diperbaiki untuk mengembalikan fungsinya. Yang paling menarik, biaya servisnya juga tidak mahal, terutama untuk shockbreaker motor standar yang ada di Indonesia.

Di bengkel service shockbreaker motor ini, suspensi kamu yang mati akan disulap sampai jadi nyaman kembali. Kamu bahkan bisa meminta level keras atau empuknya shockbreakermu itu sesuai selera. Kamu juga bisa pilih setingan yang sangat empuk sampai yang keras, tergantung mana yang kamu suka. 

Selain itu, biaya service shockbreaker motor ini terhitung murah. Tentu saja setiap bengkel menentukan harga yang berbeda-beda. Tapi sebagian besar memasang harga yang relatif murah untuk motor-motor populer seperti matic dan bebek.

Berikut adalah perkiraan rata-rata biaya service shockbreaker motor untuk setiap tipenya. Harga di setiap bengkel bisa bervariasi.

Tipe Motor

Shockbreaker Depan

Shockbreaker Belakang

Variasi

Matic/bebek

Rp80.000

Rp80.000

Rp100.000

Sport di bawah 250cc

Rp100.000

Rp120.000

Kawasaki Ninja RR

Rp150.000

Rp150.000

Trail (CRF150, KX, KLX)

Rp200.000

Rp120.000

Sport 250cc ke atas

Rp250.000

Rp150.000

 

Menurut pengakuan para mekanik di Dewa Shock Motor yang beroperasi di Jakarta Selatan, kebanyakan orang yang datang ke bengkel mereka mengeluhkan kerusakan besi as suspensi depan. Akibat kerusakan itu, shockbreaker tak lagi memiliki respon ketika motor melewati jalan berlubang atau gundukan seperti polisi tidur.

Dari pengalaman mereka, shockbreaker yang paling banyak diservis adalah yang berasal dari motor matic tahun muda. Keluhan paling umum adalah suspensi matic jaman sekarang lebih gampang baret, berbeda jika dibandingkan dengan motor dari generasi sebelumnya. Selain itu, volume motor matic saat ini memang sangat banyak, cukup wajar jika sebagian di antaranya mengalami kerusakan.

Beberapa bengkel shockbreaker lainnya juga melayani banyak tipe pekerjaan. Bukan cuma perbaikan (repair), tetapi juga bisa melakukan setting, kustomisasi, dan modifikasi untuk tujuan tertentu. Khusus untuk modifikasi, pelanggannya banyak berasal dari penghobi offroad atau balap di sirkuit. Shockbreaker untuk tujuan ini memang butuh settingan khusus, disesuaikan dengan karakter motor, karakter pembalapnya, serta kondisi sirkuit balapnya.

 

Yamaha Jupiter MX King

*Angsuran mulai dari

 

Tak sedikit dari bengkel-bengkel spesialis shockbreaker itu yang memiliki peralatan lengkap untuk memodifikasi semua macam suspensi. Sebagian malah ada yang memiliki mesin pembuatan ulir, mesin bubut khusus, dan mesin tes shockbreaker. Semua peralatan itu penting untuk memastikan bahwa modifikasi yang dilakukan sesuai target dengan keamanan produk yang terjamin.

Kamu juga enggak perlu khawatir dengan kualitas pekerjaan para mekanik di bengkel khusus shockbreaker ini. Pasalnya, setiap pekerjaan yang mereka lakukan selalu di barengi dengan garansi selama beberapa bulan. Ada yang menggaransi service mereka selama dua bulan, ada juga yang yang berani memberikan garansi sampai tiga bulan. Selama masa garansi, jika shockbreaker kamu rusak lagi, kamu tinggal membawanya kembali ke bengkel dan akan diperbaiki secara gratis. Tanpa biaya sama sekali.

Hal itu lah yang membuat banyak orang makin yakin untuk memperbaiki shockbreaker mereka yang rusak ke bengkel ketimbang membeli yang baru. Dengan biaya service shockbreaker motor yang relatif murah, kualitas pelayanannya juga sangat bagus dan disertai dengan garansi. Bukan cuma itu, kalau kamu ingin performa shockbreaker-mu sesuai dengan kebutuhanmu, termasuk untuk balap sekalipun, bengkel-bengkel itu akan siap membantumu.

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *