Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Cari Pinjaman Uang Terdekat? Simak 5 Solusinya di Sini

by Firdaus Ali
cari pinjaman uang terdekat

Di mana sih tempat untuk cari pinjaman uang terdekat? Artikel berikut ini akan membahas mengenai beberapa tempat peminjaman dana tunai, baik konvensional hingga pinjaman online.

Seperti diketahui bahwa saat ini sudah banyak ditemui tempat peminjaman uang di berbagai wilayah dan jejaring platform. Untuk tempat peminjaman uang konvensional ada Bank, lembaga pembiayaan atau finance, Koperasi Simpan Pinjam, hingga pegadaian. Lalu untuk online, tersedia pinjaman online atau pinjol. Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan platform terpercaya seperti Dana Tunai Moladin. 

Cari pinjaman uang terdekat yang juga bisa jadi alternatif adalah ke teman atau kerabat. Solusi yang terakhir ini bersifat nonformal, tapi cukup ampuh untuh membuat kamu mendapat dana. Hanya saja kekurangannya, kalau kamu tidak bisa membayar utang sesuai dengan kesepakatan, bisa jadi hubungan pertemanan atau persaudaraan kamu akan renggang. Tentu saja hal ini cukup riskan untuk dilakukan.

Mau tahu lebih detail soal tempat yang bisa kamu pinjam uangnya? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Kredit di Bank

Cari pinjaman uang terdekat

Pinjam uang bisa di bank

Cari pinjaman uang terdekat yang pertama adalah melalui Bank. Dimana untuk mengajukan pinjaman uang di Bank umumnya memerlukan jaminan berupa sertifikat rumah atau BPKB kendaraan seperti mobil dan sepeda motor. Rate bunga yang dikenakan juga rendah, seperti contohnya KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan rate bunga efektif 6% hingga 9% per tahun.

Baca juga  Gadai BPKB Motor: Cara, Syarat, dan Rekomendasi Terbaiknya!

Namun, untuk mengajukan KUR di Bank yang telah ditunjuk oleh Pemerintah tidaklah mudah. Kamu harus menyiapkan beberapa syarat mutlak untuk mengajukannya. Seperti jaminan sertifikat rumah atau BPKB kendaraan, dan sudah mempunyai usaha minimal 6 bulan.

Yup, KUR (Kredit Usaha Rakyat) ini memang diperuntukkan untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya, utamanya untuk UMKM dan UKM.

Selain KUR, beberapa Bank saat ini juga ada produk KTA (Kredit Tanpa Anggunan). Meski tanpa jaminan atau anggunan, rate bunga yang dibebankan ke peminjam tergolong tinggi. Selain itu tenor kreditnya juga pendek, mulai 6 bulan sampai 2 tahun. Tak hanya itu saja, proses verifikasi data juga membutuhkan waktu yang cukup lama, berkisar 1 minggu sampai 10 hari.

2. Pinjam Uang di Leasing

Cari pinjaman uang terdekat

Ilustrasi leasing

Cari pinjaman uang terdekat berikutnya ada lembaga pembiayaan atau leasing. Mengajukan pinjaman di leasing atau lembaga pembiayaan sebenarnya mirip dengan pinjam uang di Bank, yaitu memerlukan jaminan berupa BPKB kendaraan atau sertifikat rumah. Untuk suku bunga variatif, ada yang lebih tinggi dari Bank dan ada pula yang sama dengan rate bunga Bank.

3. Koperasi Simpan Pinjam

Cari pinjaman uang terdekat

Pinjam uang bisa di Koperasi

Cari pinjaman uang terdekat selanjutnya ada Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Dimana untuk mengajukan pinjaman uang di Koperasi Simpan Pinjam umumnya harus terlebih dahulu menjadi anggota atau pengurus Koperasi yang tentunya mempunyai kewajiban membayar iuran keanggotaan setiap bulannya.

Baca juga  Pinjaman Online Cepat Cair dan Bunga Rendah? Ya Moladin!

Setelah menjadi anggota atau pengurus Koperasi, untuk meminjam uang memang lebih mudah dibandingkan meminjam dari Bank atau Leasing. Namun begitu jumlahnya terbatas, sesuai dengan jumlah uang kas yang ada dari Koperasi tersebut.

4. Pinjol untuk Dapat Uang

cari pinjaman uang terdekat

Konotasi pinjol sering kali negatif, karena tidak terdaftar OJK

Saat ini pinjaman online (Pinjol) sudah merebak di mana-mana. Berbagai platform pinjaman online ditawarkan dengan segala macam promo untuk daya tarik. Hanya saja umumnya pinjol menawarkan uang cepat tanpa jaminan dan yang lebih parah lagi, sisi negatif dari pinjol cukup tinggi.

Ambil contoh keabsahan perusahaan pinjaman online tersebut, banyak yang masih perlu dipertanyakan, lantaran belum terdaftar di OJK (otoritas jasa keuangan). Ini penting untuk menjaga kerahasiaan data pribadi kamu. Sebab, saat mengajukan pinjaman, kamu diwajibkan mensubmit form yang melampirkan data diri dan foto untuk syaratnya. Dengan terdaftar di OJK, maka perusahaan Pinjol tersebut lebih terjamin untuk tidak menyalahgunakan data kamu.

Selain itu juga tidak kalah penting adalah memperhatikan besaran bunga. Sebab, beberapa perusahaan Pinjol ada yang menerapkan bunga tinggi.

5. Gadai BPKB di Dana Tunai Moladin

cari pinjaman uang terdekat

Dana Tunai Moladin yang menawarkan bunga rendah dan proses pencairan dana cepat

Biar tidak salah cari pinjaman uang terdekat, kami rekomendasikan gadai BPKB di Dana Tunai Moladin. Prosesnya cepat bahkan bisa cuma 1 hari, karena dilakukan secara online melalui agen. Kemudian, Moladin juga lebih terpercaya lantaran memiliki 27 mitra leasing yang terdaftar OJK, sudah 34 ribu customer yang menggunakannya, serta memiliki 340 cabang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga  Butuh Pinjaman Dana Cepat Cair? Ini Solusinya!

Berikut adalah daftar lembaga yang kerja bareng dengan Dana Tunai Moladin dalam hal gadai BPKB:

  • BFI FInance
  • BFI Syariah
  • NSC
  • NSC Syariah
  • Kredit Plus
  • MPM Finance
  • Clipan Finance
  • MNC Finance
  • WOM
  • MTF
  • TAF
  • Smart Finance
  • Adira Finance
  • Sinarmas Finance
  • Mega Finance
  • Buana Finance, dan beberapa lembaga pembiayaan lain

Kelebihan cari pinjaman uang terdekat melalui gadai BPKB mobil dan motor di Dana Tunai Moladin, pencairannya bisa 90 persen dari nilai kendaraan yang dijaminkan. Tentu ini membuat kamu berpeluang memperoleh dana besar. Ditambah lagi bunganya juga rendah, mulai 0,9 persen. Kemudian tenor cicilan pun bisa panjang, hingga 5 tahun.

Bagaimana, tertarik untuk mendapatkan dana segar di Dana Tunai Moladin? Segera gadaikan BPKB kamu lewat agen di sini. Pastikan juga kamu meminjam uang untuk hal-hal yang produktif, seperti membuka usaha. Hal ini bertujuan agar ada uang yang berputar di sana, sehingga ketika harus membayar cicilan tiap bulan, tidak kesulitan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai cari pinjaman uang terdekat. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika